Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Manajemen Stratejik EKMA4414 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 40 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Yang dimaksud dengan Manajemen Stratejik adalah
A. Proses yang melibatkan individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui penawaran produk dan jasa nilai dengan pihak lain
B. proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain.
C. Usaha manajerial meningkatkan kekuatan perusahaan untuk mendapatkan peluang bisnis dan mengurangi kelemahannya.
D. Usaha manajerial untuk memasuki pasar baru.
2. Sebutkan komponen apa saja yang harus ada dalam Manajemen Stratejik
A. Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkoordinasian, Pengawasan
B. Stratejik Korporat, Stratejik Bisnis Unit
C. Strengthening, Weakness, Oppportunity, Threathen.
D. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Profil Perusahaan, Strategi Bisnis yang diperlukan, Visi dan Misi
3. Sebutkan mazhab atau aliran dalam Manajemen Stratejik
A. Manajemen Stratejik sebagai seni dan ilmu
B. Stratejik Action Plan dan Tactical Action Plan
C. Lingkungan Bisnis dan Lingkungan Internal sebagai determinan
D. Stratejik Korporat, Stratejik Bisnis Unit
4. Tingkatan Stratejik pada pimpinan suatu unit perusahaan adalah
A. Stratejik Jaringan.
B. Stratejik Bisnis Unit.
C. Stratejik Korporat
D. Stratejik Fungsional
5. Perbedaan antara Manajemen Stratejik dahulu dan sekarang adalah
A. Dahulu berorientasi jangaka panjang, sekarang jangka pendek.
B. Dahulu fokus pada pelanggan, sekarang pada produk
C. Dahulu bentuk sederhana singkat padat, sekarang kompleks
D. Strategi rekayasa
6. Dalam mengantisipasi ketidakpastian lingkungan makro, strategi yang paling sering digunakan manajer adalah
A. Strategi Oposisi
B. Strategi adaptasi
C. Strategi ofensif.
D. Strategi kontinjengsi
7. Salah satu strategi manajemen dalam mengatisipasi lingkungan markro adalah dengan sama sekali tidak memberikan tanggapan. Strategi Ini disebut …..
A. Strategi Rekayasa
B. Strategi adaptasi
C. Strategi pasif
D. Strategi Menarik Diri
8. Faktor politik memberi pengaruh pada lingkungan makro. Ini banyak ditemukan di negara ….
A. Negara sedang berkembang
B. Negara maju
C. Negara Industri
D. Negara beraliran komunis
9. Salah satu contoh pengaruh faktor politik adalah…
A. Intervensi pemerintah untuk pemerataan pembangunan
B. Laisses Faire
C. Kemampuan manajer dalam melakukan penyesuaian dengan lingkungannya yang berbeda.
D. Sistem hukum yang belum mandiri
10. Jenis pasar yang jarang ditemui di negara maju adalah
A. Pasar Monopoli
B. Pasar Oligopoli dominan
C. Pasar Oligopoli pekat
D. Pasar persaingan sempurna
11. Berikut ini adalah ciri-ciri dari jenis perusahaan Oligopoli dominan, yaitu sbb :
A. Empat Perusahan terbesar menguasai 60 sd 100 %, interdepen di dalam penetapan harga
B. Satu perusahaan menguasai 50 % sd 100 %
C. Banyak pesaing, tetapi tidak ada yang menguasai lebih dari 10 sd 20 %
D. Satu perusahaan mengusai 100 %
12. Menurut Joe Bain, halangan memasuki pasar yang paling penting adalah :
A. Skala Ekonomi
B. Persyaratan Modal
C. Diferensiasi produk
D. Keunggulan Biaya
13. Fokus pada salah satu keunggulan perusahaan termasuk pendekatan faktor internal jenis ….
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaing
D. Pendekatan PIMS
14. Pendekatan yang paling sederhana dan paling banyak digunakan dalam mengindentifikasi keunggulan faktor internal adalah
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaig
D. Pendekatan PIMS
15. Pendekatan yang dilakukan dengan cara mencari keterlkaitan antara kinerja dan biaya suatu bagian dengan kinerja dan biaya bagia lain adalah poendekatan
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. 7-s
D. Pendekatan PIMS
16. Tipe pemimpin yang fokus pada peningkatan penjualan melalui pengenalan produk baru dan peningkatan pangsa pasar adalah ….
A. Defender
B. Analyzer
C. Reactor
D. Prospector
17. Tipe pemimpin yang tidak memiliki sikap yang pasti dan konsisten dalam menghadapi perubahan bisnis adalah :
A. Defender
B. Analyzer
C. Reactor
D. Prospector
18. Dalam melakukan investasi, seorang manajer yang memiliki sifat cenderung mencari aman (safety first) adalah tipe manajer….
A. Agresif
B. Pasif
C. Supoptimal
D. Superior
19. Seorang pemimpin yang kharismatik, powerful, berpikiran intuitif, menyeluruh, dalam mitos Yunani Kuno adalah tipe pemimpin dengan karakter….
A. Zeus
B. Apollo
C. Athena
D. Dyionisius
20. Berikut adalah ciri tipe pememipinan Dewa Athena
A. Pantang diketahui memiliki kelemahan, memiliki kedekatan dengan anak buah
B. Lebih menyukai extrinsict reward
C. Lebih menyukai intrinsict reward
D. Jika organisasi pro ke pekerja , mau mengorbankan kepentingan pribadi
21. Tipe pemimipin dalam manajemen operasi yang meniru produk yang sudah masuk untuk mendapatkan return dan meminimalkan resiko. Ini adalah tipe pemimpin :
A. Inovator
B. Low Cost
C. Inisiator
D. Diferensiasi
22. Tipe pemimpin manajer operasi yang menfokuskan pada terciptanya produk yang memiliki keunggulan tertentu adalah tipe pemimpin…
A. Inovator
B. Low Cost
C. Inisiator
D. Diferensiasi
23. Dalam matriks TOW-K, strategi bertahan dapat dilihat pada jenis strategi
A. SO
B. ST
C. WO
D. WT
24. Strategi WO yang dipilih oleh perusahaan mobil mewah Daimler Benz adalah …
A. Pengembangan Model Baru dan Harga Premium
B. Efisensi Biaya, reorganisasi perusahaan holding.
C. Transformasi menuju produsen barang konsumsi, model baru
D. Penciutan di Afrika, aliansi dengan Mitsubishi
25. Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar dibuat oleh…
A. Michael Porter
B. General Electric-Mc. Kinsey
C. Jauch dan Whittener
D. Boston Consulting Group
26. Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar (MPS) banyak dikritik karena kesederhanaannya, terutama dalam hal…
A. MPS menggunakan terlalu banyak variabel eskternal dan internal
B. MPS hanya menggunakan 1 variabel internal dan eksternal
C. MPS tidak sesuai perkembangan
D. MPS terlalu kompleks
27. Matriks Daya Tarik Industri dibuat oleh…
A. Michael Porter
B. General Electric-Mc. Kinsey
C. Jauch dan Whittaner
D. Boston Consulting Group
28. Matriks Daya Tarik Indutrsi (MDTI) berbeda dengan Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar dalam hal…
A. MDTI terdiri dari 4 sel
B. MDTI terdiri dari 6 sel
C. MDTI terdiri dari 9 Sel
D. MDTI terdiri dari 12 sel
29. Dari berbagai teknik riset, yang paling banyak mendapatkan data/informasi yang dibutuhkan untuk riset pemasaran yaitu
A. Produk, Pasar, dan Teknologi
B. Pemerintah, Pesaing, dan Pasar
C. Produk, Harga, dan Promosi
D. Pasar, Saluran Distribusi, dan Teknologi
30. Yang merupakan tugas pokok korporat adalah…
A. Memiliki hubungan bisnis dengan konsumen
B. Memiliki intervensi terhadap semua unit usaha strategis
C. Memiliki pendapatan yang berasal dari konsumen
D. Hubungan dengan Unit Usaha strategis adalah bersifat kemitraan
31. Keberasilan korporat membangun keunggulan tergantung pada :
A. Kemampuan Unit Usaha Strategis menghasilkan profit
B. Kemampuan Korporat menghasilkan profit
C. Model dan proses intervensi yang pas antara Korporat dan Unit Usaha Strategis
D. Model dan proses intervensi antara Korporat, Unit Usaha, dan Konsumen
32. Ada beberapa sistem pengendalian strategis Korporat terhadap Unit Usaha Strategis, yaitu
A. Sistem Pengenadlian Sumber Daya Manusia
B. Sistem Pengendalian Keuangan
C. Sistem Pengendalian Operasional
D. Sistem pengendalianPemasaran
33. Strategi pertumbuhan yang paling banyak ditemui adalah…
A. Strategi pertumbuhan
B. Strategi perluasan
C. Strategi pengembangan produk
D. Integrasi Horisontal
34. Strategi yang dilakukan dengan menambahkan unit usaha yang sama dengan produk sebelumnnya disebut…
A. Strategi intergrasi transfersal
B. Strategi integrasi horisontal
C. Strategi inegrasi vertikal
D. Strategi intergrasi longitudinal
35. Strategi perluasan usaha yang mana sebelumnya adalah menjadi bidang usaha pemasok adalah strategi…
A. Strategi perluasan usaha
B. Strategi integrasi horisontal
C. Strategi integrasi vertikal
D. Strategi integrasi longitudinal
36. Diversikasi usaha dengan menambah bidang usaha baru yang masih berkaitan dengan bidang usaha lama adalah….
A. Diversifikasi konsentrik
B. Diversifikasi berjenjang
C. Diversifikasi konglomerasi
D. Diversifikasi bertingkat
37. Berbagai alasan perisahaan melakukan divestasi adalah
A. Mempertahankan posisi pasar
B. Meningkatkan hasil usaha
C. Memperbaikai posisi aliran kas
D. Permintaan konsumen
38. Salah satu resiko dalam menerapkan strategi keunggulan biaya adalah…
A. Dukungan manajemen
B. Perubahan teknologi
C. Loyalitas konsumen
D. Sumber daya alam
39. Untuk dapat melakukan strategi keunggulan bersaing, maka hal yang harus dilakukan perusahaan adalah…
A. Modal yang besar untuk memperoleh teknologi
B. Produk yang dihasilkan harus dalam jumlah banyak
C. Produk yang dihasilkan harus dalam jumlah kecil.
D. Produk yang dihasilkan harus spesifik.
40. Ada 2 cara yang dilakukan produsen dalam menerpakan harga, yaitu disguised price war dan phantom price war. Yang dimaksud dengang phantom price war adalah :
A. Penetapan harga secara sembunyi
B. Harga awal rendah, tetapi kemudian ada biaya tambahan
C. Ada perang harga terbuka dengan perusahaan pesaing
D. Harga diberikan setinggi mungkin untuk memperoleh keuntungan
Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman kunci jawaban soal latihan mandiri Manajemen Stratejik EKMA4414
Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon