Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Perencanaan Pemasaran EKMA4569 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Perencanaan Pemasaran EKMA4569, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Benar
B. Salah. Perencanaan pemasaran belum merupakan suatu proses pelaksanaan melainkan perencanaan
c. Salah. Kegiatan mengantisipasi merupakan bagian dari perencanaan pemasaran
D. Salah. Hal ini adalah definisi manajemen pemasaran
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah. Merupakan manfaat perencanaan pemasaran dalam membantu kontrol manajemen dan implementasi strategi
B. Salah. Merupakan manfaat perencanaan pemasaran dalam memperlihatkan gambaran pengkoordinasian semua sumber daya untuk implementasi
c. Benar
D. Salah. Merupakan manfaat perencanaan pemasaran dalam membantu kontrol manajemen dan implementasi strategi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Benar
B. Salah. Ceruk adalah untuk produk yang memiliki diferensiasi tinggi dan anggaran relatif tinggi
c. Salah. Berbiaya murah adalah untuk produk yang memiliki diferensiasi rendah dan anggaran relatif rendah.
D. Salah. Sukses adalah untuk produk yang memiliki diferensiasi tinggi dan anggaran relatif rendah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Benar
B. Salah. Mati (lambat) adalah jika suatu perusahaan menggunakan strategi yang tidak efektif dan taktik yang tidak efisien
c. Salah. Berhasil (lambat) adalah jika suatu perusahaan menggunakan strategi yang efektif dan taktik yang efisien
D. Salah. Mati (cepat) adalah jika suatu perusahaan menggunakan strategi yang tidak efektif namun dengan taktik yang efisien
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah. Demografi merupakan bagian dari analisis lingkungan situasi
B. Salah. Lingkungan kompetitor adalah bagian tersendiri dari analisis situasi
c. Benar
D. Salah. Faktor sosial dan budaya merupakan bagian dari analisis lingkungan situasi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Salah. Pilihan strategi tidak tercantum dalam misi dan tujuan
B. Salah. Pernyataan misi harus mendefinisikan bisnis secara jelas, bukan menceritakan produknya
c. Salah. Pesaing yang dihadapi tidak tercantum dalam misi dan tujuan
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Benar
B. Salah. Audit internal adalah suatu kegiatan assurance dan konsultasi (consulting) yang independen dan objektif yang dirancang untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi suatu organisasi
c. Salah. Audit kinerja adalah penilaian terhadap operasi suatu organisasi apakah dapat berjalan dengan ekonomis, efisien dan efektif
D. Salah. Audit trail dalah konsep pemeriksaan bertahap dengan cara menelusuri kegiatan-kegiatan lalu yang berpengaruh terhadap suatu perkiraan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah. Merupakan penjelasan dari aspek mendefinisikan bisnis secara jelas
B. Benar
c. Salah. Merupakan penjelasan dari aspek peran atau kontribusi terhadap organisasi
D. Salah. Merupakan salah satu penjelasan dari aspek indikasi atau arahan untuk masa depan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Salah. Segmentasi pasar membagi pelanggan menjadi kelompok sehingga pasar menjadi lebih sempit
B. Benar
c. Salah. Segmentasi pasar merupakan suatu alternatif cara untuk membedakan produk kita dengan produk pesaing agar konsumen tidak semata-mata memilih produk karena harga murah saja
D. Salah. Segmentasi pasar membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok, dan konsekuensinya produk dibuat untuk menarik bagi segmen tertentu yang mempunyai kebutuhan sama
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Salah. Merupakan definisi dari segmentasi pasar
B. Benar
c. Salah. Merupakan definisi dari targeting
D. Salah. Merupakan definisi dari positioning
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah. Merupakan maksud dari terukur dengan waktu
B. Salah. Merupakan maksud dari kecocokan
c. Salah. Merupakan maksud dari dapat di mengerti
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Benar
B. Salah. Strategi pemasaran adalah bagaimana suatu keputusan bisa dicapai sedangkan pada contoh ini perusahaan memutuskan untuk mengeksploitasi kemampuan perusahaan untuk membuat produk tertentu
c. Salah. Taktik pemasaran adalah langkah-langkah yang diambil untuk mendukung strategi pemasaran sedangkan pada contoh ini perusahaan memutuskan untuk mengeksploitasi kemampuan perusahaan untuk membuat produk tertentu
D. Salah. Ekspansi pasar adalah salah satu contoh strategi pemasaran sedangkan pada contoh ini perusahaan memutuskan untuk mengeksploitasi kemampuan perusahaan untuk membuat produk tertentu
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Salah. Manajemen pemasaran strategik meliputi pencapaian sasaran perusahaan secara keseluruhan
B. Benar
c. Salah. Taktik pemasaran meliputi keputusan tentang produk, harga, tempat dan promosi
D. Salah. Bukan bagian dari strategi piramida
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Benar
B. Salah. Contoh strategi dimensi adalah perusahaan yang tadinya memasok papan kayu mengembangkan diri menjadi pemasok furniture berbahan kayu
c. Salah. Strategi yang berhubungan dengan positioning produk perusahaan dibandingkan produk kompetitor dalam benak pelanggan
D. Salah. Merupakan strategi perusahaan yang memilih untuk memasuki pasar sebagai yang pertama
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Salah. Dengan strategi ini perusahaan akan menerapkan harga murah pada saat memasuki pasar
B. Salah. Dengan strategi ini perusahaan akan menerapkan harga dengan tingkatan yang sama dengan kompetitor
c. Benar
D. Salah. Dengan strategi ini perusahaan berusaha untuk mempengaruhi psikologis konsumen yang memberi kesan seakan-akan harga jauh lebih murah seperti Rp.13.900 akan terlihat jauh lebih murah daripada Rp. 14.000
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah. Repositioning merupakan salah satu cara yang dilakukan apabila produk lama sudah kurang diminati di pasaran
B. Benar
c. Salah. Promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan atas produknya
D. Salah. Differensiasi dilakukan apabila perusahaan ingin melakukan pembedaan produk terhadap produk kompetitor, yang dapat digunakan sebagai alasan konsumen untuk memilih produk perusahaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah. Merupakan salah satu contoh mengisi kesenjangan dalam strategi baru
B. Salah. Merupakan salah satu contoh mengisi kesenjangan dalam penetrasi pasar
c. Salah. Merupakan salah satu contoh mengisi kesenjangan dalam strategi baru
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah. Strategi reaktif berkaitan dengan tekanan dari luar yang memaksa organisasi melakukan aksi
B. Benar
c. Salah. Merupakan salah satu bentuk strategi reaktif
D. Salah. Merupakan salah satu bentuk strategi reaktif
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Salah. Strategi yang dilakukan apabila perusahaan memiliki daya tarik pasar rendah dan kekuatan bisnis tinggi
B. Salah. Strategi yang dilakukan apabila perusahaan memiliki daya tarik pasar rendah dan kekuatan bisnis rendah
c. Benar
D. Salah. Strategi yang dilakukan apabila perusahaan memiliki daya tarik pasar rendah dan kekuatan bisnis rendah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Salah. Peran promosi pada tahap pertumbuhan adalah membangun sikap berpihak pelanggan kepada produk
B. Salah. Tahap perkenalan ini merupakan tahapan biaya tinggi untuk pemasaran
c. Benar
D. Salah. Pada tahap penurunan, produksi akan kembali mengalami kelebihan kapasitas karena berkurangnya permintaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Salah. Digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan audiens terhadap obyek atau produk
B. Benar
c. Salah. Adalah pengetahuan konsumen tetang suatu produk
D. Salah. Metode penetapan anggaran promosi berdasarkan kemampuan perusahaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Salah. Metode penetapan anggaran promosi berdasarkan kemampuan perusahaan
B. Salah. Metode penetapan anggaran promosi berdasarkan persentase tertentu dari penjualan
c. Salah. Metode penetapan anggaran promosi pada tujuan spesifik promosi yang hendak dicapai dan tugas-tugas yang harus dilakukan untuk mencapainya
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Benar
B. Salah. Merupakan model Hirarki Efek
c. Salah. Merupakan model AIDA
D. Salah. Merupakan model Komunikasi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Salah. Bukan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan anggaran periklanan
B. Salah. Bukan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan anggaran periklanan
c. Salah. Bukan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan anggaran periklanan
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Benar
B. Salah. Publikasi produk : mensponsori berbagai usaha untuk mempublikasikan produk tertentu
c. Salah. Hubungan pers : menyajikan berita dan informasi tentang organisasi secara sangat positif
D. Salah. Komunikasi perusahaan : mempromosikan pemahaman tentang organisasi baik melalui komunikasi internal maupun eksternal
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Salah. Merupakan tahap yang ketiga dalam proses pembelian
B. Salah. Merupakan tahap yang kedua dalam proses pembelian
c. Benar
D. Salah. Merupakan tahap yang keempat dalam proses pembelian
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Salah. Adalah peran wiraniaga dalam menerima pesanan dan mengantarkannya kepada pembeli
B. Salah. Adalah peran wiraniaga dalam mencari pelanggan prospektif dengan kebutuhan yang sesuai dengan penawaran
c. Benar
D. Salah. Adalah peran wiraniaga dalam mencoba meyakinkan siapa saja untuk membeli penawaran yang tersedia
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Benar
B. Salah. Adalah peran wiraniaga dalam melatih dirinya untuk tahu lebih banyak mengenai bisnis yang dijalankan pelanggan dan secara berkala mengkaji bisnis tersebut serta pelanggannya
c. Salah. Adalah peran wiraniaga dalam membantu mengidentifikasi masalah, kesempatan, alternatif penawaran, dan menawarkan pemecahan masalah
D. Salah. Adalah peran wiraniaga dalam mencocokkan produk sebagai jalan keluar bagi masalah yang diceritakan pelanggan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Salah. Bukan tanggung jawab tenaga penjualan
B. Benar
c. Salah. Bukan tanggung jawab tenaga penjualan
D. Salah. Bukan tanggung jawab tenaga penjualan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Benar
B. Salah. Bagi wiraniaga muda
c. Salah. Bagi wiraniaga muda
D. Salah. Bagi wiraniaga muda
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Benar
B. Salah. Bertujuan memusatkan perhatian pada pendapatan penjualan
c. Salah. Tujuannya tidak mementingkan laba namun hanya upaya bertahan hidup
D. Salah. Bertujuan memaksimalkan unit penjualan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah. Yang mempengaruhi elastisitas adalah lambat dalam mengubah kebiasaan membelinya
B. Salah. Yang mempengaruhi elastisitas adalah pembeli tidak segera menyadari harga yang lebih tinggi
c. Benar
D. Salah. Yang mempengaruhi elastisitas adalah pembeli tidak sadar akan adanya produk pengganti
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah. Yang Benar mengalami kenaikan
B. Salah. Yang Benar mengalami kenaikan
c. Salah. Yang Benar mengalami kenaikan
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Benar
B. Salah. Yang Benar hanya mempertimbangkan biaya saja
c. Salah. Yang Benar hanya mempertimbangkan biaya saja
D. Salah. Yang Benar hanya mempertimbangkan biaya saja
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Salah. Pasar potensial besar yang akan memancing imitasi
B. Salah. Yang menyebabkan hilangnya keunikan dan turunnya martabat suatu produk adalah kompetitor potensial sigap dan kuat
c. Benar
D. Salah. Yang menyebabkan hilangnya keunikan dan turunnya martabat suatu produk adalah lemahnya proteksi terhadap paten dan teknologi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Salah. Yang Benar terdiri dari banyak perusahaan
B. Salah. Yang Benar beberapa elemen tersebut bergantung satu sama lain
c. Salah. Saluran pemasaran merupakan suatu proses
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Salah. Alokasi adalah kegiatan ini membagi stock yang sudah homogen ke dalam lot yang lebih kecil
B. Benar
c. Salah. Pemilahan adalah memilah barang yang heterogen ke dalam beberapa kelompok yang lebih homogen
D. Salah. Assorting yaitu menciptakan keragaman produk untuk dijual kembali
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Salah. Merupakan fungsi dalam mengumpulkan dan menyebarkan riset pemasaran dan melaksanakan strategi pemasaran
B. Salah. Fungsinya untuk turut mengkomunikasikan produk agar dibeli oleh calon konsumen
c. Benar
D. Salah. Fungsinya memberitahukan kepada produsen tentang minat membeli dari konsumen
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Salah. Distribusi eksklusif perusahaan membatasi jumlah perantaranya
B. Salah. Diferensiatif merupakan strategi harga bukan distribusi
c. Salah. Distribusi selektif menjangkau pasar yang lebih luas daripada distribusi eksklusif dengan biaya yang lebih sedikit
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Benar
B. Salah. Reward power contoh penerapannya adalah perantara akan mendapatkan penghargaan apabila dapat mencapai tingkat tertentu yang diharapkan produsen
c. Salah. Legitimate power contoh penerapannya adalah perantara diminta untuk memenuhi ketentuan yang tecantum dalam kontrak
D. Salah. Expert power contoh penerapannya adalah produsen memiliki kekuatan karena mempunyai keahlian khusus yang diperlukan oleh perantara
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Salah. Audit pemasaran adalah pemeriksaan terhadap suatu aktivitas pemasaran perusahaan atau unit bisnis secara komprehensif, sistematis, independen, dan berkala
B. Salah. Perencanaan pemasaran adalah pemanfaatan secara terencana sumber-sumber daya pemasaran untuk mencapai sasaran pemasaran
c. Benar
D. Salah. Peramalan berarti mencari gambaran akan situasi pemasaran dimasa yang akan datang
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Salah. Akurat artinya temuan atau informasi yang disajikan dapat dipercaya kebenarannya, tidak bias, dan cerma
B. Benar
c. Salah. Relevan berarti temuan dari kegiatan penelitian menjawab pertanyaan yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan
D. Salah. Tepat waktu artinya informasi yang disediakan adalah informasi yang terkini
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Salah. Merupakan strategi segmentasi tanpa membeda-bedakan konsumennya
B. Salah. Konsentrasi adalah melayani pada satu segmen saja
c. Benar
D. Salah. Atomisasi adalah strategi segmentasi yang memecah-memacahkan pasar yang dilayani ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil bahkan bisa sampai ke tingkat individual konsumen
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Salah. Merupakan ciri metode depensi
B. Salah. Merupakan ciri metode depensi
c. Salah. Merupakan ciri metode depensi
D. Benar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Salah. Merupakan fase kedua
B. Salah. Merupakan fase ketiga
c. Salah. Merupakan fase keempat
D. Benar
Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon