Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Metode Pengembangan Sosial Emosional PAUD4103

Mei 29, 2018
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Metode Pengembangan Sosial Emosional PAUD4103 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Metode Pengembangan Sosial Emosional PAUD4103, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 1
A. Salah, emosi bukan kecenderungan tindakan
B. Benar, emosi terkait dengan perasaan
C. Salah, emosi bukan perasaan dan pikiran khas
D. Salah, emosi bukan suasana yang kompleks

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 2
A. Salah, Elicitors adalah faktor pemicu
B. Salah, Receptors adalah sarana penerima
C. Salah, State adalah kondisi atau keadaan
D. Benar, emosi terlihat melalui ekspresi

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 3
A. Salah, ramah dan penolong bukan contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak
B. Benar, takut dan stress adalah contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak
C. Salah, sedih dan menangis bukan contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak
D. Salah, tertawa dan gembira bukan contoh fungsi emosi yang mengganggu aktivitas motorik dan mental anak

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 4
A. salah, gembira bukan rasa impulsif dan frustrasi
B. Benar, marah tergolong rasa impulsif dan frustrasi
c. Salah,takut bukan rasa impulsif dan frustrasi
D. Salah, Sedih bukan rasa impulsif dan frustrasi

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 5
A. Salah, pengembangan sosial yang berkaitan erat dengan kemampuan memahami orang lain disebut sikap sosial tidak terkait dengan kemapuan memahami orang lain
B. Benar, belajar berkomunikasi terkait dengan kemampuan memahami orang
C. Salah, belajar berorganisasi tidak terkait dengan kemapuan memahami orang lain
D. Salah, sikap kompromi tidak terkait dengan kemapuan memahami orang lain

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 6
A. Salah, zoon politicon bukan dikemukakan Loree
B. Salah, zoon politico bukan dikemukakan Syamsuddin
C. Salah, zoon politicon bukan dikemukakan Muhibin
D. Benar, zoon politicon dikemukakan Plato

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 7
A. Salah, bukan pandangan Hurlock
B. Salah, bukan pandangan Hurlock
C. Benar, pandangan Hurlock
D. Salah, bukan pandangan Hurlock

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 8
A. Benar, kurang suka bergaul adalah sifat introvert
B. Salah, senang berteman bukan sifat introvert
C. Salah, ramah-tamah bukan sifat introvert
D. Salah, aktif bukan sifat introvert

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 9
A. Salah, belajar berbagi dengan individu lain bukan pengembangan sosial anak.
B. Salah, mengerti dan dimengerti individu lain bukan contoh pengembangan sosial anak.
C. Benar, belajar berbagi peran dalam bermain merupakan contoh pengembangan sosial anak.
D. Salah, memahami akibat dari tindakan yang dilakukan bukan contoh pengembangan sosial anak.

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 10
A. Salah, solitaire bukan contoh permainan kelompok
B. Salah, paralel bukan contoh permainan kelompok
C. Salah, asosiatif bukan contoh permainan kelompok
D. Benar, kooperatif adalah contoh permainan kelompok

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 11
A. Salah, sangat kuat bukan karakteristik reaksi emosi anak
B. Salah, berubah pada setiap kondisi bukan karakteristik reaksi emosi anak
C. Salah, bersifat individu bukan karakteristik reaksi emosi anak
D. Benar, Selalu sama setiap saat merupakan karakteristik reaksi emosi anak

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 12
A. Salah, marah bukan merupakan Anxiety
B. Benar, takut merupakan Anxiety
C. Salah, cemburu bukan merupakan Anxiety
D. Salah, sedih bukan merupakan Anxiety

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 13
A. Benar, marah adalah reaksi emosi jika keinginan anak tidak terpenuhi
B. Salah, takut bukan reaksi emosi jika keinginan anak tidak terpenuhi
C. Salah, cemburu bukan reaksi emosi jika keinginan anak tidak terpenuhi
D. Salah, sedih bukan reaksi emosi jika keinginan anak yang tidak terpenuhi

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 14
A. Salah, frustrasi bukan contoh sifat impulsif
B. Benar, agresi adalah contoh sifat impulsif
C. Salah, menarik diri bukan contoh sifat impulsif
D. Salah, lesu dan masa bodoh bukan contoh sifat impulsif

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 15
A. salah, shyness bukan rasa tidak mampu dan malu
B. salah, anxiety bukan rasa tidak mampu dan malu
C. Benar, embarrassment adalah rasa tidak mampu dan malu
D. Salah,Strange, bukan rasa tidak mampu dan malu

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 16
A. Salah, kecewa bukan pemenuhan emosi positif
B. Salah,sedih bukan pemenuhan emosi positif
C. Benar, aman merupakan pemenuhan emosi positif
D. Salah, takut bukan pemenuhan emosi positif

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 17
A. Salah, belum mampu membedakan objek dan benda adalah ciri perkembangan sosial pada periode bayi
B. Salah, reaksi terhadap suara yang ramah adalah ciri perkembangan sosial pada periode bayi
C. Benar, memilih teman bermain bukan ciri perkembangan sosial pada periode bayi
D. Salah,tersenyum sosial adalah ciri perkembangan sosial pada periode bayi

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 18
A. Salah, kerjasama bukan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak
B. Salah, persaingan bukan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak
C. Benar, kemurahan hati adalah contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak
D. Salah, empati bukan contoh pola perilaku sosial pada awal masa kanak-kanak

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 19
A. Benar, Kesamaan nilai merupakan bontoh perilaku pada tahapan Normative Stage
B. Salah, Kesamaan harapan bukan contoh perilaku pada tahapan normative stage
C. Salah, kesamaan minat bukan contoh perilaku pada tahapan normative stage
D. Salah, Kedekatan mendalam bukan contoh perilaku pada tahapan normative stage

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 20
A. Salah, Menyatu dengan lingkungan anak bukan contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif
B. benar, bertindak adil dan bijaksana. adalah contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif
C. salah, mengamati perlaku dan ekspresi anak bukan contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif
D. Salah, memprediksi perilaku anak bukan contoh kemampuan guru dalam bersikap objektif

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 21
A. Salah, prediksi bukan kemampuan mengamati
B. Benar, observasi adalah kemampuan mengamati
C. Salah, merekam bukan kemampuan mengamati
D. Salah, mencatat bukan kemampuan mengamati

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 22
A. Benar, adil adalah cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak
B. Salah, tegas bukan cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak
C. Salah, disiplin bukan cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak
D. Salah, toleran bukan cara yang tepat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial dan emosional anak

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 23
A. Salah, benci bukan contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik
B. Benar, ekspresi wajah adalah ontoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik
C. Salah, marah bukan contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik
D. Salah, kesal bukan contoh pengaruh emosional terhadap dimensi fisik

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 24
A. Salah, denyut jantung bertambah cepat bukan pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak
B. Salah, pupil mata membesar bukan pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak
C. Benar, konsentrasi menurun adalah pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak
D. Salah, peredaran darah bertambah cepat bukan pengaruh emosi terhadap perubahan mental anak

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 25
A. Salah, sikap gembira bukan bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional
B. Salah, kasih sayang bukan bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional
C. Benar, cemburu adalah bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional
D. Salah, bahagia bukan bentuk perilaku yang diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 26
A. Benar, mengamati adalah kemampuan observasi
B. Salah, mencatat bukan kemampuan observasi
C. Salah, merekam bukan kemampuan observasi
D. Salah, memprediksi bukan kemampuan observasi

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 27
A. Salah menarik diri dari lingkungan bukan contoh interaksi sosial
B. Salah mengurangi peran sosial
C. Benar,senang menjadi bagian dari masyarakat adalah contoh interaksi sosial
D. Salah, kurang senang bergaul bukan contoh interaksi sosial

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 28
A. Salah, mengamuk merupakan contoh reaksi emosi yang negatif
B. Salah, tindakan agresif merupakan contoh reaksi emosi yang negatif
C. Benar, bersahabat merupakan contoh reaksi emosi yang positif
D. Salah, melukai diri merupakan contoh reaksi emosi yang negatif

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 29
A. Salah, agresif bukan penyaluran energi emosional
B. Salah, antisosial bukan penyaluran energi emosional
C. Salah, egois bukan penyaluran energi emosional
D. Benar, berteman adalah sikap penyaluran energi emosional

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 30
A. Salah, mudah memaafkan bukan contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional
B. Benar, rendah diri adalah contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional
C. Salah, suka berteman contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional
D. Salah percaya diri contoh pengaruh kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 31
A. Salah, mudah tersinggung merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai
B. Benar, suka bergaul merupakan keadaan emotional security yang memadai
C. Salah, suka menangis merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai
D. Salah, Selalu ingin berkuasa merupakan keadaan emotional security yang kurang memadai

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 32
A. Benar, agresif merupakan ciri anak yang selalu mendapat perlakuan kasar
B. Salah, kurang inisiatif bukan merupakan ciri anak yang selalu mendapat perlakuan kasar
C. Salah, egois bukan merupakan ciri anak yang selalu mendapat perlakuan kasar
D. Salah, menarik diri bukan merupakan ciri anak yang selalu mendapat perlakuan kasar

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 33
A. Salah, proaktif sama dengan berinisiatif
B. Benar, kuratif berarti penyembuhan
C. Salah, referal berarti rujukan
D. Salah, preventif berarti pencegahan

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 34
A. Salah, kesehatan yang buruk bukan kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak
B. Benar, perlengkapan intelektual yang buruk adalah kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak
C. Salah, penyakit kronis kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak
D. Salah, perubahan kelenjar bukan kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 35
A. Salah, disiplin yang ketat merupakan faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku
B. Salah, pemberian hukuman yang keliru merupakan faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku
C. Benar, pemahaman dan kesadaran disiplin keliru bukan merupakan faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku
D. Salah, meniru contoh yang tidak pantas keliru merupakan faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 36
A. Benar, pemurung merupakan akibat konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga
B. Salah, beringas bukan akibat konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga
C. Salah, kasar bukan akibat konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga
D. Salah, kurang sopan bukan akibat konflik yang terus menerus dalam sebuah rumah tangga

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 37
A. Salah, kondisi emosi dan sosial anak perlu dikembangkan tidak sesuai dengan pernyataan anak merupakan praktisi masa depan
B. Benar, anak akan mengisi baik buruknya hari esok sesuai dengan pernyataan anak merupakan praktisi masa depan
C. Salah, keberhasilan membina anak usia dini membawa kesuksesan tidak sesuai dengan pernyataan anak merupakan praktisi masa depan
D. Salah, anak memerlukan pembinaan, bimbingan, dan pendidikan yang baik tidak sesuai dengan pernyataan anak merupakan praktisi masa depan

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 38
A. Salah, kecerdasan emosional tidak diturunkan dari generasi sebelumnya
B. Salah, kecerdasan emosional bukan merupakan faktor bawaan atau genetika
C. Benar, kecerdasan emosional tumbuh dan berkembang seumur hidup
D. Salah, kecerdasan emosional tidak berkaitan dengan hal-hal akademis

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 39
A. Salah, menentukan sikap bukan ciri kecerdasan emosional
B. Salah, memecahkan masalah bukan ciri kecerdasan emosional
C. Salah, bersifat akademis bukan ciri kecerdasan emosional
D. Benar, mengendalikan perasaan merupakan ciri kecerdasan emosional

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 40
A. Salah, lompat tali dapat menumbuhkan emosional dan sosial
B. Benar, play station tidak dapat menumbuhkan emosional dan sosial
C. Salah, main gundu dapat menumbuhkan emosional dan sosial
D. Salah, kucing – kucingan dapat menumbuhkan emosional dan sosial

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 41
A. Salah, permainan dinamis kurang sesuai untuk mengembangkan kemampuan individual
B. Benar, permainan dinamis sangat tepat untuk mengembangkan kemampuan kerjasama
C. Salah, permainan dinamis kurang sesuai untuk mengembangkan kemampuan pemahamaan
D. Salah, permainan dinamis kurang sesuai untuk mengembangkan pengetahuan

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 42
A. Salah, menirukan perbuatan orang tua bukan upaya Trial and error
B. Salah, menirukan perbuatan orang tua bukanpengkondisian
C. Benar, imitasi merupakan upaya menirukan perbuatan orang tua
D. Salah, menirukan perbuatan orang tua bukan merupakan upaya coba dan ralat

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 43
A. Salah, aktif bergaul dengan teman bukan contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin
B. Benar, mengikuti aturan permainan adalah ontoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin
C. Salah, meniru kegiatan orang dewasa bukan contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin
D. Salah, bekerjasama dengan orang lain bukan contoh perilaku anak dalam mematuhi peraturan dan disiplin

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 44
A. Benar, definisi ini dikemukakan oleh Maurice J. Elias
B. Salah, definisi ini bukan dikemukakan oleh Al Mabrur
C. Salah, definisi ini bukan dikemukakan oleh Weikert
D. Salah, definisi ini bukan dikemukakan oleh Eliason dan Jenkin

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 45
A. Salah, perkembangan anak dipengaruhi kematangan biologis dan lingkungan bukan contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait
B. Salah, anak-anak memberi kontribusi terhadap perkembangannya sendiri bukan contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait
C. Salah, keterampilan berbahasa berpengaruh terhadap keterampilan sosial bukan contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait
D. Benar, Pengalaman anak bersifat kumulatif dan berpengaruh kuat adalah contoh prinsip bahwa semua aspek perkembangan anak saling terkait

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 46
A. Salah, perancangan pengembangan kurikulum TK encakup fisik, emosi, sosial, bahasa, estetika dan kognitif
B. Benar, perancangan pengembangan kurikulum TK tidak menekankan pada aspek kognitif semata
C. Salah, perancangan pengembangan kurikulum TK perlu mengintegrasikan kemampuan membaca, menulis dan berhitung.
D. Benar, perancangan pengembangan kurikulum TK perlu memberikan pengalaman belajar bermakna

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 47
A. Salah, tertawa dan menjerit karena gembira diajak bermain bukan karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun
B. Benar, berkomunikasi dengan orang dewasa adalah karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun
C. Salah, menolong dan membela teman bukan karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun
D. Salah, senang menirukan lagu dan dongeng bukan karakteristik program sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 48
A. Salah, anak pasif dan mendengar bukan karakteristik DAP
B. Salah, guru aktif memberi petunjuk bukan karakteristik DAP
C. Benar, belajar bersifat situasional dan menyenangkan adalah karakteristik DAP
D. Salah, guru lebih banyak mengarahkan bukan karakteristik DAP

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 49
A. Salah, menggunakan media merupakan faktor pembelajaran bersifat holistik
B. Benar, memperhatikan kebutuhan guru bukan merupakan faktor pembelajaran bersifat holistik
C. Salah, memanfaatkan rangsangan psikologis merupakan faktor pembelajaran bersifat holistik
D. Salah, memanfaatkan rangsangan fisiologis merupakan faktor pembelajaran bersifat holistik

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri No. 50
A. Salah, menggali potensi dalam diri anak secara optimal adalah tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus
B. Salah, memfasilitasi perkembangan anak secara seimbang merupakan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus
C. Salah, mengantisipasi hal yang menghambat perkembangan anak merupakan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus
D. Benar, membuat pembelajaran lebih bersifat variatif bukan tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus



Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »