Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 40 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Karya-karya cerkan beraliran absurd berisi gambaran .
A. sikap manusia yang serakah
B. sikap manusia yang individualistis
C. kehidupan manusia masa lampau
D. kehidupan modern yang membingungkan
2. Inti dari isi novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah .
A. orang muda Indonesia yang mendapat pendidikan barat
B. emansipasi wanita
C. kawin paksa
D. kisah cinta pada sebuah kapal
3. Secara garis besar, jenis cerkan dikelompokkan ke dalam tiga jenis, novel, novelet, short story. Yang dimaksud dengan novelet adalah sebuah karya sastra ... .
A. berbentuk puisi yang memuat cerita tentang kehidupan manusia
B. tentang kehidupan manusia berbentuk prosa yang disajikan secara representatif dalam suatu alur
C. tentang kehidupan manusia berbentuk prosa yang disajikan secara sederhana dibandingkan novel
D. yang berisi penggalan cerita yang utuh seakan-akan memberi kesan tunggal kepada pembaca
4. Salah satu ciri cerpen adalah bersifat compression. Artinya adalah .
A. luas
B. dalam
C. padat
D. kompleks
5. Makna expands sebagai ciri sebuah novel adalah .
A. menyempit
B. meluas
C. menarik
D. memadat
6. Ketika kecil ia seorang anak yang baik. Ia tinggal berdua saja dengan ibunya di sebuah kampung nelayan di daerah Sumatera Barat. Nasibnya memang baik, ia diambil oleh seorang saudagar kaya dan diakui sebagai anak angkat. Kini ia telah dewasa, perawakannya tegap, gagah, dan menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Unsur yang tergolong fakta pada kutipan cerkan di atas adalah .
A. ia seorang anak
B. kampung nelayan
C. Sumatera Barat
D. saudagar kaya
7. Pagi indah sekali di Baturaden. Matahari bersinar cerah menimpa pohon-pohon cemara yang kelihatan hijau berkilat. Puncak Gunung Slamet muncul di atas warna-warna hijau kebiruan alam di sekitarnya. Langit sangat bersih, biru cerah menjadi latar belakang yang menonjolkan kegagahan gunung itu. Mendoan, Ndoro, masih anget. katanya sambil mengangkat baskom dari kain gendongannya. Di balik daun pisang penutup baskom itu, kelihatan mendoan, tempe yang digoreng dengan tepung, lembut, dengan aroma yang gurih menimbulkan selera, khas Purwokerto. Saya langsung saja mulai menikmati tempe berwarna kehitaman itu sambil berdiam diri. Pada suatu saat, saya merasa perempuan itu memperhatikan saya. Saya menengok ke arahnya. Betul saja. Dia menatap saya. Susi ya? katanya sambil menunjuk ke arah saya dengan ibu jarinya. Saya kaget, dari mana dia tahu nama kecil saya? Siapa sih, dia? Rasanya saya tidak kenal siapapun di sini. Ayolah, Susi, seharusnya Anda tidak melupakan saya. sambungnya dengan suara lirih memelas, sambil menundukkan kepalanya. Saya amati wajahnya dalam-dalam. Saya berusaha mengingat-ingat. Pelan-pelan terasa bahwa saya pernah mengenalnya. Tapi, siapa? Anda lupa sama saya. Tari, Untariah. lanjutnya dengan wajah yang betul-betul menghancurkan perasaan. Saya tidak dapat berkata-kata. Rasanya seperti ingin menangis. Dia Untariah, teman sekelas saya di SD. Seingat saya dia sangat pintar. Dalam persaingan pelajaran dia selalu dapat mengalahkan saya. Banyak orang yang memuji otaknya yang cemerlang. Tapi, apa yang terjadi dengannya. Lama kami terdiam. Setelah menahan perasaan kuat-kuat, akhirnya saya memecah kesunyian dengan mulai bercerita tentang diri saya. Saya katakan bahwa saya sedang mendaki gunung. Kami serombongan sudah dua hari berkemah di situ, di bumi perkemahan milik Perhutani. Anda kelihatannya senang ya? katanya tiba-tiba memotong cerita saya. Ada kesempatan meneruskan sekolah, punya banyak teman, punya kesempatan untuk jalan-jalan menikmati hidup. Tapi, saya ... rasanya semua sudah hilang. Anda ingat, ayah saya tukang pos. lanjutnya. Untariah teman Susi ketika SD berprofesi sebagai ... .
A. pendaki gunung
B. tukang pos
C. mahasiswa
D. tukang mendoan
8. Memperhatikan latar cerita (soal nomor 7), dapat kita ketahui bahwa pengarang mengenal geografi daerah ... .
A. Jawa Barat
B. Jawa Tengah
C. Jawa Timur
D. Transmigrasi
9. Aspek kognitif digunakan pembaca cerkan ketika ... .
A. memahami unsur-unsur interinsik dan ekstrinsik yang terkandung di dalam cerkan yang sedang dibaca
B. menghayati unsur-unsur keindahan yang terkandung di dalam cerkan yang sedang dibaca
C. memberi penilaian tentang baik dan buruk, indah dan tidak indah, sesuai dan tidak sesuai menurut kriteria yang yang dimiliki pembaca
D. mengambil manfaat dari isi kandungan cerita untuk dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari
10. Interpretasi dalam memahami cerkan bermakna .
A. menguraikan bagian-bagian cerkan berdasarkan norma-norma sebuah cerkan
B. menentukan kadar keberhasilan atau mutu sebuah cerkan
C. menafsirkan isi dan maksud cerkan berdasarkan pemaknaan sarana bahasa yang digunakan
D. menangkap maksud yang terkandung dalam cerkan dengan membacanya secara keras
11. Metode yang digunakan pengarang dalam melukiskan tokoh Susi (soal nomor 7) adalah metode ... .
A. diskursif
B. dramatis
C. campuran
D. integratif
12. Unsur-unsur yang menunjukkan bahwa latar tempat yang terdapat pada cerita (soal nomor 7) adalah ... .
A. mendoan khas Purwokerto
B. perkemahan milik Perhutani
C. keindahan alam
D. Baturaden dan Gunung Slamet
13. Latar dalam cerita terdari atas beberapa tipe. Latar yang bertipe spiritual adalah latar yang .
A. tidak memiliki kaitan fungsi dengan elemen cerita yang lain
B. menggambarkan nuansa atau suasana religi atau keyakinan
C. penggambarannya disamarkan atau tersirat
D. berkaitan dengan sifat-sifat para tokoh cerita
14. Percekcokan itu semakin lama semakin murup. Caci maki berhamburan tidak karuan. Akhirnya datanglah orang-orang kampung memisahkan mereka. Kalau tidak, mungkin waktu itu mereka sudah bergulat berguling-guling di tengah latar. Begitulah, sejak kejadian pada sore itu, putuslah hubungan antara keluarganya dnegan keluarga di sebelah itu. Jika kebetulan mereka berpapasan di tengah jalan, tiada lagi mereka saling menegur.
Melihat sajian kutipan cerpen di atas, sudut pandang yang digunakan pengarang adalah .. .
A. akuan sertaan
B. akuan tak sertaan
C. diaan maha tahu
D. diaan terbatas
15. Seorang pembaca cerkan harus memiliki kepekaan emosi agar mampu ... .
A. menikmati dan memahami unsur-unsur keindahan yang terdapat dalam cerkan
B. memahami masalah kehidupan dan kemanusiaan yang dituangkan dalam cerkan
C. memahami aspek-aspek kebahasaan yang digunakan dalam cerkan
D. menangkap makna atau amanat yang terkandung dalam cerkan
16. Resensi buku dapat diartikan sebagai berikut, kecuali ... .
A. bedah buku
B. timbangan buku
C. ulasan buku
D. ringkasan buku
17. Wajah sebuah buku merupakan salah satu unsur yang menjadi perhatian pembaca. Yang termasuk dalam perwajahan di sini adalah ... .
A. kualitas kertas
B. kemenarikan pencetakan
C. penggunaan logo
D. keberadaan identitas
18. Untuk dapat menghayati cerkan yang dibaca, pembaca harus terlebih dulu ... .
A. mempelajari berbagai teori sastra
B. mengetahui perkembangan sejarah sastra
C. memahami isi serta penuturan teks dalam cerkan
D. mengenali pengarang cerkan yang dibaca
19. Untuk mengembangkan kualitas pelafalan, pembaca karya sastra dapat melakukan kegiatan ... .
A. melatih vokal dengan bentuk mulut yang baik
B. berlatih untuk memperhalus kepekaan telinga
C. melatih pernapasan agar dapat mengatur panjang pendek suara
D. berlatih melenturkan bagian-bagian wajah
20. Untuk dapat berekspresi dengan baik ketika membacakan cerkan, seorang pembaca harus memiliki ... .
A. gaya dan bahasa yang baik
B. suara dan mimik yang baik
C. pengalaman mengajar
D. kemampuan berbicara
21. Sikap keterbukaan yang dimiliki oleh orang kreatif maksudnya adalah ... .
A. senang bergaul kepada siapa saja dan dari golongan mana saja
B. rumahnya selalu terbuka untuk menerima tamu kapan saja
C. senang pada perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik
D. selalu menerima pendapat atau ide yang disampaikan orang lain
22. Sebuah karya dikatakan karya kreatif jika ... .
A. bernilai atau berharga tinggi jika dijual
B. banyak orang tertarik dengan karya tersebut
C. menggunakan bahan yang berkualitas
D. mampu mempertajam cita rasa sosial
23. Penulisan kreatif dimulai dengan tahap preparasi, yaitu ... .
A. tahap pengumpulan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan
B. mengendapkan dan menyusun bahan sesuai dengan gagasan
C. menuangkan seluruh gagasan secara lebih rinci dan lebih jelas
D. meninjau secara lebih kritis sampai menjadi karya yang apik
24. Cerita pendek pada hakikatnya adalah ... .
A. sajian sebuah pengalaman hidup dalam bentuk cerita
B. sebuah cerita yang dibuat untuk mengisi waktu luang
C. kisah tentang kehidupan yang diringkas
D. sebuah cerita yang bertujuan menidurkan seorang anak
25. Kriiiing! Sudah lima jam telepon itu berbunyi terus menerus. Seperti mahluk bernyawa yang minta diperhatikan, ia bahkan sudah meloncat-loncat di atas meja itu. Orang-orang tetap tidak peduli.
Bagian atau kalimat yang melibatkan indra penglihatan kutipan cerpen di atas adalah ... .
A. Kriiiing!
B. Sudah lima jam telepon itu berbunyi terus menerus.
C. Seperti mahluk bernyawa yang minta diperhatikan.
D. Orang-orang tetap tidak peduli.
26. Cerita ini mulai sebulan yang lalu, waktu saya memperoleh sebuah kamar baru. Kamar itu baik. agak besar, cukup luas untuk tempat tidur dan rak-rak buku saya. Hawanya pun baik. Kalau hari siang amat panas dan kalau hari malam amat dingin. Sekiranya angin tak ada tercium bau tengik yang mesti saya atasi dengan bau obat nyamuk.
Kutipan cerpen di atas merupakan bagian cerpen yangn berfungsi sebagai ... .
A. pembuka
B. isi Salah. Bagian isi cerpen menggambarkan sebuah peristiwa kehidupan yang kompleks.
C. konflik
D. penutup
27. Dipandang dari sudut tema, ciri cerita remaja pada umumnya bertema .
A. lingkungan
B. percintaan
C. pendidikan
D. kehidupan
28. "Mama lupa". "Mama ini ... to young too die, too old to rock'n role ..." guman Luvi "Apa?" Mama mengeryitkan dahinya. "Hi hi hi ... enggak! Mama belum terlalu tua, tapi udah mulai pikun.
Dialog dari kutipan cerpen di atas menunjukkan bahwa jenis cerpen tersebut adalah cerpen ... .
A. anak-anak
B. dewasa
C. remaja
D. orang tua
29. Nyonya Nyoman telah berusaha mencari suami dengan bertanya pada ibu mertuanya, Aldo kemenakannya, sampai pada Tina pembantunya. Namun tidak juga ditemukan tanda-tanda yang menunjukkan tempat suaminya berada. Akhirnya ia meminta bantuan detiktif Indra untuk melacak keberadaan suaminya yang menghilang tanpa meninggalkan jejak sejak sepuluh hari yang lalu.
Orang yang melakukan pelacakan pada cerita detektif di atas adalah ... .
A. Nyonya Nyoman
B. Aldo
C. Tina
D. Detektif Inda
30. Teknik penciptaan misterius di dalam cerita detektif dapat ditandai dengan kemunculan hal-hal berikut... .
A. adanya salah satu tokoh yang tiba-tiba histeris
B. tokoh utama mendapat berita gembira
C. pelacak memperoleh data yang sedang dicari
D. terdapat tokoh protagonis dan antagonis
31. Hal utama yang harus diperhatikan oleh seorang penulis ringkasan cerita adalah ... .
A. mampu bertutur seperti penulis asli.
B. memiliki banyak ide atau gagasan
C. mengenal para penulis buku dan hasil karyanya
D. menghargai karya/buku yang dibuatkan ringkasannya
32. Yang menjadi tujuan utama membat ringkasan cerkan adalah ... .
A. agar bisa menjadi pengarang seperti penulis
B. menikmati dan memahami isi buku cerkan
C. mengetahui gaya penulisan penulis
D. memahami apa yang dirasakan penulis
33. Perbedaan yang sangat jelas antara membacakan cerita dengan menceritakan kembali adalah ... .
A. membacakan cerita menggunakan buku, menceritakan kembali tanpa buku
B. membacakan cerita menggunakan suara, menceritakan kembali tanpa suara
C. membacakan cerita menggunakan intonasi, menceritakan kembali tanpa intonasi
D. membacakan cerita untuk kepntingan orang lain, menceritakan untuk kepentingan sendiri
34. Berdasarkan tingkat kesulitan, cerita yang baik untuk diceritakan kembali adalah .... .
A. didukung dengan gambar-gambar
B. gaya bahasanya menarik
C. pengaragnya terkenal
D. sesuai dengan tingkat perkembangan pendengar
35. Hal yang tepat dilakukan pencerita ketika memunculkan tokoh dalam cerita adalah ... .
A. mempertahankan karakter pencerita
B. melakukan improvisasi cerita
C. mengekspresikan karakter tokoh
D. mengubah karakter tokoh
36. Memahami sikap Susi dalam kutipan cerpen pada soal nomor 8 dapat diketahui bahwa Susi memiliki karakter ... .
A. sombong
B. perasa
C. pelit
D. royal
37. Membaca cerkan identik dengan kegiatan apresiasi. Dengan demikian apresiasi dapat diartikan sebagai kegiatan ... .
A. membaca untuk memahami, mengahayati, dan menganalisis unsur-unsur yang terdapat dalam karya sastra
B. mengetahui nilai-nilai kehidupan manusia melalui karya sastra
C. mempelajari karya sastra untuk mengetahui cara-cara menuangkan atau mencipta karya sastra
D. membaca untuk mengetahui berbagai karakter manusia melalui karya sastra
38. Pada hakikatnya, cerita rekaan berisi gambaran kehidupan manusia yang berinteraksi dengan ... .
1. Tuhannya
2. buku yang dibacanya
3. dirinya sendiri
A. Pilihan No. 1 dan No. 2 Benar
B. Pilihan No. 1 dan No. 3 Benar
C. Pilihan No. 2 dan No. 3 Benar
D. Pilihan No. 1, No. 2 dan No. 3 Benar
39. Cerkan merupakan gambaran kehidupan masa lalu dan saat ini dengan segala permasalahannya. Dengan demikian cerkan dapat mengandung nilai-nilai ... .
1. kemanusiaan
2. sejarah
3. pranata sosial
A. Pilihan No. 1 dan No. 2 Benar
B. Pilihan No. 1 dan No. 3 Benar
C. Pilihan No. 2 dan No. 3 Benar
D. Pilihan No. 1, No. 2 dan No. 3 Benar
40. Pada informasi awal sebuah resensi tercantum unsur-unsur berikut ... .
1. nama pengarang dan judul buku
2. nama penerbit dan kota penerbit
3. tahun terbit dan jumlah halaman
A. Pilihan No. 1 dan No. 2 Benar
B. Pilihan No. 1 dan No. 3 Benar
C. Pilihan No. 2 dan No. 3 Benar
D. Pilihan No. 1, No. 2 dan No. 3 Benar
Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211 Universitas Terbuka
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon