1. Belajar menurut Bell-Gredler adalah proses manusia untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Proses belajar ini berlangsung ...
Untuk menjawab soal ini baca modul I KB 1
A. pada saat seseorang sedang bersekolah.
B. dari bayi sampai tua.
C. pada waktu siswa sudah siap.
D. pada waktu seseorang sedang belajar.
Salah. Karena belajar tidak terbatas hanya pada saat anak di sekolah saja.
Benar. Karena manusia mengalami proses belajar sepanjang hayat.
Salah. Karena proses belajar tidak hanya menunggu kesiapan siswa.
Salah. Karena proses belajar pada hakikatnya dapat berlangsung kapan dan dimana saja.
2. Murid TK Ananda pada umumnya telah mampu mengenali berbagai kesenian menurut daerahnya masing-masing. Pada tahap ini murid telah mencapai tingkat ...
Untuk menjawab soal ini baca modul I KB 1
A. Discrimination Learning
B. Concept Learning.
C. Verbal Association Learning.
D. Problem Solving Learning.
Benar. Karena pada tahap ini siswa telah dapat membedakan objek satu dengan yang lain.
Salah. Karena anak TK belum mencapai tahap ini.
Salah. Karena anak TK belum mencapai tahap ini.
Salah. Karena anak TK belum mencapai tingkatan ini.
3. Pada waktu proses pembelajaran, seorang guru sering melontarkan pertanyaan kepada siswanya. Hal ini dilakukan oleh guru sesuai dengan pola dasar pembelajaran yang dikemukakan oleh Jean Piaget, yaitu ...
Untuk menjawab soal ini baca modul I KB 2
A. conditions of learning.
B. information processing.
C. cognitive development.
D. social learning.
Salah. Karena pola dasar pembelajaran pada teori belajar conditions of learning tidak dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
Salah. Karena pola dasar pembelajaran pada teori belajar information processing adalah dengan mengaitkan proses belajar yang baru ke dalam struktur kognitif.
Benar. Karena salah satu implikasi dari penerapan teori belajar cognitive development adalah dengan melontarkan pertanyaan kepada siswa.
Salah. Karena pola dasar pembelajaran pada teori belajar social learning adalah dengan pemberian model, penguatan, dan pelatihan ulang.
4. Ada tahap-tahap yang harus dilalui guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan ...
Untuk menjawab soal ini baca modul I KB 2
A. kurikulum.
B. kerangka pembelajaran
C. sistem.
D. evaluasi.
Benar. Karena pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran guru sudah harus tahu tujuan apa yang akan dicapai.
Salah. Karena pada tahap ini guru tidak harus menetapkan kerangka pembelajaran.
Salah. Karena untuk menyusun strategi pembelajaran tidak perlu sistem.
Salah. Karena evaluasi tidak diperlukan dalam menyusun strategi pembelajaran.
5. Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S – R haruslah ...
Untuk menjawab soal ini baca modul I KB 2
A. berwarna gelap.
B. seminimal mungkin.
C. berwarna-warni.
D. semaksimal mungkin.
Salah. Karena dalam media pembelajaran sebaiknya tidak menggunakan warna gelap.
Salah. Karena penggunaan media dalam pembelajaran sebaiknya diperbanyak agar siswa lebih memahami materi pembelajaran.
Salah. Karena dengan penggunaan media yang berwarna-warni akan membuat siswa menjadi bingung.
Benar. Karena dengan menggunakan media pembelajaran yang maksimal diharapkan siswa menjadi lebih memahami materi pembelajaran.
6. Pada dasarnya teori belajar behavioristik sangat menekankan pada ...
Untuk menjawab soal ini baca modul 2 KB 1
A. proses belajar.
B. perkembangan siswa.
C. hasil belajar.
D. kepandaian siswa.
Salah. Karena dalam teori belajar behavioristik yang ditekankan bukan proses belajarnya.
Benar. Karena dalam teori belajar behavioristik yang ditekankan adalah perubahan perilaku.
Salah. Karena dalam teori belajar behavioristik bukan hasil belajarnya yang ditekankan.
Salah. Karena dalam teori belajar behavioristik bukan kepandaian siswanya yang ditekankan.
7. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
Untuk menjawab soal ini baca modul 2 KB 1
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
B. Connectionism dari Thorndike.
C. Behaviorism dari Watson.
D. Operant conditioning dari Skinner.
Benar. Karena dalam teori clasical conditioning ada 3 parameter yang salah satunya adalah extinction atau penghilangan, yang artinya apabila penguatan dihentikan maka respons akan menurun atau menghilang.
Salah. Karena dalam teori belajar connectionism tidak dikenal istilah extintion atau penghilangan.
Salah. Karena dalam teori belajar behaviorism tidak ada proses penghilangan dalam pembelajaran.
Salah. Karena dalam teori belajar operant conditioning tidak dikenal istilah extintion.
8. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah atau pujian kepada siswa yang berhasil menjawab atau menyelesaikan satu soal. Dalam hal ini guru menerapkan teori belajar ...
Untuk menjawab soal ini baca modul 2 KB 1
A. clasical conditioning.
B. connectionism.
C. behaviorism.
D. operant conditioning.
Salah. Karena dalam teori belajar clasical conditioning bukan penguatan melalui pemberian hadiah atau pujian yang memotivasi siswa dalam belajar.
Benar. Karena dengan adanya pemberian hadiah atau pujian motivasi siswa untuk belajar akan lebih kuat.
Salah. Karena dalam teori belajar behaviorism perubahan mental yang terjadi pada diri siswa tidak diketahui dengan jelas penyebabnya.
Salah. Karena teori belajar operant conditioning tidak mengenal adanya penguatan.
9. Menurut Hull dalam teori systematic behavior, proses belajar merupakan upaya menumbuhkan kebiasaan melalui ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 2 KB 2
A. pengalaman.
B. serangkaian percobaan.
C. kegiatan membaca.
D. serangkaian kegagalan.
Salah. Karena bukan pengalaman yang menumbuhkan kebiasaan dalam proses belajar
Benar. Karena pengembangan kebiasaan dalam proses belajar lebih utama dipengaruhi oleh banyaknya percobaan yang dilakukan.
Salah. Karena pengembangan kebiasaan dalam proses belajar tidak dipengaruhi oleh kegiatan membaca.
Salah. Karena kegagalan tidak mempengaruhi pengembangan kebiasaan dalam proses belajar.
10. Proses lupa pada diri seseorang menurut Guthrie terjadi secara ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 2 KB 2
A. tiba-tiba.
B. tidak terkendali.
C. bertahap.
D. terkendali.
Salah. Karena lupa pada diri seseorang mengalami suatu proses terlebih dahulu.
Salah. Karena proses lupa bukan suatu proses yang tidak terkendalikan.
Benar. Karena proses lupa dalam diri seseorang mengalami beberapa tahapan.
Salah. Karena proses lupa bukan suatu proses yang terkendali.
11. Pemberian pujian terhadap siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan tepat, sebaiknya diberikan ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 2 KB 2
A. pada waktu semua siswa telah menyelesaikan tugasnya.
B. segera setelah siswa menyelesaikan tugasnya.
C. kalau siswa yang lain sudah meninggalkan ruang kelas.
D. pada waktu siswa menunjukkan prestasi berikutnya.
Salah. Karena pada waktu semua siswa telah menyelesaikan tugasnya, siswa yang menyelesaikan tugasnya terlebih dulu sudah tidak merasa berprestasi lagi.
Benar. Karena siswa akan lebih termotivasi lagi untuk menyelesaikan tugas yang berikutnya.
Salah. Karena guru sebaiknya memberikan pujian di depan teman-temannya.
Salah. Karena untuk memberikan pujian tidak perlu menunggu prestasi yang berikutnya.
12. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 3 KB 1
A. insight.
B. kognitif.
C. conditioning.
D. connectionism.
Salah. Karena dalam teori belajar insight yang ditekankan adalah adanya pemahaman.
Benar. Karena dengan membangun prinsip-prinsip belajarnya secara ilmiah, maka akan dihasilkan suatu prosedur yang dapat diterapkan dalam kelas untuk mendapatkan hasil yang produktif.
Salah. Karena teori belajar conditioning bersifat molekuler.
Salah. Karena teori belajar connectionisme lebih menekankan pada dalil sebab akibat.
13. Teori belajar kognitif mempunyai perbedaan yang mendasar dengan teori belajar conditioning S-R . Teori belajar kognitif menggunakan pendekatan masa kini, artinya ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 3 KB 1
A. mempelajari perilaku manusia di masa lalu digunakan untuk memprediksi masa depan.
B. mempelajari perilaku manusia masa lalu untuk mengetahui perilaku manusia masa lampau.
C. mempelajari perilaku manusia masa kini untuk keadaan manusia saat ini.
D. mempelajari perilaku manusia masa kini untuk dibandingkan dengan perilaku manusia masa lalu.
Salah. Karena perilaku manusia masa lalu tidak untuk memprediksi masa depannya.
Salah. Karena perilaku manusia masa lalu tidak berkaitan dengan masa lalunya.
Benar. Karena pendekatan masa kini merupakan salah satu pendekatan dalam teori belajar kognitif.
Salah. Karena perilaku manusia masa kini tidak perlu diperbandingkan dengan perilaku masa lalunya.
14. Dalam hal belajar, antara siswa satu dengan yang lain kemampuan berpikirnya tidak sama. Hal ini dikemukakan dalam teori belajar ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 3 KB 1
A. kognitif.
B. conditioning.
C. connectionism.
D. behaviorism.
Benar. Karena rumusan teori belajar kognitif mengatakan bahwa kemampuan berpikir orang tidak sama dan tidak tetap dari waktu ke waktu.
Salah. Karena teori belajar conditioning tidak memperhitungkan proses mental yang terjadi selama belajar.
Salah. Karena teori belajar connectionism mengutamakan latihan dalam proses belajar.
Salah. Karena teori belajar behaviorism dalam proses belajarnya hanya melihat tingkah laku yang dapat diamati.
15. Untuk menerapkan proses kognitif dalam pembelajaran, maka sebaiknya dipakai konsep ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 3 KB 2
A. KTSP.
B. CBSA.
C. KBK.
D. pembelajaran terpadu.
Salah. Karena KTSP bukan merupakan pendekatan dalam proses pembelajaran.
Benar. Karena konsep CBSA adalah salah satu model pembelajaran kognitif.
Salah. Karena KBK bukan merupakan model pendekatan dalam pembelajaran.
Salah. Karena pembelajaran terpadu bukan merupakan model belajar penemuan yang merupakan salah satu model pembelajaran kognitif.
16. Penerapan teori belajar Bruner dalam pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 3 KB 2
A. membantu siswa agar dapat melihat adanya hubungan konsep yang satu dengan yang lain.
B. memberikan pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk mencari jawabannya.
C. mendiskusikan tentang suatu masalah dengan siswa.
D. mendorong siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
Salah. Karena hal ini merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan teori belajar Bruner dalam pembelajaran.
Salah. Karena hal ini merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan teori belajar Bruner dalam pembelajaran.
Benar. Karena hal ini bukan satu hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan teori belajar Bruner dalam pembelajaran.
Salah. Karena hal ini merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan teori belajar Bruner dalam pembelajaran.
17. Dalam proses pembelajaran, informasi yang diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau konsep yang dimilikinya. Cara belajar seperti itu disebut dengan ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 3 KB 2
A. belajar bermakna.
B. belajar sendiri.
C. belajar verbal.
D. belajar menghapal.
Salah. Karena dalam belajar bermakna informasi baru yang diterima siswa harus mempunyai hubungan dengan konsep yang sudah ada sebelumnya.
Salah. Karena dalam belajar sendiri, siswa dimungkinkan untuk menemukan konsep dengan sendirinya.
Salah. Karena pada dasarnya konsep, prinsip, dan ide yang disajikan pada siswa akan diterima oleh siswa.
Benar. Karena dalam belajar menghapal, informasi baru dapat diterima atau dipelajari siswa tanpa menghubungkannya dengankonsep atau pengetahuan yang sudah ada.
18. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase-fase belajar'?
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 3 KB 3
A. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa.
B. Pada waktu mengajar, Pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas.
C. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan kegunaan belajar dalam proses pembelajaran.
D. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir.
Benar. Karena langkah ini adalah salah satu langkah untuk menarik perhatian siswa pada awal kegiatan pembelajaran.
Salah. Karena kegiatan ini tidak termasuk dalam kegiatan tahap pengolahan kognitif.
Salah. Karena kegiatan ini tidak termasuk dalam sembilan tahap pengolahan kognitif.
Salah. Karena bukan perubahan tingkah laku yang berlainan yang diharapkan terjadi setelah proses pembelajaran berakhir.
19. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual adalah ekuilibrium. Yang dimaksud dengan ekuilibrium adalah ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 3 KB 3
A. pengaruh sosial.
B. proses pengaturan diri.
C. proses kematangan pribadi.
D. lingkungan fisik.
Salah. Karena pengaruh sosial tidak mempengaruhi proses ekuilibrasi.
Benar. Karena manusia membutuhkan pengaturan diri agar dapat bertumbuh, berkembang, dan berubah sementara untuk menjadi lebih seimbang.
Salah. Karena ekuilibrasi tidak memperhitungkan kematangan pribadi seseorang.
Salah. Karena lingkungan fisik hanya merupakan salah satu unsur dalam proses ekuilibrasi.
20. Anak-anak akan senang melakukan hal-hal yang dilakukan oleh orang dewasa apabila hal tersebut akan menjadikan dia mendapatkan hadiah atau pujian. Perilaku ini adalah salah satu contoh dari proses pembelajaran lewat pengamatan terhadap model, berdasarkan ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 4 KB 1
A. memperhatikan model.
B. mengingat.
C. produksi.
D. motivasi.
Salah. Karena anak tidak dapat belajar melalui observasi kecuali kalau anak memperhatikan kegiatan-kegiatan yang diperagakan oleh model dan benar-benar memahaminya.
Salah. Karena agar dapat mengambil manfaat dari perilaku orang lain yang telah diamatinya, anak harus dapat mengingat apa yang telah diamatinya.
Salah. Karena proses peniruannya adalah dalam bentuk mengubah ide, gambaran, atau ingatan menjadi tindakan.
Benar. Karena pada umumnya anak cenderung untuk memperagakan perilaku yang ditirunya, jika hal itu akan menghasilkan hal yang berharga atau diinginkannya.
21. Dalam menerapkan teori belajar sosial, yang dapat dijadikan model untuk ditiru adalah sebagai berikut, kecuali ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 4 KB 1
A. guru pengajar di kelas.
B. teman satu kelas.
C. pahlawan nasional.
D. alumni.
Salah. Karena guru dapat dijadikan model bagi siswa.
Salah. Karena siswa dapat memanfaatkan temannya satu kelas sebagai model dengan status yang sama.
Salah. Karena pahlawan nasional dapat dijadikan model simbolis bagi siswa.
Benar. Karena alumni statusnya tidak sama, bukan komunitas, dan tidak sebagai simbol.
22. Di bawah ini adalah contoh dari adanya dampak dari keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 4 KB 2
A. Ratna dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua.
B. Hesti merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.
C. Yanto merasa pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
D. Adi menangis setelah berantem dengan Agus untuk berebut mengerjakan tugas.
Salah. Karena dalam hal ini Ratna tidak menunjukkan kemampuan dirinya.
Benar. Karena Hesti menunjukkan ketidakyakinan akan dirinya dalam menghadapi tes.
Salah. Karena ada banyak kemungkinan yang menyebabkan Yanto menjadi pusing.
Salah. Karena kejadian ini bukan merupakan contoh ketidakmampuan seseorang.
23. Untuk mendukung agar ketiga elemen pengaturan diri (pemantauan diri, evaluasi diri, dan reaksi diri) mempunyai dampak positif dan maksimal pada kemampuan pengaturan diri siswa, maka ada prosedur yang harus dilalui yaitu sebagai berikut, kecuali ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 4 KB 2
A. penentuan tujuan.
B. tanggung jawab.
C. pemberian insentif.
D. penilaian atau evaluasi.
Salah. Karena inilah salah satu prosedur yang disarankan agar komponen pengaturan diri dapat berdampak positif dalam meningkatkan keyakinan dan kemampuan diri.
Salah. Karena inilah salah satu prosedur yang disarankan agar komponen pengaturan diri dapat berdampak positif dalam meningkatkan keyakinan dan kemampuan diri.
Salah. Karena inilah salah satu prosedur yang disarankan agar komponen pengaturan diri dapat berdampak positif dalam meningkatkan keyakinan dan kemampuan diri.
Benar. Karena penilaian atau evaluasi merupakan komponen atau elemen dari pengaturan diri.
24. Yang dimaksud dengan multipel intelegensi atau kecerdasan majemuk adalah berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 5 KB 1
A. menjawab pertanyaan.
B. memecahkan masalah.
C. mengembangkan diri.
D. mengerjakan tugas.
Salah. Karena kecerdasan majemuk tidak hanya dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan saja.
Benar. Karena dengan sejumlah kemampuannya itu maka anak dapat memecahkan masalahnya sesuai dengan konteksnya.
Salah. Karena tujuan dari multipel intelegensi atau kecerdasan majemuk bukan untuk pengembangan diri.
Salah. karena mengerjakan tugas hanya sebagian dari tujuan multipel intelegensi.
25. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal, adalah ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 5 KB 1
A. mampu bermain dalam kelompok.
B. mampu menjadi pemimpin.
C. mudah berkonsentrasi.
D. peka terhadap teman.
Salah. Karena karakteristik individu yang mempunyai kecerdasan interpersonal pada dasarnya adalah adanya kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
Salah. Karena karakteristik individu yang mempunyai kecerdasan interpersonal pada dasarnya adalah adanya kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
Benar. Karena mudah berkonsentrasi tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal.
Salah. Karena karakteristik individu yang mempunyai kecerdasan interpersonal pada dasarnya adalah adanya kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
26. Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 5 KB 2
A. siswa berolah raga di lapangan.
B. guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi.
C. siswa diajak berkarya wisata.
D. siswa belajar di ruang laboratorium bahasa.
Salah. Karena kegiatan ini tidak termasuk cara mengaktifkan indra anak didik.
Salah. Karena kegiatan ini tidak termasuk cara mengaktifkan indra anak didik.
Salah. Karena kegiatan ini tidak termasuk cara mengaktifkan indra anak didik.
Benar. Karena kegiatan ini dapat melatih cara mendengar yang efektif kepada siswa.
27. Pernyataan berikut adalah contoh kegiatan bagaimana cara melatih intelegensi secara berimbang ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 5 KB 2
A. mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pelajaran tertentu.
B. siswa diberi tugas untuk menyelesaikan suatu masalah.
C. melakukan studi dokumentasi tentang data-data siswa.
D. mengobservasi perilaku guru dan siswa.
Salah. Karena kegiatan ini bukan merupakan cara untuk melatih kecerdasan yang berimbang.
Salah. Karena kegiatan ini bukan merupakan cara untuk melatih kecerdasan yang berimbang.
Benar. Karena kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mengetahui intelegensi primer siswa.
Salah. Karena kegiatan ini bukan merupakan cara untuk melatih kecerdasan yang berimbang.
28. Cara melatih silang intelegensi anak dapat dilihat dari kegiatan berikut ini, kecuali ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 5 KB 2
A. guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolah.
B. siswa diberi tugas untuk mendata tanaman yang ada di sekitar rumahnya.
C. guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bernyanyi di depan kelas.
D. Ali mendapat tugas untuk membuat maket rumah Minangkabau.
Benar. Karena kegiatan ini bukan merupakan cara untuk melatih silang intelegensi yang berbeda.
Salah. Karena kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk melatih silang intelegensi yang berbeda.
Salah. Karena kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk melatih silang intelegensi yang berbeda.
Salah. Karena kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk melatih silang intelegensi yang berbeda.
29. Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah–langkah yang dapat digunakan, antara lain ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 5 KB 3
A. membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran.
B. mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa.
C. memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswa.
D. menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan.
Salah. Karena membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran bukan merupakan langkah yang harus ditempuh.
Salah. Karena kegiatan ini bukan merupakan langkah yang harus dilakukan dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi.
Benar. Karena memang untuk menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel integensi, maka guru harus dapat memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki siswa.
Salah. Karena untuk menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi tidak cukup hanya dengan menyediakan fasilitas yang lengkap saja.
30. Belajar dalam perspektif konstruktivisme lebih menekankan kepada ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 1
A. hasil.
B. pembelajaran.
C. nilai.
D. proses.
Salah. Karena belajar dalam perspektif konstruktivisme, lebih menekankan pada proses daripada hasil belajarnya.
Salah. Karena belajar dalam perspektif konstruktivisme, tidak melihat pembelajaran sebagai hal yang utama.
Salah. Karena belajar dalam perspektif konstruktivisme, lebih menekankan pada proses daripada nilai belajarnya.
Benar. Karena dalam proses belajar akan melibatkan cara dan strategi dalam belajar.
31. Dalam proses mengkonstruksi pengetahuannya, siswa mengembangkan gagasan atau konsep baru berdasarkan analisis dan pemikiran ulang terhadap pengetahuan yang diperoleh pada ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 1
A. masa lalu dan masa depan.
B. masa sekarang dan masa lalu.
C. masa siswa belajar.
D. saat siswa sedang melakukan kegiatan.
Salah. Karena menganalisis gagasan pada masa lalu dan masa depan tidak mengkonstruksi pengetahuan siswa.
Benar. Karena dalam mengkonstruksi pengetahuan siswa, diperlukan analisis gagasan pada masa sekarang dan masa lalu.
Salah. Karena analisis gagasan pada masa siswa belajar tidak mengkonstruksi pengetahuan siswa.
Salah. Karena analisis gagasan pada saat siswa sedang melakukan kegiatan tidak mengkonstruksi pengetahuan siswa.
32. Perspektif kognitivisme berpendapat bahwa perilaku siswa ditentukan oleh persepsi siswa itu sendiri yang dipengaruhi oleh ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 1
A. pengalaman.
B. berbagai penguatan.
C. cara belajarnya.
D. lingkungannya.
Benar. Karena perilaku siswa bukan merupakan fungsi 'sesuatu' sebagai ganjaran, tetapi lebih ditentukan oleh persepsi siswa yang dipengaruhi pengalaman dan apa yang dianggap berharga.
Salah. Karena perilaku siswa dalam perspektif kognitivisme tidak dipengaruhi oleh berbagai penguatan.
Salah. Karena perilaku siswa dalam perspektif kognitivisme tidak dipengaruhi oleh cara belajarnya.
Salah. Karena perilaku siswa dalam perspektif kognitivisme tidak dipengaruhi oleh lingkungannya.
33. Pada dasarnya strategi pembelajaran di sekolah dapat menggunakan teori behavioristik untuk mengajarkan siswa memproses informasi sebagai berikut, kecuali ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 1
A. membuat asosiasi.
B. membedakan.
C. membuat skema.
D. mengingat.
Salah. Karena salah satu tujuan penggunaan teori behavioristik dalam strategi pembelajaran adalah untuk memproses informasi dalam membuat asosiasi.
Salah. Karena salah satu tujuan penggunaan teori behavioristik dalam strategi pembelajaran adalah untuk memproses informasi dalam membedakan.
Benar. Karena tujuan penggunaan teori behavioristik dalam strategi pembelajaran adalah bukan membuat skema.
Salah. Karena salah satu tujuan penggunaan teori behavioristik dalam strategi pembelajaran adalah untuk memproses informasi dalam mengingat.
34. Pada waktu Pak Totok mengajarkan bidang studi IPS, dia menerapkan ‘pembelajaran melalui menemukan’. Berkaitan dengan hal tersebut langkah-langkah yang harus ditempuh Pak Totok diantaranya adalah ...
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 2
A. memberikan kasus untuk dianalisa secara bersama-sama.
B. menghubungkan hasil pengamatan dengan analisis.
C. memberitahu tentang konsep dasar yang relevan dengan materi.
D. menyusun prosedur yang tepat untuk mengerjakan tugas.
Benar. Karena dalam 'pembelajaran melalui menemukan' intinya adalah adanya kerja kelompok, penugasan, dan berbagi informasi.
Salah. Karena dalam kegiatan ini tidak ada unsur kerja kelompok, penugasan, dan berbagi informasi sebagai inti dalam 'pembelajaran melalui menemukan'.
Salah. Karena dalam kegiatan ini tidak ada unsur kerja kelompok, penugasan, dan berbagi informasi sebagai inti dalam 'pembelajaran melalui menemukan'.
Salah. Karena dalam kegiatan ini tidak ada unsur kerja kelompok, penugasan, dan berbagi informasi sebagai inti dalam 'pembelajaran melalui menemukan'.
35. Dari pernyataan di bawah ini, manakah yang menunjukkan kelebihan pendekatan konstruktivisme dalam proses pembelajaran dilihat dari peran guru?
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 2
A. Bu Siska hanya menunjukkan cara bagaimana siswa dapat memperoleh data melalui internet.
B. Pak Hadi harus memberikan ceramah di depan kelas sepanjang proses pembelajaran.
C. Pada saat mengajar, Pak Budi harus menjelaskan materi secara terus menerus.
D. Bu Amalia menganggap bahwa kemampuan siswanya adalah sama.
Benar. Karena dalam pendekatan konstruktivisme guru dimungkinkan berperan sebagai tutor, fasilitator, dan mentor dalam proses pembelajaran.
Salah. Karena dalam pernyataan ini tidak terlihat peranan guru sebagai tutor, fasilitator, dan mentor.
Salah. Karena dalam pernyataan ini tidak terlihat peranan guru sebagai tutor, fasilitator, dan mentor.
Salah. Karena dalam pernyataan ini tidak terlihat peranan guru sebagai tutor, fasilitator, dan mentor.
36. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas bersama dengan teman-temannya. Hal ini dilakukan agar siswa dapat ....
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 2
A. mengobrol bersama.
B. bertukar informasi.
C. saling percaya
D. saling memahami.
Salah. Karena tujuan diberikannya tugas kelompok bukan agar siswa dapat mengobrol bersama.
Benar. Karena dengan mengerjakan tugas bersama, siswa dapat berbagi informasi dan saling mengoreksi, bahkan berperan sebagai tutor sebaya untuk temannya.
Salah. Karena tujuan diberikannya tugas kelompok tidak hanya agar siswa dapat saling percaya.
Salah. Karena tujuan diberikannya tugas kelompok tidak hanya agar siswa dapat saling memahami.
37. Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ....
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 2
A. mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri.
B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.
C. mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan.
D. memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya.
Salah. Karena inilah sikap yang seharusnya dilakukan guru agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
Benar. Karena dengan memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif
Salah. Karena inilah sikap yang seharusnya dilakukan guru agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
Salah. Karena inilah sikap yang seharusnya dilakukan guru agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
38. Dalam pembelajaran konstruktivisme lebih menekankan pada pengembangan strategi berpikir siswa. Untuk itu evaluasi yang paling tepat digunakan adalah evaluasi yang mengukur hal-hal berikut, kecuali....
Untuk menjawab soal ini bacalah modul 6 KB 3
A. pengetahuan saja.
B. pengetahuan dan kinerja.
C. sikap dan kinerja.
D. sikap, pengetahuan, dan kinerja.
Benar. Karena bukan aspek pengetahuan saja yang perlu dievaluasi.
Salah. Karena pengetahuan dan kinerja siswa perlu dievaluasi.
Salah. Karena sikap dan kinerja siswa perlu dievaluasi.
Salah. Karena ketiganya merupakan unsur yang mendukung pengembangan strategi berpikir siswa.
39. Pada saat Ratna belajar matematika, maka seluruh kemampuannya akan dimaksimalkan untuk mempelajari ilmu itu. Dalam hal ini Ratna telah mengalami proses belajar yang ditandai dengan adanya ...
1. perubahan tingkah laku.
2. pengalaman yang merubah jalan hidupnya. 3. perubahan yang menetap.
Jawaban 1, 2, dan 3 benar. Karena ketiga jawaban tersebut menunjukkan bahwa Ratna memanfaatkan kemampuannya semaksimal mungkin.
40. Kita lebih memilih istilah pembelajaran, karena ...
1. ada kegiatan guru dan siswa.
2. ada tatap muka antara guru dengan siswa di dalam kelas. 3. ada kegiatan yang berpengaruh langsung terhadap proses belajar siswa
Jawaban yang benar adalah 1 dan 3. Karena proses pembelajaran memperlihatkan adanya kegiatan guru dan siswa yang mempengaruhi proses belajar siswa.
41. Pembelajaran yang berorientasi pada proses belajar rangkaian, seharusnya memberikan kesempatan pada siswa untuk ...
1. melaksanakan satu urutan kegiatan tanpa terputus.
2. mengulang urutan kegiatan dengan tepat.
3. mengganti kegiatan dengan kegiatan yang lain.Jawaban yang benar adalah 1 dan 2. Karena dengan mengurutkan kegiatan dan mengulang kegiatan tanpa terputus dan tepat, akan membuat siswa mudah mengingatnya.
42. Agar siswa berhasil dalam belajar konsep, hendaknya pada waktu kegiatan pembelajaran guru melaksanakan hal-hal berikut ...
l. mengajarkan konsep yang akan dipelajari.
2. menyajikan contoh dan non contoh pada waktu membahas tentang konsep. 3. memberikan penguatan dengan segera kepada siswa.
Semua jawaban adalah benar. Karena ketiga hal itu mendukung keberhasilan pembelajaran konsep.
43. Untuk menerapkan konsep “observable behavior”, maka dalam merencanakan suatu pembelajaran guru hendaknya menyusun ...
l. tujuan pembelajaran.
2. tujuan pembelajaran umum. 3. tujuan pembelajaran khusus.
Jawaban yang benar adalah 2 dan 3. Karena dengan TPU dan TPK akan dapat diamati perubahan tingkah laku siswa setelah proses pembelajaran.
44. Pernyataan di bawah ini merupakan contoh dari tujuan instruksional khusus yang harus ditetapkan oleh guru pada waktu memberikan materi tentang kalimat inti.
l. siswa dapat melengkapi kata predikat pada satu kalimat.
2. siswa dapat menyebutkan subyek pada kalimat. 3. siswa dapat menyusun satu kalimat inti.
Semua jawaban adalah benar. Karena pada ketiga pernyataan itu dapat dilihat perubahan tingkah laku yang menjadi tujuan pembelajaran.
45. Anak-anak lebih cepat belajar dengan cara ...
l. melihat tingkah laku orang tuanya sehari-hari
2. mencontoh apa yang dilakukan guru di sekolah 3. membayangkan kejadian yang akan datang
Jawaban yang benar adalah 1 dan 3. Karena anak-anak akan lebih mudah belajar dengan melihat contoh atau kejadian yang ada di sekitarnya.
46. Di bawah ini adalah cara seorang guru memberi semangat kepada siswa dalam melakukan suatu tugas sehingga siswa mampu mengalami peningkatan keyakinan akan kemampuan dirinya, yaitu ...
1. siswa dibimbing untuk meniru suatu perilaku.
2. siswa diminta untuk menyelesaikan suatu tugas bersama dengan temannya yang lebih mampu. 3. siswa disuruh menyelesaikan tugasnya dengan jangka waktu yang ditentukan
Jawaban yang benar adalah 1 dan 2. Karena kedua jawaban tersebut menunjukkan adanya bimbingan kepada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan keyakinan akan kemampuan dirinya.
47. Yang sebaiknya dilakukan oleh guru dalam menghadapi persepsi diri siswa terhadap kemampuan kognitifnya, adalah ...
1. merancang program pembelajaran sesuai dengan keterampilan siswa.
2. membuat kegiatan yang menjadikan siswanya bersaing. 3. menghindari membuat evaluasi untuk membandingkan siswa yang satu terhadap yang lain.
Jawaban yang benar adalah 1 dan 3. Karena kedua jawaban itu menunjukkan adanya kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif siswa.
48. Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ...
1. mudah memahami orang lain.
2. biasa melakukan refleksi terhadap diri sendiri. 3. dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
Jawaban yang benar adalah 1 dan 3. Karena kedua jawaban itu menunjukkan adanya kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
49. Menurut Piaget dalam teori konstruktivisme, seorang siswa akan melalui proses adaptasi ketika belajar dengan cara ...
l. siswa terlibat dalam interaksi sosial yang akan berkontribusi dan membangun bersama makna suatu pengetahuan.
2. mengaitkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang telah dimiliki. 3. mengakomodasi pengetahuan baru dengan sedikit mengubah struktur kognitif yang telah dimliki.
Jawaban yang benar adalah 2 dan 3. Karena proses adaptasi yang dialami siswa dapat terjadi dengan cara menerapkan kedua kegiatan tersebut dalam pembelajaran.
50. Pernyataan berikut merupakan karakteristik perspektif konstruktivisme dalam pembelajaran, yaitu ...
l. pentingnya kegiatan belajar dan evaluasi belajar yang otentik.
2. guru lebih berperan sebagai tutor, fasilitator, dan mentor bagi siswa. 3. mengembangkan strategi alternatif untuk memperoleh dan menganalisis informasi
Semua jawaban adalah benar. Karena ketiga jawaban tersebut merupakan prinsip dasar perspektif konstruktif dalam pembelajaran.
ConversionConversion EmoticonEmoticon