Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Jika drama suatu perbuatan atau pertunjukkan untuk ditonton, maka teater merupakan :
A. kegiatan mengolah peran
B. suatu tempat pertunjukan
C. peralatan untuk mendukung pertunjukan
D. kegiatan pertunjukkanatau tontonan
2. Berikut ini adalah manfaat yang diperoleh dalam mempelajari drama, kecuali....
A. menguasai berbagai keterampilan
B. menambah pengetahuan budaya
C. mengembangkan daya kreasi siswa
D. mempermudah pembentukan watak
3. Perhatikan langkah-langkah Pembelajaran berikut:
1. Siswa membaca teks drama 20
2. Siswa berdiskusi menemukan unsur-unsur drama secara intrinsik dan ekstrinsik
3. Siswa melaporkan hasil diskusi
4. Siswa menyadur teks drama menjadi cerita pendek
Gambaran penerapan strategi strata terdapat pada:
A. langkah 1- 3
B. Langkah 2- 4
C. Langkah 1 2
D. Langkah ke-4 saja
4. Pembelajaran drama bagi siswa SLTP/SLTA dilakukan dengan tiga cara selain cara berikut....
A. membaca naskah drama
B. berlatih membawakan peran
C. membiarkan siswa menampilkan sesuai kemauannya
D. melafalkan kata-kata sambil melatih gerakan
5. Sebuah keluarga yang menyambut kelahiran seorang bayi mengadakan upacara yang melibatkan dalang bertutur diiringi suara gamelan dari mulut para pemain lainnya. Pertunjukan tersebut bernama....
A. Dalang Jemblung
B. Cepung
C. Sinrili
D. Kaba
6. Sebuah teater rakyat menyajikan kejadian kehidupan sehari diiringi gamelan dan nyanyian serta dituturkan dengan bahasa Betawi yang kental. Teater rakyat seperti itu dinamai....
A. Randai
B. Cepung
C. Bapandung
D. Lenong Blantek
7. Periodisasi drama menurut Jakob Sumardjo adalah periode....
A. Kebangkitan, Pembangunan, 1950 1063
B. Drama Melayu Rendah, Drama Pujangga Baru, Drama Zaman Jepang, Drama sesudah Kemerdekaan, dan Drama Mutakhir
C. Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 50, Angkatan 70
D. Sastra Nusantara Kuno, Sastra Nusantara Hindu, Sastra Nusantara Islam
8. Pada masa itu drama menyuarakan bangkitnya bangsa-bangsa Asia, perjuangan kemerdekaan Indonesia, peran kaum terpelajar dalam membina persatuan bangsa. Hal-hal merupakan ciri drama pada periode ...
A. Pujangga Baru
B. Mutakhir
C. Sesudah Kemerdekaan
D. Zaman Jepang
9. Film Naga Bonar Jadi Dua merupakan sindiran terhadap prilaku anak bangsa yang salah dalam menghargai pahlawannya sehingga sangat memprihatinkan tetapi dikemas dengan penuh kelucuan (humor). Film tersebut adalah contoh Film/drama....
A. komedi
B. farse
C. opera
D. tragedi
10. Drama yang bersifat komik dan penuh ejekan terhadap kondisi manusia disebut...
A. tragedi
B. komedi
C. melodrama
D. farce
11. Orang asing: Enak di kota besar. Jalan-jalan terang benderang dan sibuk. Darahmu akan mengalir lebih cepat. Sayang sekali kau tak akan tahu. Tak sadarkah kau hanya akan jadi kasar dan tua di sini. Tiap hari akan makin kaku dan bodoh, kerja, kerja, kerja, kemudian kau akan seperti ibumu yang akhirnya kerdil dan jelek kemudian mati. Nah apa katamu bila mendadak datang seorang satria dan berjanji akan membawa kau ke kota besar dan memperlihatkan segala sesuatu kepadamu...membelikan pakaian dan perhiasan...dan memberikan padamu segala yang terbaik, seperti seorang putri...
Watak orang asing pada kutipan di atas adalah....
A. sombong
B. Pengasih
C. Humoris
D. serius
12. Bapak: seperti kamu sendiri tahu Tarkeni anak kita ternyata pelacur dan aku jadi malu.
......
Ibu : Yang penting kita telah berusaha keras menginsyafkan dia dan Tuhan tahu itu.
Bapak: Tapi ini soal kehormatan keluarga dan sama sekali bukan soal Tuhan? Ha? Aku bilang apa tadi?
Kutipan dialog di atas mencerminkan unsur ekstrinsik sisi....
A. biografi pengarang
B. pemikiran
C. Sosial dan budaya masyarakat
D. pendidikan
13. Untuk mengetahui pikiran pengarang pada tokoh yang diperankannya diperlukan analisis unsur bahasa dengantujuan....
A. mencari kata-kata yang bernuansa sastra
B. menemukan diksi yang karakternya mempertentangkan antagoniis dan protogonis
C. menemukan ciri drama
D. merekam dialog pada sebuah drama
14. Suatu dialog dalam drama dapat lebih padat dari puisi atau lebih luas dari prosa karena fokus bahasa di dalam dialog (drama) adalah....
A. untuk mencari kata-kata yang bernuansa sastra
B. untuk mewujudkan ketepatan karakter antagonis dan protogonis
C. untuk memperindah suatu karya drama
D. merekam dialog pada sebuah drama
15. Antara tema dan premis sering dianggap sama, sesungguhnya premis adalah landasan pokok drama yang digunakan penulis naskah sebagai acuan, sedangkan tema adalah....
A. gagasan pokok yang penyampaiannya didukung oleh jalinan antar unsur drama
B. gagasan pokok yang harus diwujudkan secara utuh di dalam drama
C. kerangka dasar drama yang memudahkan sutradara dalam memproduksi drama
D. bagian-bagian drama yang antara satu dengan lainnya tidak saling berhubungan
16. Perbedaan tema dengan amanat adalah....
A. amanat bersifat objektif, sedangkan tema bersifat subjektif
B. amanat berhubungan dengan teks bacaan, sedang tema berhubungan dengan makna
C. amanat merupakan penafsiran penulis drama sedangkan tema merupakan gagasan pembaca
D. amanat merupakan penafsiran penulis drama, sedangkan tema merupakan gagasan pembaca drama
17. Ibrahim : (tenang) Iblis, kau akan meniggalkan rumah
Iblis laki-laki : Jangan sombong, Ibrahim. Kita masih akan bertemu besok. (melangkah ke pintu)
Ibrahim : Iblis! Kau pasti sudah tahu besok pasti kusembelih Ismail.
Iblis laki-laki : (menggigil dengan kemarahan karena gagal usahanya lalu keluar).
A. lbrahim sangat teguh pendiriannya
B. lbrahim seorang egois
C. lblis bersifat pemarah
D. lbrahim sangat tegas jika menyangkut perintah Tuhan
18. Salah satu tahapan ekspresi dalam bermain peran adalah mengenal diri sendiri yang dilakukan dengan cara berikut....
A. menilai perilaku orang lain untuk mengetahui karakter orang tersebut
B. mempelajari tingkah laku seseorang agar dapat menirukan perilaku orang tersebut
C. mengamati semua yang ada di luar dirinya sendiri
D. merusaha mengenali perasaan- perasaan yang dialami dan mencatatnya setiap hari
19. Murni mengikuti casting di studio film. Dia diminta memerankan tokoh perawat yang cerewet, kasar, dan culas. Saat ia memerankan tokoh perawat seperti ciri-ciri di atas, Sang sutradara berujar,Wah, bagus! Bagus! Kamu bagus sekali! Dari gambaran di atas Murni telah menerapkan latihanbermain peran tahap....
A. Kesadaran indra
B. Ekspresi
C. Pernapasan
D. improvisasi
20. Wajah Ira pucat ketika melihat Ardi tiba-tiba menodongkan pistol ke arahnya. Seketika kelas menjadi mencekam. Beberapa detik kemudian Ardi tertawa diiringi makian hampir semua teman sekelasnya. Adegan yang diperankan Ardi di luar scenario merupakan adalah contoh....
A. ekspresi
B. Improvisasi
C. Pernafasan
D. laku
21. Mereka sudah gila!
Kata gila diucapkan dengan keras mendapat tekanan. Dalam drama teknik pengucapan seperti ini disebut teknik memberi penekanan pada.
A. pemunculan
B. dinamik
C. nada
D. tempo
22. Naskah drama ditulis untuk dipentaskan karena pada dasarnya pementasan drama adalah:
A. tahapan mengubah drama menjadi skenario film
B. proses berlatih meragakan semua naskah yang ada pada teks
C. proses berlatih meragakan adegan sesuai arahan sutradara
D. hasil perwujudan dari naskah yang dimainkan
23. Di sekolah Pak Sunu Sibuk mempersiapkan pementasan drama dalam rangka HUT sekolah. Ia memilih kostum, mengatur pembuatan dekor, memilih naskah, pemain, dan melatih para pemain. Kesibukan Pak Sunu erat hubungannya dengan tugasnya sebagai.
A. tim artistik
B. pemain
C. pengurus produksi
D. sutradara
24. Pada pemain drama seyogianya dipilih berdasarkan minat dan bakatnya.Tetapi tidak demikian pada teater sekolah, pemilihan pemain didasarkan pada tujuan.
A. membantu siswa mencari solusi atas masalah yag dihadapi
B. melatih siswa melakukan kegiatan yang diminati
C. melatih tanggung jawab dan memberi pengalaman kepada siswa memerankan tokoh
D. mengisi kekosongan bagi siswa yang tidak suka pada kegiatan olah raga
25. Cerita/naskah yang dipilih untuk dramatisasi adalah naskah yang baik secara sastra .
A. naskahnya diketik rapi di atas kertas HVS
B. ditulis oleh seniman sastra terkemuka
C. berisi pengalaman penulis/sastrawan
D. isinya menarik/baik dan mendidik
26. Menurut sejarahnya pantominm merupakan ....
A. acara selingan untuk menimbulkan gelak tawa penonton
B. peragaan adegan di atas pentas pertunjukan
C. demonstrasi perilaku manusia untuk sarana pendidikan
D. permainan teater yang bermuatan teka-teki untuk penonton
27. Untuk mendukung akting, seorang pemain drama juga sebaiknya berlatih pantomin agar....
A. gerakan tubuh dan tangan semakin luwes dan ekspresif
B. dapat menjiwai karakter yang diperankan
C. terhindar dari kekakuan saat di atas panggung
D. terhindar dari cedera akibat gerakan
28. Pernyataan yang benar tentang perbedaan pantomim dengan improvisasi adalah...
A. improvisasi adalah bagian dari kemampuan bermain pantomim
B. pantomim memerlukan improvisasi
C. pantomim didasari latihan-latihan berimprovisasi
D. improvisasi didasari latihan-latihan pantomim
29. Untuk melatih ekspresi wajah, seorang guru menyuruh sekelompok siswa mencicipi rasa jamu, asam, dan garam, dan cabai. Kelompok yang lain mengamati wajah dan ekspresi para pencicip untuk kemudian diperagakan di kelas. Aspek yang dilatihkan guru pada kegiatan tersebut adalah....
A. improvisasi
B. kemampuan indra
C. sikap tubuh
D. emosi
30. Sebagai pemula, calon aktor sebaiknya berlatih melalui drma Reading, karena resiko yang dihadapi....
A. lebih besar dibandingkan dengan drama panggung
B. sangat kecil dibandingkan dengan drama panggung
C. sama dengan drama panggung
D. tidak berbeda dengan drama panggung
31. Peran menjadi sutradara dalam pementasan drama reading adalah....
A. yang menilai kualitas drama reading
B. yang menyiapkan konsumsi para pemain
C. menentukan tarif pementasan
D. melatih pemain dan mengarahkan para kru
32. Kiat para pemain dalam mempertahankan kualitas drama reading adalah....
A. pandai membedakan dialog tiap karakter yang dimainkan
B. menyebutkan nama tokoh yang diperankan
C. menyebutkan nama tohoh yang diajak bicara tiap kali berdialog
D. memusatkan perhatian pada kualitas vokal dan penghayatan pada isi naskah
33. Awal permasalahan seorang penulis lakon adalah konflik-konfilk kemanusiaan. Pernyataan tersebut mengisyaratkan bahwa sesungguhnya konflik adalah....
A. perselisihan antarpemain di dalam drama
B. dasar terwujudnya sebuah drama
C. gejolak emosi yang terdapat dalam diri penulis lakon
D. peristiwa yang pernah dialami setiap pemain
34. Action adalah kerangka drama yang dilandasi oleh motif yang bersumber pada.
A. kegiatan manusia, situasi fisik dan sosial, interaksi sosial, dan pola watak
B. keinginan, kejujuran, dan harapan para pemain
C. keinginan, kejujuran, dan harapan penulis naskah
D. latar belakang yang menyebabkan pelaku bertindak
35. Ayah : (sambil makan) Kau selalu bicara tentang laki-laki. Itu ada seseorang buat kau. Kenapa kau diam saja.
Gadis : (membawa lauk pauk). Laki-laki lemah, tangannya kaya perempuan, laki-laki jelek begitu.
Ayah : Kau takut. Kau memang selalu takut.
Gadis : Dia bukan laki-laki. Dia banci, kecil begitu; lemah dan cerewat, seperti Bapak.
Nilai yang terkandung dalam kutipan drama di atas adalah.
A. Orang tua harus memilihkan jodoh anak gadisnya
B. Hubungan yang sangat dekat antara ayah dan anak
C. Gambaran seorang gadis yang kasar
D. Wanita tidak pernah suka pada pria lemah
36. Jika Anda ingin menulis naskah drama, sampaikanlah nilai secara tidak langsung karena penyampaian nilai secara tidak langsung dapat...
A. membuat cerita menjadi buruk dengan banyaknya muatan titipan
B. membuat cerita berjalan secara wajar karena lebih terpadu dan utuh
C. membuat penonton lebih puas karena menerka nerka sendiri
D. membuat drama ditinggalkan penonton karena membingungkan
37. Situasi yang mendukung pembelajaran apresiasi drama dengan strategi strata tahap penjelajahan adalah....
A. Siswa ditugasi memerankan tokoh-tokoh yang ada dalam naskah
B. Siswa disuruh membaca naskah drama yang telah ditetntukan
C. Siswa diminta mendiskusikan unsur-unsur pembangun drama tersebut
D. Siswa diminta mengubah drama menjadi bentuk puisi
38. Contoh pembelajaran yang menerapkan strategi strata tahap interpretasi adalah siswa diminta...
A. membaca naskah drama sampai tuntas
B. menjawab pertanyaan tentang unsur intrinsik drama
C. mengubah drama tersebut menjadi bentuk cerpen
D. diminta memerankan beberapa adegan drama yang mereka baca
39. Seorang penilai akan memberi nilai yang baik terhadap unsure daya tanggap seorang pemain , jika ia....
A. mampu menanggapi dialog lawan mainnya secara wajar dan tepat
B. dengan serius mendengarkan dialog lawan mainnya
C. berhenti bermain ketika lawan mainnya berbicara
D. berusaha menghafal dialognya sendiri
40. Jika Anda menilai seorang pemain drama komponen-komponen yang menjadi perhatian Anda adalah....
A. Kualitas ujaran, teknik member isi/intonasi, kesesuaian gerak/mimic dengan dialog, sikap badan, penampilan, kerja sama antarpemain, tempo permainan
B. Kekuatan suara, kelenturan gerak, ekspresi, kelancaran ucapan, komunikatif, dan sesuai dengan gaya peran yang diperankannya
C. Keseriusan latihan, ketepatan waktu penampilan dengan perencanaan, frekuensi latihan, dan kelenturan gerak
D. Kehalusan gerakan, kelancaran ucapan, kejelasan pelafalan, dan kekuatan suara.
41. Lihat tabel deret berikut:
Nama; Kualitas ujaran; teknik mem -beri isi/ intonasi; kesesuaian gerak/ mimik dengan dialog; Sikap badan; penampilan; kerja sama antarpemain; tempo permainan; jumlah;
Rubi; 80; 55; 50; 50; 50; 65; 50; 400;
Vena; 80; 50; 60; 65; 65; 80; 80; 480;
Arini; 75; 85; 80; 70; 75; 75; 70; 530;
Berdasarkan table di atas dapat disimpulkan bahwa....
A. Rubi perlu latihan pelafalan secara intens
B. Vena harus meningkatkan pelafalan dan gerakan
C. Penampilan Arini kurang baik
D. Arini sudah mampu bermain drama
42. Salah satu cirri drama nonkonvensional terletak pada tema yang bersifat metafisika, yaitu ...
A. alurnya yang wajar
B. perwatakan dan latar ceritanya realistis
C. berhubungan dengan hal-hal yang tidak nyata
D. meniru kenyataan empirik
43. Seorang calon pemain sebaiknya membuat ringkasan dari naskah yang akan diperankan karena hal itu sangat berguna untuk...
A. mengembangkan daya kreasi, konsentrasi, dan pemahaman pemain
B. memudahkan pemain sehingga pemain tidak perlu membaca naskah aslinya
C. memudahkan karena dengan membaca ringkasan lebih baik dari pada membaca naskah aslinya
D. memudahkan pemain dalam menghayati peran jika membaca ringkasan
44. Menulis ringkasan sebaiknya mengikuti patokan berikut: membaca naskah asli teks drama, menangkap gagasan utama naskah yang dibaca, dan membuat reproduksi. Yang dimaksud membuat reproduksi adalah...
A. Menyusun gagasan menggunakan kalimat si penulis ringkasan
B. Mengubah gagasan asli dengan gagasan hasil tafsiran pembuat ringkasan
C. Mengubah dari sudut pandang orang pertama menjadi orang ketiga tanpa mengubah maksud semula
D. Penulis ringkasan boleh mengubah hasil ringkasan dengan situasi yang dihadapi
45. Drama Romeo and Juliet karya Shakes piare yang mengisahkan cinta remaja telah dibuat versi Indonesianya oleh Sophan Sopian dalam film Romi dan Yuli. Terjemahan seperti itu termasuk terjemahan....
A. Harfiah
B. Alih bahasa
C. Saduran
D. Penerjemah dinamis
Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217 Universitas Terbuka
Sumber: latihan mandiri Universitas Terbuka
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Jika drama suatu perbuatan atau pertunjukkan untuk ditonton, maka teater merupakan :
A. kegiatan mengolah peran
B. suatu tempat pertunjukan
C. peralatan untuk mendukung pertunjukan
D. kegiatan pertunjukkanatau tontonan
2. Berikut ini adalah manfaat yang diperoleh dalam mempelajari drama, kecuali....
A. menguasai berbagai keterampilan
B. menambah pengetahuan budaya
C. mengembangkan daya kreasi siswa
D. mempermudah pembentukan watak
3. Perhatikan langkah-langkah Pembelajaran berikut:
1. Siswa membaca teks drama 20
2. Siswa berdiskusi menemukan unsur-unsur drama secara intrinsik dan ekstrinsik
3. Siswa melaporkan hasil diskusi
4. Siswa menyadur teks drama menjadi cerita pendek
Gambaran penerapan strategi strata terdapat pada:
A. langkah 1- 3
B. Langkah 2- 4
C. Langkah 1 2
D. Langkah ke-4 saja
4. Pembelajaran drama bagi siswa SLTP/SLTA dilakukan dengan tiga cara selain cara berikut....
A. membaca naskah drama
B. berlatih membawakan peran
C. membiarkan siswa menampilkan sesuai kemauannya
D. melafalkan kata-kata sambil melatih gerakan
5. Sebuah keluarga yang menyambut kelahiran seorang bayi mengadakan upacara yang melibatkan dalang bertutur diiringi suara gamelan dari mulut para pemain lainnya. Pertunjukan tersebut bernama....
A. Dalang Jemblung
B. Cepung
C. Sinrili
D. Kaba
6. Sebuah teater rakyat menyajikan kejadian kehidupan sehari diiringi gamelan dan nyanyian serta dituturkan dengan bahasa Betawi yang kental. Teater rakyat seperti itu dinamai....
A. Randai
B. Cepung
C. Bapandung
D. Lenong Blantek
7. Periodisasi drama menurut Jakob Sumardjo adalah periode....
A. Kebangkitan, Pembangunan, 1950 1063
B. Drama Melayu Rendah, Drama Pujangga Baru, Drama Zaman Jepang, Drama sesudah Kemerdekaan, dan Drama Mutakhir
C. Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 50, Angkatan 70
D. Sastra Nusantara Kuno, Sastra Nusantara Hindu, Sastra Nusantara Islam
8. Pada masa itu drama menyuarakan bangkitnya bangsa-bangsa Asia, perjuangan kemerdekaan Indonesia, peran kaum terpelajar dalam membina persatuan bangsa. Hal-hal merupakan ciri drama pada periode ...
A. Pujangga Baru
B. Mutakhir
C. Sesudah Kemerdekaan
D. Zaman Jepang
9. Film Naga Bonar Jadi Dua merupakan sindiran terhadap prilaku anak bangsa yang salah dalam menghargai pahlawannya sehingga sangat memprihatinkan tetapi dikemas dengan penuh kelucuan (humor). Film tersebut adalah contoh Film/drama....
A. komedi
B. farse
C. opera
D. tragedi
10. Drama yang bersifat komik dan penuh ejekan terhadap kondisi manusia disebut...
A. tragedi
B. komedi
C. melodrama
D. farce
11. Orang asing: Enak di kota besar. Jalan-jalan terang benderang dan sibuk. Darahmu akan mengalir lebih cepat. Sayang sekali kau tak akan tahu. Tak sadarkah kau hanya akan jadi kasar dan tua di sini. Tiap hari akan makin kaku dan bodoh, kerja, kerja, kerja, kemudian kau akan seperti ibumu yang akhirnya kerdil dan jelek kemudian mati. Nah apa katamu bila mendadak datang seorang satria dan berjanji akan membawa kau ke kota besar dan memperlihatkan segala sesuatu kepadamu...membelikan pakaian dan perhiasan...dan memberikan padamu segala yang terbaik, seperti seorang putri...
Watak orang asing pada kutipan di atas adalah....
A. sombong
B. Pengasih
C. Humoris
D. serius
12. Bapak: seperti kamu sendiri tahu Tarkeni anak kita ternyata pelacur dan aku jadi malu.
......
Ibu : Yang penting kita telah berusaha keras menginsyafkan dia dan Tuhan tahu itu.
Bapak: Tapi ini soal kehormatan keluarga dan sama sekali bukan soal Tuhan? Ha? Aku bilang apa tadi?
Kutipan dialog di atas mencerminkan unsur ekstrinsik sisi....
A. biografi pengarang
B. pemikiran
C. Sosial dan budaya masyarakat
D. pendidikan
13. Untuk mengetahui pikiran pengarang pada tokoh yang diperankannya diperlukan analisis unsur bahasa dengantujuan....
A. mencari kata-kata yang bernuansa sastra
B. menemukan diksi yang karakternya mempertentangkan antagoniis dan protogonis
C. menemukan ciri drama
D. merekam dialog pada sebuah drama
14. Suatu dialog dalam drama dapat lebih padat dari puisi atau lebih luas dari prosa karena fokus bahasa di dalam dialog (drama) adalah....
A. untuk mencari kata-kata yang bernuansa sastra
B. untuk mewujudkan ketepatan karakter antagonis dan protogonis
C. untuk memperindah suatu karya drama
D. merekam dialog pada sebuah drama
15. Antara tema dan premis sering dianggap sama, sesungguhnya premis adalah landasan pokok drama yang digunakan penulis naskah sebagai acuan, sedangkan tema adalah....
A. gagasan pokok yang penyampaiannya didukung oleh jalinan antar unsur drama
B. gagasan pokok yang harus diwujudkan secara utuh di dalam drama
C. kerangka dasar drama yang memudahkan sutradara dalam memproduksi drama
D. bagian-bagian drama yang antara satu dengan lainnya tidak saling berhubungan
16. Perbedaan tema dengan amanat adalah....
A. amanat bersifat objektif, sedangkan tema bersifat subjektif
B. amanat berhubungan dengan teks bacaan, sedang tema berhubungan dengan makna
C. amanat merupakan penafsiran penulis drama sedangkan tema merupakan gagasan pembaca
D. amanat merupakan penafsiran penulis drama, sedangkan tema merupakan gagasan pembaca drama
17. Ibrahim : (tenang) Iblis, kau akan meniggalkan rumah
Iblis laki-laki : Jangan sombong, Ibrahim. Kita masih akan bertemu besok. (melangkah ke pintu)
Ibrahim : Iblis! Kau pasti sudah tahu besok pasti kusembelih Ismail.
Iblis laki-laki : (menggigil dengan kemarahan karena gagal usahanya lalu keluar).
A. lbrahim sangat teguh pendiriannya
B. lbrahim seorang egois
C. lblis bersifat pemarah
D. lbrahim sangat tegas jika menyangkut perintah Tuhan
18. Salah satu tahapan ekspresi dalam bermain peran adalah mengenal diri sendiri yang dilakukan dengan cara berikut....
A. menilai perilaku orang lain untuk mengetahui karakter orang tersebut
B. mempelajari tingkah laku seseorang agar dapat menirukan perilaku orang tersebut
C. mengamati semua yang ada di luar dirinya sendiri
D. merusaha mengenali perasaan- perasaan yang dialami dan mencatatnya setiap hari
19. Murni mengikuti casting di studio film. Dia diminta memerankan tokoh perawat yang cerewet, kasar, dan culas. Saat ia memerankan tokoh perawat seperti ciri-ciri di atas, Sang sutradara berujar,Wah, bagus! Bagus! Kamu bagus sekali! Dari gambaran di atas Murni telah menerapkan latihanbermain peran tahap....
A. Kesadaran indra
B. Ekspresi
C. Pernapasan
D. improvisasi
20. Wajah Ira pucat ketika melihat Ardi tiba-tiba menodongkan pistol ke arahnya. Seketika kelas menjadi mencekam. Beberapa detik kemudian Ardi tertawa diiringi makian hampir semua teman sekelasnya. Adegan yang diperankan Ardi di luar scenario merupakan adalah contoh....
A. ekspresi
B. Improvisasi
C. Pernafasan
D. laku
21. Mereka sudah gila!
Kata gila diucapkan dengan keras mendapat tekanan. Dalam drama teknik pengucapan seperti ini disebut teknik memberi penekanan pada.
A. pemunculan
B. dinamik
C. nada
D. tempo
22. Naskah drama ditulis untuk dipentaskan karena pada dasarnya pementasan drama adalah:
A. tahapan mengubah drama menjadi skenario film
B. proses berlatih meragakan semua naskah yang ada pada teks
C. proses berlatih meragakan adegan sesuai arahan sutradara
D. hasil perwujudan dari naskah yang dimainkan
23. Di sekolah Pak Sunu Sibuk mempersiapkan pementasan drama dalam rangka HUT sekolah. Ia memilih kostum, mengatur pembuatan dekor, memilih naskah, pemain, dan melatih para pemain. Kesibukan Pak Sunu erat hubungannya dengan tugasnya sebagai.
A. tim artistik
B. pemain
C. pengurus produksi
D. sutradara
24. Pada pemain drama seyogianya dipilih berdasarkan minat dan bakatnya.Tetapi tidak demikian pada teater sekolah, pemilihan pemain didasarkan pada tujuan.
A. membantu siswa mencari solusi atas masalah yag dihadapi
B. melatih siswa melakukan kegiatan yang diminati
C. melatih tanggung jawab dan memberi pengalaman kepada siswa memerankan tokoh
D. mengisi kekosongan bagi siswa yang tidak suka pada kegiatan olah raga
25. Cerita/naskah yang dipilih untuk dramatisasi adalah naskah yang baik secara sastra .
A. naskahnya diketik rapi di atas kertas HVS
B. ditulis oleh seniman sastra terkemuka
C. berisi pengalaman penulis/sastrawan
D. isinya menarik/baik dan mendidik
26. Menurut sejarahnya pantominm merupakan ....
A. acara selingan untuk menimbulkan gelak tawa penonton
B. peragaan adegan di atas pentas pertunjukan
C. demonstrasi perilaku manusia untuk sarana pendidikan
D. permainan teater yang bermuatan teka-teki untuk penonton
27. Untuk mendukung akting, seorang pemain drama juga sebaiknya berlatih pantomin agar....
A. gerakan tubuh dan tangan semakin luwes dan ekspresif
B. dapat menjiwai karakter yang diperankan
C. terhindar dari kekakuan saat di atas panggung
D. terhindar dari cedera akibat gerakan
28. Pernyataan yang benar tentang perbedaan pantomim dengan improvisasi adalah...
A. improvisasi adalah bagian dari kemampuan bermain pantomim
B. pantomim memerlukan improvisasi
C. pantomim didasari latihan-latihan berimprovisasi
D. improvisasi didasari latihan-latihan pantomim
29. Untuk melatih ekspresi wajah, seorang guru menyuruh sekelompok siswa mencicipi rasa jamu, asam, dan garam, dan cabai. Kelompok yang lain mengamati wajah dan ekspresi para pencicip untuk kemudian diperagakan di kelas. Aspek yang dilatihkan guru pada kegiatan tersebut adalah....
A. improvisasi
B. kemampuan indra
C. sikap tubuh
D. emosi
30. Sebagai pemula, calon aktor sebaiknya berlatih melalui drma Reading, karena resiko yang dihadapi....
A. lebih besar dibandingkan dengan drama panggung
B. sangat kecil dibandingkan dengan drama panggung
C. sama dengan drama panggung
D. tidak berbeda dengan drama panggung
31. Peran menjadi sutradara dalam pementasan drama reading adalah....
A. yang menilai kualitas drama reading
B. yang menyiapkan konsumsi para pemain
C. menentukan tarif pementasan
D. melatih pemain dan mengarahkan para kru
32. Kiat para pemain dalam mempertahankan kualitas drama reading adalah....
A. pandai membedakan dialog tiap karakter yang dimainkan
B. menyebutkan nama tokoh yang diperankan
C. menyebutkan nama tohoh yang diajak bicara tiap kali berdialog
D. memusatkan perhatian pada kualitas vokal dan penghayatan pada isi naskah
33. Awal permasalahan seorang penulis lakon adalah konflik-konfilk kemanusiaan. Pernyataan tersebut mengisyaratkan bahwa sesungguhnya konflik adalah....
A. perselisihan antarpemain di dalam drama
B. dasar terwujudnya sebuah drama
C. gejolak emosi yang terdapat dalam diri penulis lakon
D. peristiwa yang pernah dialami setiap pemain
34. Action adalah kerangka drama yang dilandasi oleh motif yang bersumber pada.
A. kegiatan manusia, situasi fisik dan sosial, interaksi sosial, dan pola watak
B. keinginan, kejujuran, dan harapan para pemain
C. keinginan, kejujuran, dan harapan penulis naskah
D. latar belakang yang menyebabkan pelaku bertindak
35. Ayah : (sambil makan) Kau selalu bicara tentang laki-laki. Itu ada seseorang buat kau. Kenapa kau diam saja.
Gadis : (membawa lauk pauk). Laki-laki lemah, tangannya kaya perempuan, laki-laki jelek begitu.
Ayah : Kau takut. Kau memang selalu takut.
Gadis : Dia bukan laki-laki. Dia banci, kecil begitu; lemah dan cerewat, seperti Bapak.
Nilai yang terkandung dalam kutipan drama di atas adalah.
A. Orang tua harus memilihkan jodoh anak gadisnya
B. Hubungan yang sangat dekat antara ayah dan anak
C. Gambaran seorang gadis yang kasar
D. Wanita tidak pernah suka pada pria lemah
36. Jika Anda ingin menulis naskah drama, sampaikanlah nilai secara tidak langsung karena penyampaian nilai secara tidak langsung dapat...
A. membuat cerita menjadi buruk dengan banyaknya muatan titipan
B. membuat cerita berjalan secara wajar karena lebih terpadu dan utuh
C. membuat penonton lebih puas karena menerka nerka sendiri
D. membuat drama ditinggalkan penonton karena membingungkan
37. Situasi yang mendukung pembelajaran apresiasi drama dengan strategi strata tahap penjelajahan adalah....
A. Siswa ditugasi memerankan tokoh-tokoh yang ada dalam naskah
B. Siswa disuruh membaca naskah drama yang telah ditetntukan
C. Siswa diminta mendiskusikan unsur-unsur pembangun drama tersebut
D. Siswa diminta mengubah drama menjadi bentuk puisi
38. Contoh pembelajaran yang menerapkan strategi strata tahap interpretasi adalah siswa diminta...
A. membaca naskah drama sampai tuntas
B. menjawab pertanyaan tentang unsur intrinsik drama
C. mengubah drama tersebut menjadi bentuk cerpen
D. diminta memerankan beberapa adegan drama yang mereka baca
39. Seorang penilai akan memberi nilai yang baik terhadap unsure daya tanggap seorang pemain , jika ia....
A. mampu menanggapi dialog lawan mainnya secara wajar dan tepat
B. dengan serius mendengarkan dialog lawan mainnya
C. berhenti bermain ketika lawan mainnya berbicara
D. berusaha menghafal dialognya sendiri
40. Jika Anda menilai seorang pemain drama komponen-komponen yang menjadi perhatian Anda adalah....
A. Kualitas ujaran, teknik member isi/intonasi, kesesuaian gerak/mimic dengan dialog, sikap badan, penampilan, kerja sama antarpemain, tempo permainan
B. Kekuatan suara, kelenturan gerak, ekspresi, kelancaran ucapan, komunikatif, dan sesuai dengan gaya peran yang diperankannya
C. Keseriusan latihan, ketepatan waktu penampilan dengan perencanaan, frekuensi latihan, dan kelenturan gerak
D. Kehalusan gerakan, kelancaran ucapan, kejelasan pelafalan, dan kekuatan suara.
41. Lihat tabel deret berikut:
Nama; Kualitas ujaran; teknik mem -beri isi/ intonasi; kesesuaian gerak/ mimik dengan dialog; Sikap badan; penampilan; kerja sama antarpemain; tempo permainan; jumlah;
Rubi; 80; 55; 50; 50; 50; 65; 50; 400;
Vena; 80; 50; 60; 65; 65; 80; 80; 480;
Arini; 75; 85; 80; 70; 75; 75; 70; 530;
Berdasarkan table di atas dapat disimpulkan bahwa....
A. Rubi perlu latihan pelafalan secara intens
B. Vena harus meningkatkan pelafalan dan gerakan
C. Penampilan Arini kurang baik
D. Arini sudah mampu bermain drama
42. Salah satu cirri drama nonkonvensional terletak pada tema yang bersifat metafisika, yaitu ...
A. alurnya yang wajar
B. perwatakan dan latar ceritanya realistis
C. berhubungan dengan hal-hal yang tidak nyata
D. meniru kenyataan empirik
43. Seorang calon pemain sebaiknya membuat ringkasan dari naskah yang akan diperankan karena hal itu sangat berguna untuk...
A. mengembangkan daya kreasi, konsentrasi, dan pemahaman pemain
B. memudahkan pemain sehingga pemain tidak perlu membaca naskah aslinya
C. memudahkan karena dengan membaca ringkasan lebih baik dari pada membaca naskah aslinya
D. memudahkan pemain dalam menghayati peran jika membaca ringkasan
44. Menulis ringkasan sebaiknya mengikuti patokan berikut: membaca naskah asli teks drama, menangkap gagasan utama naskah yang dibaca, dan membuat reproduksi. Yang dimaksud membuat reproduksi adalah...
A. Menyusun gagasan menggunakan kalimat si penulis ringkasan
B. Mengubah gagasan asli dengan gagasan hasil tafsiran pembuat ringkasan
C. Mengubah dari sudut pandang orang pertama menjadi orang ketiga tanpa mengubah maksud semula
D. Penulis ringkasan boleh mengubah hasil ringkasan dengan situasi yang dihadapi
45. Drama Romeo and Juliet karya Shakes piare yang mengisahkan cinta remaja telah dibuat versi Indonesianya oleh Sophan Sopian dalam film Romi dan Yuli. Terjemahan seperti itu termasuk terjemahan....
A. Harfiah
B. Alih bahasa
C. Saduran
D. Penerjemah dinamis
Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217 Universitas Terbuka
Sumber: latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon