Soal Latihan Mandiri Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama PAUD4102

Mei 25, 2017

1. Affective motivation aspect menurut Peter memiliki makna sebagai .....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas silahkan Anda membaca kembali modul 1 KB 1

 A. suatu perhitungan emosi yang akan diakibatkan dari sebuah keputusan yang diambil oleh seseorang 
 B. suatu perhitungan antisipatif dari seseorang terhadap risiko yang mungkin muncul jika dirinya menentukan suatu hal 
 C. suatu pola yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu nilai moral yang didasari oleh dua landasan perhitungan/ penilaian 
 D. suatu pola standar awal yang dimiliki oleh anak usia Taman Kanak-kanak dalam rangka mengembangkan moralitas anak 

A. Tepat karena, emosi mendasari perhitungan ketaatan dan kepatuhan seseorang terhadap sesuatu
B. Kurang tepat karena, perhitungan antisipatif seseorang terhadap resiko yang muncul adalah cognitive motivation aspect
C. kurang tepat karena, pola yang dimiliki seseorang pada suatu nilai moral adalah moral position
D. kurang tepat karena, pola standar awal moral anak TK merupakan standar baku prinsip-prinsip moral yang universal.


2. Berikut adalah tahapan pengembangan moral menurut Dewey, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 1 Kb. 1

 A. Pre convensional 
 B. Autonomous 
 C. Heteronomous 
 D. tingkat konvensional 

A. salah karena, Pre convensional termasuk tahapan perkembangan John Dewey
B. salah karena, Autonomous termasuk tahapan perkembangan John Dewey
C. benar karena, merupakan tahapan perkembangan menurut Piaget
D. salah karena, tingkat konvensional termasuk tahapan perkembangan John Dewey


3. Berikut adalah hal yang harus dilakukan seorang pendidik agar dapat membantu anak didik berhubungan dengan orang lain, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 1 KB. 1

 A. mampu menempatkan dirinya setara dengan anak didik 
 B. dapat menyelami pikiran dan jiwa anak didik 
 C. menunjukkan ketegasan dan kewibawaan sebagai pendidik 
 D. membuat anak dapat menerima pendapatnya 

A. salah karena, jawaban diatas termasuk tugas seorang pendidik dalam membantu anak didiknya berhubungan dengan orang lain
B. salah karena, jawaban diatas termasuk tugas seorang pendidik dalam membantu anak didiknya berhubungan dengan orang lain
C. salah karena, jawaban diatas termasuk tugas seorang pendidik dalam membantu anak didiknya berhubungan dengan orang lain
D. benar karena, jawaban diatas adalah tugas seorang pendidik dalam membentuk sikap dan perilaku anak.


4. Salah satu tujuan pendidikan moral yang dikemukakan oleh Adler adalah ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 1 KB. 2

 A. menjalin hubungan konstruktif antara anak-guru, guru-guru, dan dengan pihak lain 
 B. memberi peluang kepada anak untuk memberi pengamatan 
 C. memberikan dukungan positif kepada anak dengan tindakan guru sebagai model peran yang positif 
 D. dapat beradaptasi pada berbagai situasi dalam relasinya dengan orang lain dan dalam hubungannya dengan kultur lain. 

A. salah karena, pernyataan diatas adalah bentuk kegiatan yang terkait dengan pengambangan pribadi, sosial dan kemasyarakatan
B. salah karena, pernyataan diatas adalah bentuk kegiatan yang terkait dengan pengambangan pribadi, sosial dan kemasyarakatan
C. salah karena, pernyataan diatas adalah bentuk kegiatan yang terkait dengan pengambangan pribadi, sosial dan kemasyarakatan
D. benar karena, jawaban diatas adalah salah satu tujuan pendidikan dan pengembangan moral anak


5. Pembentukan karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan memberi dampak yang sangat besar dalam pembentukan diri anak, Hal ini dapat dilihat pada anak yang diajari iklim kerja keras dan tangggung jawab, maka anak tersebut akan....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 1 KB. 2

 A. belajar memahami tentang bagaimana orang lain memperlakukan dirinya 
 B. menunjukkan prestasi yang tinggi 
 C. membentuk perilaku sosial pada kehidupan masa dewasa 
 D. mengkontrol emosinya dalam kehidupan sehari-hari 

A. salah karena, option diatas merupakan teori psikologi modern
B. benar karena, karakter yang dibentuk tertata dalam pikiran dan hati anak usia dini
C. salah karena, option diatas adalah keadaan yang terus berlanjut dalam pembentukan perilaku sosial anak.
D. salah karena, pembentukan karakter emosi anak


6. Anak yang berfikir heteronomous meyakini bahwa keadilan merupakan sesuatu yang tetap ada Piaget mengistilahkan dengan ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 2 KB.1

 A. otonomus justice 
 B. autonomous morality 
 C. immanent justice 
 D. heteronomous morality 

A. salah karena, otonomus mengganggap hukuman sebagai alat sosial yang bisa dialami dan bisa pula tidak, tergantung ada kondisinya
B. salah karena, anak sudah menyadari bahwa dalam menilai suatu tindakan seseorang harus dipertimbangkan maksud dan perilakunya
C. benar karena, jika aturan dilanggar maka hukuman akan ditimpakan segera
D. salah karena, tahap moralitas yang terjadi pada anak berusia 4 sampai 7 tahun


7. Pada level pertama penalaran moral prakonvensional ada beberapa area perkembangan yang perlu ditingkatkan dalam kegiatan pengembangan anak TK, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda membaca kembali modul 2 KB 1

 A. sosial emosional 
 B. saint 
 C. fisik 
 D. bahasa 

A. salah karena, sosial emosional termasuk area yang perlu ditingkatkan dan dkembangkan anak TK.
B. Benar karena, bukan termasuk level pertama yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan anak TK
C. salah karena, fisik termasuk area yang perlu ditingkatkan dan dkembangkan anak TK.
D. salah karena, bahasa termasuk area yang perlu ditingkatkan dan dkembangkan anak TK.


8. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya, pemahaman terhadap perbedaan ini kepada anak bertujuan ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 2 KB 2

 A. menitikberatkan pada pengembangan kepribadian 
 B. meningkatkan antarbudaya dan membangun sikap toleran 
 C. memberi kesempatan kepada anak untuk memahami satu budaya 
 D. meningkatkan keterampilan berbahasa anak 

A. salah karena, tolak ukur pendidikan dasar dalam sistem pendidikan di Indonesia
B. benar karena, kesempatan anak untuk mengenal berbagai bagian dari keragaman budaya indonesia diperluas
C. salah karena, anak tidak hanya diperkenalkan dengan satu budaya saja yang ada di bangsa indonesia
D. salah karena, kemampuan berbahasa anak dapat digali dengan mengajak anak aktif berkomunikasi dengan lingkungannya


9. Abdullah Nasih Ulwan menjelaskan bahwa salah satu aspek tanggung jawab pendidik terhadap anak didiknya adalah tanggung jawab pendidikan ....
   
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebainya Anda terlebih dahulu membaca modul 2 KB 2

 A. sosial 
 B. kognitif 
 C. moral 
 D. bahasa 

A. benar karena, bertujuan agar anak peka dan kritis terhadap lingkungannya
B. salah karena, bukan merupakan salah satu aspek yang menjadi tantangan seorang pendidik menurut Abdullah Nasih Ulwan
C. salah karena, kemampuan tersebut diajarkan kepada anak melalui pembiasaan-pembiasaan
D. salah karena, dikembangkan dengan mengajak aktif dalam berkomunikasi dengan lingkungannya


10. Kondisi yang menekankan pada pengurangan ajaran nilai, norma dan moral yang ada pada diri seseorang adalah ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 3 Kb 1

 A. disolusi 
 B. resolusi 
 C. disonansi 
 D. resonansi 

A. salah karena, kondisi dimana seseorang terjepit dan tidak memiliki jalan keluar
B. salah karena,situasi yang membuat seseorang membuat gagasan baru dalam hal pendidikan agama
C. benar karena, pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari disonansi
D. salah karena, justru resonansi lah yang mengukuhkan adanya gema atau getar nilai norma dan moral yang telah diketahui


11. Sejak awal kehidupan manusia telah memiliki potensi positif maupun negatif yang tertanam pada dirinya. Peran guru dan orang tua dalam hal ini adalah ....
      
Untuk menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu modul 3 Kb1

 A. mengurangi ketegangan, mengurangi rasa sakit dan menimbulkan kesenangan 
 B. melepaskan energi pada setiap kesempatan yang memungkinkan tanpa penundaan 
 C. mengantisipasi beberapa perilaku positif yang muncul pada anak 
 D. pengkontrol dan pengendali dari perilaku anak didik dalam proses pendidikan 

A. salah karena,bukan merupakan tugas seorang pendidik
B. salah karena,aktivitas yang dilakukan anak ketika bermain
C. salah karena,tanggung jawab orang tua dalam kehidupan anak
D. benar karena,kegiatan diatas merupakan tanggung jawab guru dalam mendidik anak selama anak berada dilingkungan sekolah


12. Jika disonansi diistilahkan sebagai penghalang masuknya nilai-nilai budaya kehidupan, maka resonansi....
      
Untuk menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 3 KB 1

 A. menekankan getar nilai, norma dan moral pada pendidikan 
 B. menghambat getar nilai, kognitif dan moral pada pendidikan 
 C. menghalangi getar nilai, fisik dan moral pada pendidikan 
 D. menguatkan getar nilai, bahasa dan moral pada pendidikan 

A. salah karena, option diatas bukan pengertian dari resonansi
B. salah karena,option diatas bukan pengertian dari resonansi
C. salah karena, option diatas bukan pengertian dari resonansi
D. benar karena, resonansi menguatkan nilai, norma dan moral yang telah diketahui seseorang dari proses pendidikan sebelumnya.


13. Seorang anak yang dilingkungan keluarganya tidak pernah ditegur ketika berbuat salah, maka ia tidak merasa melanggar aturan karena sudah terbiasa dibiarkan oleh orang tuanya. hal tersebut masuk kedalam kategori disonansi ....
      
Untuk menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda membaca kembali modul 3 KB1

 A. sosio politis 
 B. personal 
 C. bawaan ilmu pengetahuan dan pola modernisasi 
 D. kognitif 

A. salah karena, dorongan yang muncul adalah dari pemahaman ilmu ayau pengetahuan yang mantap
B. benar karena,didorong oleh kebiasaan dan budaya yang mengarah pada perbuatan yang negatif dan kurang baik
C. salah karena, didorong oleh munculnya disonansi yang meliputi ras dan kesukuan, nasionalisme.
D. salah karena, didorong oleh keingintahuannya dalam mengakses pada suatu hal.


14. Sebagai guru kita dapat memberikan respon positif terhadap anak didik dengan cara dibawah ini, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 3 Kb2

 A. menghargai dan memuji hasil karya anak 
 B. memberi dukungan moril kepada anak 
 C. menghargai pendapat dan mendekatkan diri pada anak 
 D. memberikan berbagai informasi dan mengajukan beberapa pertanyaan 

A. salah karena, merupakan respon positif guru kepada anak didiknya
B. salah karena, merupakan respon positif guru kepada anak didiknya
C. salah karena, merupakan respon positif guru kepada anak didiknya
D. benar karena, merupakan tugas guru kepada anak didiknya


15. Pembuatan atau cara untuk mendekati suatu aktivitas tertentu disebut ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu modul 4 KB1

 A. persamaan 
 B. persatuan 
 C. pendekatan 
 D. penjajakan 

A. salah karena, persamaan merupakan cara agar seseorang tidak merasakan perbedaan dengan yang lain  
B. salah karena, persatuan merupakan cara agar dapat melakukan sesuatu secara bersama-sama
C. benar karena, pendekatan merupakan proses perjalanan waktu, pendekatan upaya untuk mencapai sesuatu
D. salah karena, penjajakan adalah cara untuk mengenali suatu kegiatan atau aktivitas


16. Berikut ini adalah faktor yang melandasi keputusan profesional dalam memilih pendekatan pendidikan, kecuali pengetahuan tentang ....
      
Untuk menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 4 KB1

 A. sosial kultural dimana anak hidup 
 B. proses kegiatan belajar mengajar 
 C. belajar dan perkembangan anak 
 D. kekuatan, minat dan kebutuhan setiap individu anak dalam kelompok 

A. salah karena,merupakan keputusan yang harus diambil oleh orangtua dan guru
B. Benar karena, guru harus mempersiapkan proses kegiatan belajar mengajar agar setiap kegiatan menjadi bermakna
C. salah karena,merupakan keputusan yang harus diambil oleh orangtua dan guru
D. salah karena, merupakan keputusan yang harus diambil oleh orangtua dan guru


17. Pada saat orang tua melihat anak mencoret-coret tembok, guru menegur dengan memberi pujian " warna lukisanmu bagus sekali, coba melukisnya diatas kertas gambar, pasti lebih bagus". contoh diatas adalah teknik membentuk tingkah laku anak dengan ....
      
Untuk menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 4 KB 1

 A. memuji 
 B. mengubah lingkungan rumah 
 C. peringatan atau isyarat 
 D. mengajak 

A. Benar karena, pujian memberikan rasa berharga, mampu dan percaya diri pada anak
B. salah karena, mengubah lingkungan rumah merupakan tindakan untuk mencegah tingkah laku negatif anak
C. salah karena, isyarat bersifat objektif, sedangkan omelan bersifat emosional
D. salah karena, mengajak merupakan cara yang dapat mempengaruhi anak untuk melakukan sesuatu yang membangkitkan perasaan, dorongan dan cita-cita daripada logika / intelektual


18. Salah satu manfaat bercerita adalah guru dapat mengembangkan daya ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul

 A. imajinasi anak 
 B. pikir anak 
 C. halusinasi anak 
 D. ingat anak 

A. Benar karena, dengan mendengarkan cerita anak dapat meningkatkan daya khayalnya sesuai dengan isi cerita yang di dengar
B. salah karena, merupakan salah satu aktivitas dalam kegiatan bercerita
C. salah karena,merupakan salah satu aktivitas dalam kegiatan bercerita
D. salah karena,merupakan salah satu aktivitas dalam kegiatan bercerita


19. Untuk menunjukkan perwatakan dalam suatu cerita sesungguhnya guru dapat menggunakan media, maka teknik bercerita yang digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu modul 4KB2

 A. dongeng 
 B. ilustrasi dari buku 
 C. boneka
 D. papan flanel 

A. salah karena, dengan dogeng anak tidak dapat melihat tokoh cerita tetapi hanya dapat membayangkan saja
B. salah karena,dengan ilustrasi dari buku anak tidak dapat memegang atau melihat dan memegang tokoh dalam cerita tersebut
C. benar karena, anak lebih dapat lebih jelas melihat tokoh dalam cerita tersebut tanpa harus membayangkannya
D. salah karena, dengan papan flanel tokoh yang diceritakan dapat anak lihat bentuknya tetapi media ini mudah rusak sehingga tidak tahan lama.


20. Pendekatan pembelajaran yang mudah membuat anak senang dan gembira adalah ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 4 Kb2

 A. karyawisata 
 B. dongeng 
 C. sajak 
 D. bernyanyi 

A. salah karena, karyawisata dapat membangkitkan anak pada suatu hal
B. salah karena, anak dapat diajak untuk mendengarkan secara serius dan menyimpulkan sesuatu
C. salah karena, sajak dapat membawa anak kedalam suasana indah, halus dan menghargai sebuah seni
D. Benar karena, secara nyata pendekatan pembelajaran bernyanyi mampu membuat anak senang dan bergembira


21. Dibawah ini adalah program perilaku anak TK yang dilakukan dengan pembiasaan, kecuali ....
      
Untuk menjawab pertanyaan diatas sebaiknya terlebih dahulu Anda membaca modul 5 Kb 2

 A. berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan 
 B. menjenguk teman sakit 
 C. menyerobot pada saat antri mainan dengan temannya 
 D. bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan 

A. salah karena, merupakan pembiasaan yang diajarkan kepada anak
B. salah karena,merupakan pembiasaan yang diajarkan kepada anak
C. benar karena, merupakan tugas guru untuk menanamkan sikap tengang rasa
D. salah karena,merupakan pembiasaan yang diajarkan kepada anak


22. Untuk menumbuhkan sikap sopan santun pada anak guru dapat mengajarkannya dengan ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 5 KB2

 A. mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain 
 B. mengenal arti kebersamaan dan persatuan 
 C. bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan 
 D. berdoa sebelum dan sesudah memulai kegiatan 

A. benar karena,mengucapkan salam berarti kita menghargai orang berada disekitar kita
B. salah karena, merupakan sikap tenggang rasa
C. salah karena,merupakan sikap tanggungjawab anak terhadap pekerjaannya
D. salah karena,merupakan pembiasaan hidup teratur dan disiplin


23. Kegiatan yang dilakukan oleh anak usia 4-5 tahun yang terdapat pada materi inti pengembangan moral dari menu pembelajaran anak usia dini adalah ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 5 Kb1

 A. meniru gerakan beribadah dengan tertib 
 B. membantu pekerjaan ringan orang dewasa 
 C. menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak 
 D. mengikuti nyanyian lagu agama 

A. salah karena,pengembangan moral untuk anak usia 3-4 tahun
B. benar karena,pengembangan moral untuk anak usia 4-5 tahun
C. salah karena,pengembangan moral untuk anak usia 5-6 tahun
D. salah karena,pengembangan moral untuk anak usia 5-6 tahun


24. Untuk mengenalkan aturan bermain didapur, guru dan orang tua dapat memperkenalkan hal-hal berikut kecuali ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul

 A. tidak mengganggu ibu atau pembantu yang sedang bekerja 
 B. menekankan pentingnya berperilaku sopan diatas meja makan 
 C. tidak bercanda seperti mendorong atau berlari-lari yang dapat menyenggol benda yang ada didapur 
 D. memperlihatkan benda-benda didapur yang dapat membahayakan 

A. salah karena, pernyataan diatas merupakan kegiatan didapur
B. benar karena, merupakan tata cara sopan satun diatas meja makan
C. salah karena, kegiatan yang bisa mencelakakan diri ketika berada didapur
D. salah karena, agar anak tau mana benda yang boleh digunakan dan mana yang tidak kegiatan memperkenalkan berbagai macam alat-alat yang ada didapur sebelum anak mulai aktifitas didapur


25. Pada saat kegiatan bercerita selesai, guru meminta anak menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan, hal ini termasuk dalam melatih anak agar memiliki sikap ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 5 KB2

 A. sosialisasi 
 B. tenggang rasa dan toleransi 
 C. mampu mengendalikan emosi 
 D. berani, bangga, bersyukur dan tanggung jawab 

A. salah karena, guru dapat membiasakan anak dengan membacakan tulisan dan mengajak anak mengulanginya
B. salah karena,guru dapat meminta anak untuk menentukan gambar yang menunjukkan perilaku baik
C. benar karena, karena anak diminta memberikan pendapatnya terhadap gambar yang diperlihatkan kepadanya
D. salah karena, guru dapat menanmkan pentingnya mematikan keran air setelah digunakan


26. Dibawah ini adalah fungsi penilaian, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul

 A. sebagai bahan masukan bagi pihak lain yang memerlukan pembinaan selanjutnya 
 B. memberikan informasi kepada orang lain tentang ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anaknya 
 C. sebagai pertimbangan untuk menetapkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan niat dan kemampuan anak 
 D. mengetahui ketercapaian kemampuan yang telah ditetapkan dalam GBPKB TK 

A. salah karena, pernyataan diatas merupakan fungsi penilaian
B. salah karena, pernyataan diatas merupakan fungsi penilaian
C. salah karena, pernyataan diatas merupakan fungsi penilaian
D. Benar karena, penyataan diatas adalah tujuan dari penilaian


27. Prinsip yang berorientasi pada proses dan tujuan, penilaian di TK dilaksanakan dengan .....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 6 KB1

 A. bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan hasil belajar 
 B. berorientasi pada tujuan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak 
 C. memperhatikan kesesuaian antara apa yang diajarkan di TK dengan laporan yang dibuat 
 D. memberikan gambaran sejauh mana penguasaan bahan belajar yang disampaikan guru selama proses pembelajaran 

A. salah karena, merupakan prinsip menyeluruh dari penilaian
B. Benar karena, penyataan diatas merupakan salah satu dari 7 prinsip penilaian
C. salah karena, merupakan prinsip kesesuaian dari penilaian
D. salah karena, merupakan prinsip kesinambungan dari penilaian


28. Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan lembar pengamatan, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 6 Kb1

 A. memberi kesempatan untuk anak dalam mempertahankan atau mempertanggungjawabkan pendapat 
 B. diadakan pembatasan agar jumlahnya tidak terlalu banyak 
 C. disepakati bersama sehingga siapapun yang menggunakannya tidak mengalami kesulitan 
 D. mewakili keseluruhan tingkah laku atau kemampuan yang akan dinilai 

A. benar karena, penyataan diatas merupakan bentuk kegiatan aktivitas belajar mengajar
B. salah karena, pernyataan diatas merupakan salah satu yang harus diperhatikan dalam membuat lembar pengamatan
C. salah karena, pernyataan diatas merupakan salah satu yang harus diperhatikan dalam membuat lembar pengamatan
D. salah karena, pernyataan diatas merupakan salah satu yang harus diperhatikan dalam membuat lembar pengamatan pernyataan diatas merupakan salah satu yang harus diperhatikan dalam membuat lembar pengamatan


29. Penilaian kegiatan bercerita yang dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan teknik ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 6 Kb2

 A. bertanya 
 B. observasi 
 C. pemberian tugas 
 D. portofolio 

A. benar karena, teknik bertanya berguna untuk mengetahui sejauh mana anak memahami isi cerita
B. salah karena, aktivitas yang dilakukan guru untuk mengamati anak pada saat kegiatan belajar
C. salah karena, aktivitas yang dilakukan guru untuk mengamati anak pada saat kegiatan belajar
D. salah karena, kumpulan hasil karya anak yang dilakukan sejak anak masuk sekolah


30. Pendidikan nilai-nilai keagamaan dalam landasan yuridis berfungsi untuk ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu modul 7 KB1

 A. membangun pondasi yang kokoh bagi pendidikan selanjutnya 
 B. mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang memahami nilai-nilai ajaran agama 
 C. meletakkan kerangka kehidupan dalam tatanan masyarakat 
 D. menanamkan sifat saling menghormati antar suku bangsa dan agama 

A. Salah karena, merupakan landasan filosofis esensi pengembangan nilai agama pada anak
B. benar karena, merupakan fungsi dari pendidikan nilai-nilai agama
C. salah karena, merupakan landasan sosiologis dalam pengembangan esensi pendidikan agama pada anak
D. salah karena, merupakan landasan sosiologis dalam pengembangan esensi pendidikan agama pada anak


31. Guru dapat memberikan kegiatan pembelajaran nilai-nilai keagamaan anak TK dengan cara ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya terlebih dahulu Anda membaca kembali modul 7 KB 2

 A. membereskan mainan setelah digunakan 
 B. memberikan pembiasaan berdoa sebelum melakukan pekerjaan 
 C. mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kita 
 D. membiasakan mandi sendiri sebelum berangkat sekolah 

A. salah karena, pembiasaan yang dilakukan guru untuk mengajarkan anak disiplin
B. benar karena, pembiasaan yang dilakukan guru untuk mengenalkan anak dengan agama
C. salah karena, pembiasaan yang dilakukan guru untuk mengajarkan anak sopan terhadap orang disekitarnya
D. salah karena, pembiasaan yang dilakukan guru untuk mengenalkan kebersihan kepada anak


32. Pada hakekat belajar nilai-nilai keagamaan, peragaan mengandung makna ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul 7 KB2

 A. memberikan hasil dan pengalaman belajar yang mendalam bagi anak 
 B. menunjukkan keaktifan anak yang tumbuh atas dorongan dari dalam dirinya sendiri 
 C. anak dapat menangkap suatu pesan atau informasi secara langsung dan kongkret 
 D. anak dapat menikmati gerakkan yang diperagakan oleh guru 

A. salah karena, merupakan prinsip bermain sambil belajar dalam memberikan nilai-nilai keagamaan merupakan prinsip bermain sambil belajar dalam memberikan nilai-nilai keagamaan
B. salah karena, merupakan prinsip oktoaktivitas dalam memberikan nilai-nilai keagamaan
C. Benar karena, merupakan penjelasan dari prinsip peragaan nilai-nilai keagamaan
D. salah karena, merupakan prinsip pengamatan dalam memberikan nilai-nilai keagamaan


33. Dibawah ini adalah dampak positif dari target mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada anak TK, kecuali ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul 7KB 2

 A. akal pikiran 
 B. fisik 
 C. kemampuan bersosialisasi 
 D. kemampuan berbahasa 

A. salah karena, merupakan dampak positif dari pembelajran agama yang diberikan guru
B. salah karena, merupakan dampak positif dari pembelajran agama yang diberikan guru
C. salah karena, merupakan dampak positif dari pembelajran agama yang diberikan guru
D. benar karena, bukan merupakan dampak positif dari pembelajran agama yang diberikan guru


34. Guru dan orang tua dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak hendaknya memiliki tujuan khusus dengan melihat aspek-aspek dibawah ini, kecuali aspek ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul 8 KB 1

 A. usia 
 B. sosial 
 C. fisik 
 D. psikis 

A. salah karena, merupakan penentuan tujuan khusus pengembangan nilai-nilai agama
B. benar karena,bukan merupakan penentuan tujuan khusus pengembangan nilai-nilai agama
C. salah karena,merupakan penentuan tujuan khusus pengembangan nilai-nilai agama
D. salah karena, merupakan penentuan tujuan khusus pengembangan nilai-nilai agama


35. Tujuan guru melakukan penanaman nilai-nilai agama bagi anak TK adalah ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul 8 KB 2

 A. membentengi anak dari pengaruh lingkungan yang negatif 
 B. membantu anak berfikir lebih matang 
 C. membantu perkembangan bahasa anak 
 D. membantu anak meningkatkan kreatifitas 

A. benar karena, dengan belajar agama anak dapat membedakan perbuatan yang baik dan buruk
B. salah karena, proses pengembangan kemampuan intelektual anak secara umum
C. salah karena, proses pengembangan bahasa anak secara umum
D. salah karena, guru dapat memberikan kegiatan yang dapat mengembangan kemampuan kreatifitas anak


36. Landasan utama penanaman esensi nilai-nilai keagamaan kepada anak usia TK adalah ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul

 A. keluarga 
 B. guru 
 C. teman 
 D. lingkungan 

A. benar karena, keluarga atau orang tua adalah orang yang paling dekat dengan anak
B. salah karena, merupakan pengganti orang tua ketika anak berada disekolah
C. salah karena, merupakan lingkungan social yang anak temui setelah berada diluar rumah
D. salah karena, faktor yang dapat memberikan anak pengalaman yang baik dan buruk


37. Penanaman nilai-nilai agama pada anak akan muncul manakala anak sering melihat dan terlibat dalam acara-acara keagamaan seperti ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul 8 Kb1

 A. melakukan peribadatan 
 B. bimbingan dan penyuluhan 
 C. renungan dan intropeksi 
 D. pendidikan budi pekerti 

A. benar karena, setelah anak melihat orang dewasa melakukan peribadatan baru anak akan berfikir untuk ikut melakukannya
B. salah karena, pada usia dini anak belum dapat melakukan bimbingan atau penyuluhan melainkan hanya bertanya kepada orang dewasa
C. Salah karena, anak belum dapat merenung pada usia ini
D. salah karena, ini adalah pembiasaan yang dilakukan orang dewasa kepada anak agar anak memiliki akhlak yang baik


38. Pada saat mengajarkan nilai-nilai agama pada anak TK hendaknya guru harus menguasai terlebih dahulu materi yang akan diajarkan karena pada usia TK anak banyak belajar dari apa yang mereka lihat. Kondisi diatas menjelaskan bahwa anak bersifat ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul 8 KB 2

 A. misunderstand 
 B. ritualis 
 C. imitative 
 D. egosentris 

A. Salah karena, terjadi salah persepsi ketika anak belajar memahami makna dari sebuah ajaran
B. salah karena, pada usia prasekolah melakukan sesuatu secara berulang-ulang adalah suatu keharusan dan kesenangan
C. benar karena, pada usia ini anak banyak meniru dari apa yang pernah dilihat sebagai sebuah pengalaman belajar
D. salah karena, anak pada usia ini lebih mementingkan kepentingan dan kemauannya sendiri


39. Materi pembelajaran yang bersifat terapan dan sangat dibutuhkan untuk beraktivitas dalam kehidupan anak adalah ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul 8 KB 2

 A. enjoyable 
 B. aplikasi 
 C. mudah dimengerti 
 D. mudah ditiru 

A. salah karena, kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan anak dan membuat anak bahagia
B. benar karena, aplikasi merupakan konseptual pengetahuan agama seperti berdoa, memberi salam
C. salah karena, setiap penjelasan kegiatan yang guru berikan kepada anak harus mudah dimengerti
D. salah karena, materi yang diberikan dapat dilakukan sesuai kemampuan anak


40. Untuk memantau proses perkembangan dan kemajuan anak dalam mengikuti program yang disiapkan guru maka prinsip materi pengembangan agama yang perlu dilakukan guru yaitu ....
   
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca kembali modul 8 KB 2

 A. keteladanan dari lingkungan dan orang tua dan keluarga 
 B. monitoring yang rutin 
 C. penekanan pada aktivitas sehari-hari 
 D. kesesuaian dengan kurikulum spiral 

A. Salah karena, partisipasi orang tua dalam program pembelajaran disekolah sangat diharapkan
B. benar karena,peranan monitoring membantu untuk memperoleh data akurat dalam rangka perbaikan dan perkembangan anak
C. salah karena, pembentukan kepribadian anak pada bidang kehidupan anak
D. salah karena, penyampaian oleh guru dan orang tua dalam nilai-nilai agama dilakukan bertahap


41. Dalam menyiapkan kegiatan harian guru mengembangkan materi nilai-nilai agama yang disisipkan melalui pengembangan bidang kemampuan dasar lainnya, kegiatan tersebut disebut juga dengan kegiatan yang ....
      
Untuk menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 9 KB 1

 A. rutinitas 
 B. khusus 
 C. umum 
 D. terintergrasi 

A. salah karena, kegiatan harian yang dilaksanakan secara terus menerus namun terprogram
B. salah karena, program kegiatan belajar yang berisi pengembangan nilai agama
C. salah karena, kegiatan yang dilakukan pada pembelajaran
D. benar, karena, program ini meliputi pengembangan materi nilai-nilai agama yang disesuaikan dan dihubungkan pada kemampuan dasar lainnya


42. Dibawah ini adalah beberapa tujuan dari pembuatan SKH, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul

 A. proses kegiatan belajar mengajar akan lebih lancar 
 B. guru dapat mengajarkan materi yang diinginkan sesuai perkembangan situasi dikelas 
 C. guru dapat menggunakan media secara integral 
 D. guru dapat menghindari diri dari lupa dan kebimbangan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung 

A. salah karena,bukan merupakan tujuan dari SKH
B. Benar karena, merupakan salah satu tujuan dari SKH
C. Salah karena,bukan merupakan tujuan dari SKH
D. salah karena,bukan merupakan tujuan dari SKH


43. Salah satu langkah pembuatan perencanaan Satuan Kegiatan Mingguan adalah ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 9 KB 2

 A. memilih dan menentukan kegiatan berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai dan mengintegrasikan dengan materi nilai-nilai ajaran agama 
 B. memilih tema sesuai dengan keinginan guru serta menggunakannya hingga waktu yang lama 
 C. mendistribusikan kemampuan yang harus dikuasai anak dalam satu bulan untuk setiap sub tema 
 D. memberikan tanda ceklis (V) pada setiap kemampuan dan tema yang disukai oleh guru, dan membaginya untuk setiap 3 bulan sekali. 

A. benar karena, merupakan salah satu langkah pembuatan perencanaan SKM
B. salah karena, bukan merupakan salah satu langkah pembuatan perencanaan SKM
C. salah karena, bukan merupakan salah satu langkah pembuatan perencanaan SKM
D. salah karena, bukan merupakan salah satu langkah pembuatan perencanaan SKM


44. Berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran yang telah dibuat guru melalui kajian empirik, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 10 KB 1

 A. kesinambungan antara program satu dengan program lainnya 
 B. melalukan pendekatan terpadu 
 C. menyiapkan kurikulum yang komprehensif 
 D. mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak didik 

A. salah karena, merupakan persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran
B. benar karena, bukan merupakan persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran
C. salah karena bukan merupakan persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran
D. salah karena bukan merupakan persyaratan untuk melaksanakan program pembelajaran


45. Yang melatarbelakangi perlunya inovasi dalam pengembangan pembelajaran di TK adalah ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul

 A. munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan sarana yang ada dilingkungan penyelenggara pendidikan 
 B. ketidakseragaman dalam pencapaian target kompetensi standar pengembangan nilai-nilai agama bagi anak 
 C. penerapan metode yang tidak sesuai dengan perkembangan anak 
 D. sikap anak yang tidak perduli dan antusias dalam mengikuti program pengembangan karena terkesan dipaksakan 

A. benar karena, kekuranglengkapan yang ada didalam lingkungan penyelenggara pendidikan
B. salah karena yang melatabelakangi terbentuknya kurikulum terpadu
C. salah karena yang melatabelakangi terbentuknys pendekatan pembelajaran terpadu
D. salah karena, yang melatabelakangi terbentuknya hari terpadu


46. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk melakukan inovasi pendekatan dan pengembangan nilai-nilai agama pada anak TK, kecuali ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 10 Kb 2

 A. menggunakan berbagai media dan sumber belajar 
 B. kesesuaian dengan keinginan anak 
 C. lingkungan yang kondusif 
 D. menggunakan pembelajaran terpadu 

A. salah karena, termasuk pendekatan pembelajaran dalam pengembangan nilai agama
B. benar karena,bukan termasuk pendekatan pembelajaran dalam pengembangan nilai agama
C. salah karena, termasuk pendekatan pembelajaran dalam pengembangan nilai agama
D. salah karena, termasuk pendekatan pembelajaran dalam pengembangan nilai agama


47. Berikut adalah beberapa langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang kita lakukan, kecuali ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 11 Kb 1

 A. lakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara yang anak pilih 
 B. kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri 
 C. biasakan anak memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan bergelut dengan ide dan gagasan 
 D. kembangkan sifat rasa ingin tahu anak dengan memancing mereka untuk bertanya 

A. salah karena, merupakan langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan
B. salah karena, merupakan langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan
C. benar karena, bukan merupakan langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan melainkan pendekatan kontektual membiasakan diri
D. salah karena, merupakan langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan


48. Untuk dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi guru dapat mengangkat tema pembelajaran dengan bercerita terlebih dahulu kepada anak misalnya tema matahari, bulan dan bintang. kemudian guru mengambil salah satu untuk dijadikan topik pembicaraan dengan anak bertanya manfaat serta keindahannya. dalam kegiatan tersebut guru sedang melakukan pendekatan ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 11 KB 1

 A. karyawisata 
 B. keteladanan 
 C. demonstrasi 
 D. bercakap-cakap 

A. salah karena, kunjungan langsung keobjek-objek wisata yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan
B. salah karena, pengembangan nilai-nilai agama kepada anak yang dicontohkan oleh guru
C. salah karena, pendekatan yang dilakkukan guru dengan mmeperagakan suatu objek
D. Benar karena, kegiatan percakapan antara guru dan anak tentang suatu tema tertentu


49. Karakteristik penilaian yang ideal adalah ....
      
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 12 Kb 1

 A. dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung 
 B. dilakukan hanya pada saat pembukaan pembelajaran 
 C. dilakukan pada saat guru melakukan umpan balik tentang materi pembelajaran 
 D. dilihat pada kemampuan dan kecepatan anak menyelesaikan tugas 

A. benar karena, untuk mengetahui perkembangan anak secara keseluruhan
B. salah karena, penilaian pada saat kegiatan pembelajaran
C. salah karena, penilaian pada saat kegiatan pembelajaran
D. salah karena, penilaian tugas pada saat kegiatan pembelajaran


50. Guru dapat melakukan penilaian terhadap anak didik dengan melihat seluruh hasil karya anak dan dengan melihat kinerja anak dalam melakukan kegiatan. dalam hal ini guru melakukan instrumen penilaian dengan mengacu pada ....

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca modul 12 Kb 1

 A. produk 
 B. observasi 
 C. performance 
 D. pengukuran 

A. salah karena, mengacu pada hasil
B. salah karena, mengacu pada pengamatan yang dilakukan guru
C. benar karena, mengacu pada hasil kinerja anak
D. salah karena, mengacu pada waktu yang digunakan anak dalam menyelesaikan tugasnya


Artikel Terkait

Previous
Next Post »