Soal Latihan Mandiri Pengembangan Bahan Ajar IDIK4009

Mei 17, 2017

1. Buku-buku yang berisi materi pelajaran yang dijual bebas dapat disebut sebagai bahan ajar apa bila...

 A. Dapat membantu pemahaman orang yang membacanya 
 B. Ada penjelasan tentang tujuan Pembelajaran 
 C. Dilengkapi dengan pedoman belajar bagi guru dan siswa 
 D. Dikembangkan untuk membantu proses belajar 

A. Salah, sebab bahan ajar dikembangkan untuk sasaran yang sudah jelas
B. Salah, sebab banyak buku teks yg sudah mencantumkan tujuan mempelajari buku
C. Benar, sebab yang namanya Bahan ajar biasanya dilengkapi dengan pedoman bagi orang yang mengajarakannya dan bagi yang membacanya
D. Salah, sebab buku teks dikembangkan untuk siapa saja yang berminat dan membutuhkannya


2. Bahan ajar yang baik harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut …

  1. Dirancang dengan sengaja secara sistematis
 Correct
Incorrect
   2. Berisi materi/informasi yang dapat menambah wawasan siswa 
 Correct
Incorrect
   3. Ditulis untuk kepentingan proses pembelajaran siswa tertentu. 
 Correct
Incorrect
 

1 dan 3 Betul, sebab bahan ajar harus dikembangkan secara sistematik dengan sasaran yang sudah jelas.


3. Menurut Rowntree, berdasarkan sifatnya jenis bahan ajar dibagi dalam empat kelompok, beberapa diantaranya adalah kelompok ...

  1. audio video 
 Correct
Incorrect
   2. berbasis cetak 
 Correct
Incorrect
   3. berbasis teknologi 
 Correct
Incorrect
 

2 dan 3 benar karena Rowntree mengelompokkan bahan ajar diantaranya kelompok berbasis cetak dan kelompok berbasis teknologi.


4. Bahan ajar cetak mempunyai banyak kelebihan sebagai berikut, salah satu kelebihan bahan ajar yang paling tepat adalah ....

 A. dapat menampilkan gambar/ilustrasi yang berwarna 
 B. tidak memerlukan alat khusus untuk memanfaatkannya 
 C. memberikan umpan balik secara langsung 
 D. tidak menyajikan informasi yang bergerak 

A. Salah, sebab ilustrasi/gambar yang ada dalam BA tidak semuanya berwarna
B. Benar, sebab bahan ajar cetak dapat dimanfaatkan dimanfaatkan kapan saja tanpa menggunakan alat bantu
C. Salah , sebab bahan ajar cetak tidak dapat memberikan umpan balik secara langsung
D. Salah, sebab BA cetak tidak menyajikan informasi yang ber,,,,


5. Salah satu jenis bahan ajar non-cetak yang penggunaannya tidak memerlukan alat proyeksi adalah …
  
 A. Realia 
 B. Audio 
 C. OHP 
 D. Video 

A. Benar, sebab realia adalah BA yang bersidat nyata dan penggunaannya tak memerlukan alat proyeksi
B. salah, sebab audio kaset adalah bahan acar non cetak yang penggunaanya memerlukan alat lain yaitu tape recorder
C. Salah, sebab OHP adalah BA non cetak yang memerlukan proyektor
D. Salah, sebab video disajikan dengan menggunakan proyektor


6. Dengan adanya bahan ajar proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif karena …

 A. siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja 
 B. guru tidak perlu menjelaskan semua materi dalam bahan ajar 
 C. guru dapat memberikan tugas-tugas yang lebih banyak pada siswa 
 D. waktu belajar dikelas dapat dimanfaatkan untuk tanya jawab dan diskusi 

A. Salah, sebab efektif tidaknya bahan ajar dilihat dari kemanfaatannya dalam proses pembelajaran
B. Salah, sebab efektifitas pembelajaran tidak dilihat dari banyaknya materi yang disajikan dalam Bahan ajar
C. Salah, sebab dengan adanya bahan ajar tak berarti …
D. Benar, sebab dengan adanya BA siswa dapat mempelajari materi pelajaran terlebih dahulu sehingga waktu dikelas dapat digunakan untuk tugas-tugas lain


7. Ketika merancang paket bahan ajar, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah memilih media dan sumber belajar. Kegiatan ini dapat dilakukan bila …
  
 A. analisis pembelajaran telah dikembangkan 
 B. tujuan pembelajaran sudah jelas 
 C. sasaran yang akan menggunakan media jelas 
 D. waktu kegiatan pembelajaran memungkinkan 

A. Salah, sebab pemilihan media yang tepat untuk bahan ajar tdk ditentukan oleh ketersediaan …
B. Benar, sebab pemilihan media yang tepat untuk bahan ajar dapat dilakukan bila tujuan sudah jelas
C. Salah sebab, pemilihan media sebagai paket bahan tidak ditentukan …
D. Salah, sebab pemilihan media utk paket bahan ajar tdk berdasarkan pada lamanya waktu pembelajaran


8. Langkah keempat dalam mengembangkan Bahan Ajar adalah evaluasi. Kegiatan evaluasi tersebut dimulai dengan melakukan….
  
 A. Uji coba oleh siswa satu persatu 
 B. Penelaahan oleh ahli media 
 C. Uji coba lapangan 
 D. Penelaahan oleh ahli materi 

A. Salah, sebab kegiatan evaluasi bahan ajar tdk dimulai dengan uji coba kelompok kecil
B. Salah, sebab kegiaatan evaluasi bahan ajar tidak dimulai oleh penelaahan ahli media
C. Salah, sebab kegaiatan evaluasi bahan ajar dimulai dengan kegiatan penelaahan oleh ahlinya baru kemudian diujicoba
D. Benar, sebab kegiatan evaluasi bahan ajar dimulai dengan melakukan penelaahan materi oleh ahli materi


9. Faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih media sebagai paket bahan ajar adalah media tersebut …
  
 A. memudahkan mahasiswa belajar sendiri atau kelompok 
 B. menghilangkan kejenuhan mahasiswa dalam belajar 
 C. memfasilitasi pemberian umpan balik kepada mahasiswa 
 D. memungkinkan dimiliki oleh mahasiswa 

A. Salah, sebab faktor utama pemilihan media sbg paket BA adalah media tersebut diharapkan dapat meningkatkan interaksi /partisipasi siswa dalam pembelajaran
B. Salah, sebab media digunakan sebagai paket BA bukan semata-mata untuk menghilangkan kejenuhan siswa
C. Benar, sebab media yang tepat digunakan dlm paket bahan ajar adalah media yang memungkinkan adanya interaksi antara siswa dan materi ajar
D. Salah, sebab


10. Pengembangan Bahan Ajar yang baik,harus memperhatikan faktor kecermatan isi artinya ….
  
 A. penyajian materi mudah dipahami dan dipelajari mahasiswa 
 B. menggunakan format penulisan yang sesuai dengan standar penulisan bahan ajar 
 C. cakupan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran 
 D. sesuai dengan sistem nilai yang berlaku didalam masyarakat 

A. Salah, sebab kecermatan isi tdk berhubungan dengan masalah mudah tidaknya materi ajat dipahami siswa
B. Salah, sebab format penulisan yang sesuai dengan standar tdk termasuk dalam faktor kecermatan isi
C. Salah, sebab kecermatan isi tidak diukur dari ada tidaknya  tujuan pembelajaran dalam matakuliah tersebut
D. Benar, sebab bahan ajar dikatakan memiliki kecermatan isi bila materi yang dikembangkan sesuai dengan nilai yang berlaku dimasyarakat


11. Cakupan isi bahan ajar dikatakan sudah tepat apabila .....
  
 A. Menyajikan materi yang sesuai kebutuhan siswa 
 B. Keluasan dan kedalaman materi sesuai dengan bidang ilmu 
 C. Materi mudah dipahami oleh siswa 
 D. Dilengkapi dengan peta konsep seluruh materi yang disajikan 

A. Salah, sebab cakupan bahan ajar yang baik berhubungan dengan dalam tidaknya isi BA
B. Benar, sebab tepat tidaknya isi cakupan BA dapat dilihat dari keluasan dan kedalaman materi yang sesuai dengan bidang ilmu
C. Salah, sebab ketepatan cakupan isi tdk berhub dengan mudah tidaknya BA tsb. dipahami oleh siswa
D. Salah, sebab ada tidaknya peta konsep dalam bahan ajar tdk menandakan BA tsb. memiliki cakupan isi yang tepat


12. Bahan ajar yang baik harus memiliki tingkat ketercernaan yang tinggi. Ciri-cirinya dalam bahan ajar tersebut ada penjelasan tentang .....

   1. Relevansi antar topik 
 Correct
Incorrect
   2. Manfaat dan kegunaannya dalam pembelajaran 
 Correct
Incorrect
   3. Konsep isi bahan ajar secara utuh 
 Correct
Incorrect

1 dan 2 benar, sebab ketercernaan BA berhub dengan isi yang relevan dan memiliki tingkat kegunaan yang tinggi dlm pembelajaran


13. Penempatan tata letak bahan ajar yang berhubungan dengan judul, isi, contoh, latihan dan tugas berhubungan dengan faktor...
  
 A. ketercernaan bahan ajar
 B. ketepatan cakupan
 C. perwajahan / pengemasan 
 D. validitas isi

A. Salah karena ketercernaan bahan ajar berhubungan dengan penyajian materi yang logis, sistematik, mudah dipahami, dan alat bantu belajarnya.
B. Salah, sebab ketepatan cakupan berhububngan dengan isi bahan ajar dari sisi kedalaman isi dan keutuhan konsep. 
C. Betul, sebab penempatan tata letak topik, isi, judul berhubungan dengan masalah perwajahan.
D. Salah, sebab validitas isi termasuk bagian dari kecermatan isi bahan ajar.


14. Untuk membantu mahasiswa agar mudah mempelajari dan memahami modul perlu dilakukan hal berikut yaitu ....
  
 A. Mengulang-ulang bagian materi yang sulit 
 B. Dilengkapi ilustrasi yang menarik 
 C. Dilengkapi alat bantu belajar 
 D. Menjelaskan manfaat mempelajari modul 

A. Betul, sebab untuk memudahkan mahasiswa memahami materi modul salah satunya dengan cara mengulang-ulang informasi/materi yang dianggap penting
B. Salah, sebab walaupun ilustrasi penting namun yang utama adalah materi ajarnya
C. Salah, walaupun alat buntuk memlepakari bahan ajar juga penting namun lebih diutamakan adalah konsep materi ajar yang jelas
D. Salah, sebab walaun dalam bahan ajar penjelasan tentang manfaat mempelajari modul perlu dijelaskan namun yang lebih penting adalah materi ajarnya yang jelas


15. Menurut Rowntree untuk menentukan isi materi bahan ajar perlu dikembangkan terlebih dahulu .....
  
 A. daftar isi bahan ajar 
 B. bentuk bahan ajar yang akan dikembangkan 
 C. garis besar materi 
 D. tujuan pembelajaran 

A. Salah, sebab daftar isi bahan ajar dapat dibuat materi bahan ajarnya sudah jelas
B. Salah, sebab bentuk bahan ajar yang akan dikembangkan dapat diketehui bila GBPP telah dibuat
C. Benar, sebab materi bahan ajar dapat diketahui bila GBPP sudah dibuat
D. Salah, sebab handout dapat dikembangkan bila materi bahan ajar sudah jelas


16. Bahan ajar berbentuk handout perlu dikembangkan dengan tujuan untuk ...
  
 A. Melengkapi kekurangan isi modul 
 B. Memperjelas isi modul 
 C. Menambah alat penilaian 
 D. Menambahan materi utama 

A. Betul, sebab materi handout pada dasarnya dikembangkan untuk melengkapi materi ajar yang belum jelas atau kurang
B. Salah, sebab handout telah dikembangkan untuk memperjelas modul
C. Salah, sebab tujuan utama pengembangan handout untuk memperjelas materi utama bukan sebagai alat evaluasi
D. Salah, sebab tujuan utma pengembangan handout adalah memperjelas materi yang sudah ada dlm bahan ajar


17. Pengembangkan handout dimulai dengan mengevaluasi bahan ajar yang tujuannya adalah untuk menentukan ….
  
 A. urutan cara mempelajari handout 
 B. materi/ isi yang akan dikembangkan 
 C. cara penyajian yang menarik 
 D. bentuk–bentuk penyajian 

A. Salah, sebab evaluasi bahan ajar dilakukan bukan untuk menentukan urutan cara mempelajari modul
B. Betul, sebab setelah melakukan evaluasi bahan ajar dapat diketahui materi apa saja yang perlu ditembah/diperjelas dengan menggunakan media lain
C. Salah, sebab evaluasi bahan ajar dilakukan bukan untuk menentukan cara penyajian materi ajar yang menarik
D. Salah, sebab evaluasi bahan ajar dilakukan bukan untuk mengetahui bentuk /cara menyajikan bahan ajar yang menarik


18. Berikut adalah manfaat penggunaan gambar dalam handout....

  1. mempengaruhi imajinasi pembaca 
 Correct
Incorrect
   2. mengungkapkan makna yang bersifat perasaan 
 Correct
Incorrect
   3. memperjelas uraian materi 
 Correct
Incorrect
 

Jawaban nomor 1 dan 3 benar


19. Batasan umum yang harus diperhatikan dalam mendesain LKS adalah ....
  
 A. Banyaknya materi 
 B. Bentuk LKS 
 C. Jumlah halaman 
 D. Ukuran kertas 

A. Salah sebab salah satu yang harus diperhatikan ketika mendesain LKS adalah kejelasan materi.
B. Benar, sebab bentuk LKS tidak menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam mendesain LKS.
C. Salah, sebab desain LKS harus memperhatikan jumlah halaman.
D. betul, sebab untuk membuat LKS harus memperhatikan ukuran LKS


20. Untuk mengembangkan LKS langkah yang harus dilakukan setelah menentukan tujuan adalah ....
  
 A. menyusun elemen-elemen LKS 
 B. mengumpulkan materi 
 C. bentuk LKS yang sesuai 
 D. gambar/tampilan LKS 


21. Untuk memperkenalkan alat komunikasi jaman dahulu sampai sekarang dapat digunakan chart ...
  
 A. Organisasi 
 B. Flowchart 
 C. Klasifikasi 
 D. Garis waktu 

A. Salah, untuk menggambarkan perkembangan alat komunikasi tidak bias dengan menggunakan chart organisasi
B. Salah, sebab flowchart sebaiknya digunakan untuk  menggambarkan sebuah prosedur/urutan
C. Salah, sebab chart clasifikasi digunakan untuk mengkategorikan objek atau suatu kejadian
D. Benar, sebab untuk menggambarkan perkembangan alat komunikasi dapat menggunakan chart garis waktu


22. Untuk menggambarkan nilai rata-rata kelas dari mulai siswa kelas 1 sampai 6, sebaiknya menggunakan grafik berbentuk ...
  
 A. batang 
 B. gambar 
 C. lingkaran 
 D. garis 

A. Benar, sebab untuk menginformasikan nilai rata-rata kelas 1 sampai kelas 6 dapat menggunakan grafik batang
B. Salah, sebab untuk memperlihatkan nilai rata-rata kelas tidak tepat menggunakan grafik gambar
C. Salah, sebab, Gafik Lingkaran tidak cocok bila digunakan untuk menggambarkan nilai rata-rata kelas
D. Salah, sebab penggunaan grafik garis untuk menggambarkan nilai rata-rata kurang tepat


23. Media Poster digunakan dalam pembelajaran, digunakan dalam rangka ....

  1. Memperjelas materi agar mudah dimengerti 
 Correct
Incorrect
   2. Memotivasi siswa dalam belajar 
 Correct
Incorrect
   3. Menarik perhatian siswa ketika belajar 
 Correct
Incorrect
 

Opsi 2 dan 3 benar.
Opsi 1 Salah, karena sebab poster tidak digunakan untuk memperjelas materi tetapi lebih untuk menarik perhatian dan memotivasi siswa.


24. Dari beberapa materi pembelajaran berikut yang cocok disajikan dengan media poster adalah ...

 A. proses terjadinya hujan
 B. perkembangan penduduk DKI 
 C. kepadatan lalu lintas 
 D. bahaya menggunakan narkoba 

A. Salah sebab materi tentang proses terjadinya hujan lebih baik disajikan dengan menggunakan media chart
B. Salah, sebab materi perkembangan penduduk DKI cocoknya disajikan dengan menggunakan media Grafik
C. Salah, sebab untuk menggambarkan tingkat kepadatan penduduk lebih cocok disajikan dengan media grafik
D. Betul, sebab materi yang bersifat himbauan atau peringatan cocok disajikan dengan menggunakan media poster


25. Buletin board adalah media display yang banyak digunakan di sekolah untuk ....
 
 A. memasang pengumuman 
 B. menempel karya-karya siswa 
 C. memotivasi kreatifitas siswa 
 D. menempel benda hudup yang diawetkan 

A. Salah, sebab biasanya pengumuman tentang pendaftaran siswa tidak ditempel pada buletinbord
B. Betul, sebab biasanya disekolah-sekolah buletinbord digunakan untuk menempel hasil karya siswa
C. Salah, sebab informasi tentang daftar piket siswa biasanya di temple diruangan kelas bukan di buletinbord
D. Salah, sebab buletinbord tidak digunakan untuk menempel benda-benda hidup yang diawetkan


26. Faktor utama yang membedakan antara media realia dan model terutama terletak pada ...
 
 A. Realia berasal dari benda nyata sedangkan model berasal dari benda nyata yang diawetkan 
 B. Realia berbentuk tiga dimensi sedangkan model dua dimensi 
 C. Realia menjelaskan peristiwa dan kejadian nyata, model tidak menggambarkan peristiwa 
 D. Realia berbentuk benda hidup yg diawetkan sedangkan model mewakili benda nyata namun ukurannya lebih besar, sama, atau kecil 

A. Salah, sebab realia berbentuk benda nyata sedangkan model menyerupai benda nyata
B. Salah sebab realia dan model keduanya berbentuk tiga dimensi
C. Salah, sebab realia dan model tidak menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian tertentu
D. Benar, sebab realia berbentuk benda nyata yang diawetkan sedangkan model hanya menyerupai benda nyata


27. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan bentuk media display adalah ...
 
 A. informasi yang tersedia 
 B. keterlibatan siswa 
 C. karakteristik siswa 
 D. alat evaluasi 

A. Salah, sebab bentuk media display tidak ditentukan oleh informasi yang tersedia
B. Salah, sebab keterlibatan siswa tidak menentukan bentuk display
C. Benar, sebab karakteristik siswa turut menentukan bentuk display yang akan disajikan
D. Salah, sebab alat evaluasi yang digunakan tidak menentukan bentuk display yang akan digunakan


28. Ketika membuat bahan ajar display dua dimensi, setelah bahan/informasi yang akan didisplay terkumpul, langkah selanjutnya adalah ...
 
 A. mendisplay bahan/informasi yang telah diperoleh 
 B. merencanakan visual 
 C. menentukan sasarannya 
 D. menentukan tataletak 

A. Salah, sebab setelah informasi yang akan didisplay terkumpul selanjutnya adalah merencanakan bentuk visualnya
B. Benar, sebab setelah bahan untuk display terkumpul selanjutnya menentukan bentuk visualnya
C. Salah, sebab sasaran display harus diketahui sebelum materi display dikumpulkan
D. Salah, sebab tataletak ditentukan setelah bentuk-bentuk visual ditentukan


29. Untuk menghindari kesan rumit dan padat dalam media display, maka dalam penyusunannya harus memperhatikan prinsip ....
 
 A. kesatuan 
 B. kesederhanaan 
 C. pemanfaatan 
 D. pewarnaan 

A. Salah, sebab prinsip kesatuan tidak digunakan untuk mengurangi kesan rumit dan padat dari media display
B. Benar, sebab untuk menghindari kesan rumit dan padat dari materi display perlu memperhatikan prinsip kesederhanaan
C. Salah, sebab prinsip pemanfaatan tidak berhubungan dengan penataan media display
D. Salah, sebab kesan rumit dan padat tidak terlalu dipengaruhi prinsip pewarnaan


30. Yang dimaksud dengan overhead projektor adalah .....

 A. Media yang terbuat dari Lembar transparansi yang nantinya akan diproyeksikan 
 B. Alat yang digunakan untuk memproyeksikan visual yang ada pd transparansi film 
 C. Alat untuk memproyeksikan film-film atau video pembelajaran 
 D. Media yang terbuat dari plastik bening yang dapat diproyeksikan 

A. Salah, sebab OHP bukanlah lembar transparasi yang akan diproyeksikan
B. Benar, sebab OHP adalah alat untuk memproyeksikan visual yang ada pada transfaransi film
C. Salah, sebab alat untuk memproyeksikan film atau video tidak disebut OHP
D. Salah, sebab OHP tidak berbentuk plastik bening yang dapat diproyeksikan


31. Yang dimaksud media overhead transparansi adalah .....
 
 A. Lembar transparansi yang ditempel di atas sebuah karton 
 B. Plastik bening yang dapat digunakan untuk menulis pesan dan gambar 
 C. Media yang digunakan untuk menyeleksi gambar visual 
 D. Lembar plastik bening yang penyajiannya harus menyatu dengan OHP 

A. Salah, sebab OHT tidak ditempel pada kertas karton
B. Salah sebab OHT bukan plastik bening yang digunakan untuk menulis pesan /gambar
C. Salah, sebab OHT bukan media yang digunakan untuk mempresentasikan pesan/gambar
D. Benar, sebab OHT adalah lembar plastik bening yang disajikan dengan OHP


32. Media OHT dapat digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya sebab ...
 
 A. mudah disimpan dan digunakan 
 B. terbuat dari plastik bening yang mudah didapat 
 C. mudah dioperasikan dan hemat waktu 
 D. tidak menuntut ketrampilan tertentu 

A. Salah, sebab media OHP banyak digunakan orang bukan karena murah dan mudah dibawa-bawa
B. Salah, karena media OHP digunakan bukan karena lembar plastinya mudah didapat
C. Salah, sebab OHP dapat digunakan siapa saja bukan karena dapat menghemat listrik
D. Benar, sebab OHP mudah digunakan oleh siapa saja, tanpa memerlukan ketrampilan tertentu


33. Media transparansi dapat digunakan dalam pembelajaran kelas besar, kelas kecil atau individual karena ...
 
 A. mudah dibawa-bawa 
 B. pembuatannya tidak menuntut ketrampilan tertentu 
 C. ukuran tampilannya mudah diatur sesuai kebutuhan 
 D. setiap sekolah/instransi mempunyai alat proyeksinya 

A. Salah, sebab media transparansi dapat digunakan dikelas besar atau kecil bukan karena mudah dibawa kemana saja
B. Salah, sebab media transparansi dapat digunakan dikelas besar atau kecil  sesuai keadaan
C. Benar, sebab sebab ukuran transparansi/tampilan mudah diatur sesuai dengan keadaan ruangannya
D. Salah, media transparansi banyak digunakan orang karena setiap sekolah umumnya mempunyai alat proyeksi


34. Penyiapan dan pembuatan materi transparansi tepatnya dimulai dari kegiatan berikut ...
 
 A. menentukan tujuan penggunaan media transparansi 
 B. mengidentifikasi konsep, fakta atau materi yang ingin disajikan 
 C. menentukan format tampilan materi yang ingin disampaikan 
 D. membuat pola yang akan disajikan 

A. Salah, tujuan menggunakan transparasi sudah harus diketahui sebelum mengembangkannya ditampilkan
B. Betul, sebab sebelum membuat trasparansi terlebih dahulu mengidentifikasi materi yang akan ditampilkan
C. Salah, sebab format tampilan materi ditentukan setelah materi yang akan disajikan dikumpulkan
D. Salah, sebab pola materi yang akan disajikan ditentukan setelah materi yang akan disajikan terkumpul


35. Guru Ani menggunakan audio musik untuk membuat pembelajaran menjadi jelas dan tidak membosankan. Dalam hal ini program audio berfungsi sebagai....
 
 A. Metode pembelajaran 
 B. Media pembelajaran 
 C. Bahan ajar 
 D. Ilustrasi 

A. Salah, sebab program audio yang digunakan dalam pembelajaran tidak disebut sebagai metode pemb
B. Betul, sebab program audio yang digunakan dalam pembelajaran disebut sebagai media pembelajaran
C. Salah, sebab program audio digunakan bukan sebagai bahan ajar tetapi untuk memperjelas dan mengurangi kebosanan siswa
D. Salah, sebab program audio digunakan bukan sebagai ilustrasi tetapi untuk memperjelas dan mengurangi rasa bosan


36. Salah satu kegiatan yang sebaiknya dilakukan pada saat akan melakukan perekaman audio adalah ....
 
 A. mencari lokasi yang cocok untuk perekaman.... 
 B. membeli pita kaset yang berkualitas tinggi agar menghasilkan rekaman yang bagus 
 C. Melakukan tes suara untuk menentukan jarak ideal dengan pengeras suara 
 D. Memilih orang-orang yang akan terlibat dalam proses perekaman 

A. Salah, sebab untuk menghasilkan rekaman audio yang baik tdk ditentukan oleh lokasi rekamannya
B. Salah, sebab pengembangan naskah dilakukan setelah menyusun outline
C. Betul, sebab sebelum melakukan perekaman perlu dilakuan tes suara untuk menentukan jarak ideal dengan pengeras suara
D. Salah, sebab orang yang akan menjadi pemain pada program audio sudah ditentukan sebelum proses perekaman


37. Program video sangat bermanfaat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya untuk menyajikan kompetensi berikut ....
 
 A. melakukan gerakan lompatan jauh dengan bertumpu pada kedua kaki 
 B. menghitung jumlah bilangan desimal 
 C. menyusun laporan studi lapangan 
 D. menyimpulkan proses perubahan kepompong menjadi kupu-kupu 

A. Salah, sebab langkah-langkah membuat karya ilmiah tidak cocok disajikan dengan program video
B. Salah, sebab cara menghitung jumlah bilangan desimal tidak cocok disajikan dengan program video
C. Salah, cara menyusun laporan studi lapangan tidak tepat disajikan dengan program video
D. Betul, sebab materi tentang proses perubahan kepompong menjadi kupu-kupu tepat disajikan dalam program video

38. Dari beberapa kompetensi pembelajaran berikut yang paling tepat dicapai dengan menggunakan program video adalah ...
 
 A. Menjelaskan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro 
 B. Bermain drama dengan penuh penghayatan 
 C. Membedakan karya sastra lama dan baru 
 D. Membaca puisi dengan benar

A. Salah, sebab materi tentang sejarah Perjuangan Di Ponegoro lebih cocok disajikan dengan program audio
B. Benar, sebab program video mampu menyajikan berbagai peran/karakter seorang pemain drama
C. Salah, sebab untuk membedakan macam-macam karya sastra lama dan baru cukup disajikan dengan media cetak atau audio
D. Salah, sebab cara membaca puisi yang benar tepatnya disajikan dalam program audio


39. Bila tujuan mengembangan program video sudah jelas, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang pengembang adalah ...
 
 A. Menentukan manfaat program video 
 B. Mengembangkan naskah video 
 C. Menentukan bentuk penyajian program video 
 D. Mengembangkan naskah kasar 

A. Salah, sebab dalam program berbentuk berita biasanya tidak banyak memerlukan penyaji materi/pemain
B. Salah, sebab dalam drama tidak banyak melibatkan penyaji materi
C. Betul, sebab dalam program berbentuk feture baiasanya perlu banyak melibatkan para penyaji/pemain
D. Salah, sebab dalam program berbentuk dialog hanya memerlukan dua orang pemain/penyaji materi


40. Pada umumnya bentuk format penyajian program video yang banyak melibatkan penyaji materi adalah ...
 
 A. Berita 
 B. Drama 
 C. Feature 
 D. Dialog 

A. Salah, sebab dalam program berbentuk berita biasanya tidak banyak memerlukan penyaji materi/pemain
B. Salah, sebab dalam drama tidak banyak melibatkan penyaji materi
C. Betul, sebab dalam program berbentuk feture baiasanya perlu banyak melibatkan para penyaji/pemain
D. Salah, sebab dalam program berbentuk dialog hanya memerlukan dua orang pemain/penyaji materi


41. Pengambilan gambar dari jarak jauh sehingga objek yang diambil dapat terlihat secara penuh disebut ...
 
 A. Medium Shot 
 B. Long Shot 
 C. Very Long Shot 
 D. Close-Up 

A. Salah, sebab Medium Shot adalah gambar yang diambil dari jarak sedang, tidak terlalu jauh atau dekat
B. Benar, sebab Long Shot adalah gambar yang diambil dari jarak jauhsehingga menghasilkan gambar yang lengkap dengan lokasi sekitar objek terlihat
C. Salah, sebab Very Long Shot adalah pengambilan gambar dari jarak sangat jauh sehingga tampak  seperti sebuah pemandangan
D. Salah, sebab Close-Up adalah gambar yang diambil dari jarak depat sehingga spesifik, memperlihatkan bagian tertentu tanpa terlihat  lingkungan sekitar objek


42. Gerakan kamera dari jarak jauh kearah dekat untuk menghasilkan gambar close-up disebut ...
 
 A. Fade Out 
 B. Panning 
 C. Tilt-up 
 D. Zoom in 

A. Salah, sebab Fade out adalah gerakan bagian fokus kamera  dari gambar yang tampak jelas ke kabur
B. Salah, sebab, Panning adalah gerakan kamera ke samping untuk memperoleh sudut gambar yang diinginkan
C. Salah, sebab Tilt-up adalah gerakan kamera kearah atas untuk mendapatkan sudut gambar yang diinginkan
D. Betul, sebab Zoom in adalah gerakan bagianuntuk memperoleh gambar  seperti mendekat


43. Beberapa prosedur untuk mengoperasikan program power poin, kecuali ......
 
 A. Klik microsoft power point 
 B. Klik tombol start untuk menampilkan menu 
 C. Klik program power point Desain template 
 D. Klik kotak dialog 

A. Salah, sebab untuk mengoperasikan program powerpoint salah satunya dengan mengklik Microsoft Powerpoint.
B. Salah sebab tombol start pasti akan diklik ketika awal akan mengoperasikan Powerpoint.
C. Salah, sebab desain template kemungkinan akan diklik ketika akan membuka program Powerpoint.
D. Benar, sebab untuk mengaktifkan program Powerpoint tidak mengklik tombol kotak dialog.


44. Dalam program power point yang dimaksud Blank Presentation adalah ......
 
 A. Cara membuat presentasi dengan memanfaatkan templete 
 B. Cara membuat presentasi dengan format kosong tanpa desain 
 C. Cara membuka file presentasi yang sudah dirancang 
 D. Cara tercepat untuk membuat lembaran presentasi 

A. Salah, sebab cara membuat materi presentasi dengan menggunakan templete disebut Templete
B. Betul, sebab Blank Presentation adalah cara membuat matero presentasi dengan format kosong tanpa desain sama sekali
C. Salah, sebab cara membuat file prrsentasi yang sudah dirancang sebelumnya disebut open and existing Presentation
D. Salah, sebab cara tercepat membuat materi presentasi berdasarkan desain & topik tertentu disebut Auto Content


45. Agar para pemula dapat mendesain lembar presentasi dengan baik dianjurkan untuk menggunakan fasilitas berikut ....
 
 A. Blank Presentation 
 B. Design Template 
 C. Open existing presentation 
 D. AutoContent Wizard 

A. Salah sebab Blank Presentation  untuk digunakan untuk memandu cara membuat suatu presentasi dengan format kosong
B. Salah sebab Desain Template adalah cara membuat presentasi dengan memanfaatkan template
C. Salah sebab Open and Existing Presentation bermanfaat untuk membuka file presentasi yang sudah dirancang
D. Benar, sebab AutoContent Wizard  adalah cara mudah dan tercepat  untuk membuat lembar presentasi dengan desain yang tersedia


46. Jika materi presentasi yang sudah dirancang akan dicetak pada sebuah transparansi berwarna maka output yang dipilih adalah ....
 
 A. Color overheads 
 B. 35 mm Slide 
 C. Web presentation 
 D. Black & white overheads 

A. Betul, sebab color overheads adalah materi presentasi yang sudah dirancang akan dicetak pada transparansi berwarna
B. Salah, sebab 35 mm slide akan  digunakan bila materi presentasi akan dicetak
C. Salah, sebab web presentasi dipilih bila kita menginginkan materi presentasi ditempatkan di web server, agar diakses oleh pengguna internet
D. Salah, sebab Black & White Overheads adalah cara membuat presentasi dengan format kosong tanpa desain sama sekali


47. Ketika bekerja dengan tampilan Normal View, untuk menampilkan jendela task pane harus mengklik ....
 
 A. Taskpane 
 B. Tombol Normal View 
 C. Menu View 
 D. Microsoft PowerPoint 

A. Benar sebab untuk menampilkan jendela Taks Pane , harus mengklik tombol taks pane terlebih dahulu
B. Salah sebab bila kita mengklik tombol norman view maka akan muncul autline presentasi  secara utuh
C. Salah, sebab bila mengklik menu view yang muncul adalah menu
D. Salah sebab Microsoft PowerPoint adalah sebuah program


48. Penyimpanan dokumen dapat dilakukan dengan cara memilih Save as, apabila ingin ....

  1. memberi nama dokumen yang akan disimpan 
 Correct
Incorrect
   2. menentukan letak folder file disimpan 
 Correct
Incorrect
   3. menentukan tipe file yang akan disimpan 
 Correct
Incorrect
 

Opsi 1, 2, 3 benar


49. Penyimpanan dokumen dapat dilakukan dengan cara memilih Save as, apabila ingin ....

  1. memberi nama dokumen yang akan disimpan 
 Correct
Incorrect
   2. menentukan letak folder file disimpan 
 Correct
Incorrect
   3. menentukan tipe file yang akan disimpan 
 Correct
Incorrect
 

1, 2, 3 benar


50. Untuk mengatur perataan naskah dapat dilakukan dengan dua cara berikut yaitu.

   1. pengaturan margin 
 Correct
Incorrect
   2. Toolbar formatting 
 Correct
Incorrect
   3. Format paragraph 
 Correct
Incorrect
 
opsi 2 dan 3 benar, sebab perataan naskah dapat dilakukan dengan menggunakan toolbar Formatting atau format Paragraf


Artikel Terkait

Previous
Next Post »