Soal Latihan Mandiri Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia EKMA4366

Desember 27, 2017
Soal Latihan Mandiri Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia EKMA4366

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia EKMA4366 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Pengembangan SDM adalah proses pengembangan keahlian seseorang melalui pengembangan organisasi dengan pelatihan personal yang bertujuan meningkatan kinerja. Pernyataan tersebut merupakan pengertian pengembangan SDM menurut...

A. R. Smith (1988) 
B. Nadler and Nadler (1989) 
C. Marsick & Watkins (1994) 
D. Swanson (1995) 

2. Proses jangka panjang yang dirancang untuk meningkatkan potensi dan efektivitas merupakan esensi dari…

A. training 
B. development 
C. learning 
D. education 

3. Sebaran geografi, struktur jabatan dan perbedaan generasi merupakan faktor penentu pengembangan SDM pada aspek….

A. tren utama 
B. kerangka kerja 
C. respon individu 
D. struktur 

4. Keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan bukan lagi ditentukan oleh modal, teknologi dan infrastruktur melainkan oleh faktor-faktor intangible, seperti…

A. profitabilitas 
B. karyawan inovatif 
C. biaya produksi 
D. market share 

5. Menurut Swanson dan Holton III (2001), salah satu dari 3 peran strategik pengembangan SDM bagi organisasi antara lain…

A. kontribusi pengembangan SDM dalam hal pemetaan keahlian individu 
B. kontribusi pengembangan SDM membuat dan menjaga sistem pembelajaran 
C. perencanaan organisasi strategik 
D. pengembangan SDM berbasis kinerja 

6. Reinvensi pengembangan SDM adalah komitmen untuk menambah kapasitas dan fleksibilitas dalam hal waktu dan harga yang efektif untuk memudahkan evaluasi dilakukan oleh pelanggan dan praktisi pengembangan SDM, merupakan esensi dari orientasi…

A. strategi 
B. pelanggan 
C. kinerja 
D. akuntabilitas 

7. Langkah-langkah untuk membantu para ahli dalam meningkatkan nilai-nilai strategik pengembangan SDM, khususnya dalam menilai kinerja pengembangan SDM dan para staf pengembangan SDM yaitu…

A. mempertimbangkan kondisi bisnis organisasi dan bersikap proaktif dalam mengidentifikasi spesifikasi praktek pengembangan SDM
B. melibatkan praktek dan aktivitas audit pengembangan SDM 
C. mengembangkan visi bagi jabatan pengembangan SDM 
D. melihat spesifikasi kegiatan pengembangan SDM dan mempertimbangkan kegiatan apa yang dibutuhkan pengembangan SDM

8. Manajer yang semakin cakap, cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik karena kemampuan teknis, kemampuan individu dan kemampuan manajerial yang dimiliki, merupakan tujuan dari pengembangan staf dilihat dari aspek…

A. efisiensi 
B. moral 
C. kepemimpinan 
D. konseptual 

9. Faktor-faktor yang tidak mempengaruhi kinerja atau performance yaitu…

A. ability 
B. capacity 
C. evaluation 
D. eficiency 

10. Peran untuk menilai kebutuhan pelatihan, mengidentifikasi pengalaman belajar, menciptakan program pembelajaran orang dewasa, dan melakukan penyesuaian terhadap lingkungan belajar untuk memastikan keberhasilan program pelatihan merupakan peran dari …

A. evaluator 
B. trainer 
C. fasilitator 
D. perancang program 

11. Persfektif pengembangan SDM yang berfokus pada kinerja tanpa melalui proses belajar merupakan paradigma…

A. pembelajaran 
B. kinerja 
C. organisasi 
D. sumber daya manusia 

12. Asumsi-asumsi dari paradigma pembelajaran (learning paradigm) diantaranya adalah…

A. pengembangan individual harus holistik atau menyeluruh 
B. potensi manusia di dalam organisasi harus di pelihara, dihargai dan dikembangkan 
C. hasil utama pengembangan SDM bukan hanya pembelajaran melainkan juga kinerja 
D. pengalihan dari pembelajaran ke arah kinerja adalah sangat penting 

13. Menurut Swanson dan Holton III (2001) terdapat lima pendekatan dalam metateori pembelajaran, tiga diantaranya adalah…

A. belajar sosial, pengembangan individu dan konstruktivisme 
B. behaviorisme, kognitivisme dan pengembangan SDM 
C. konstruktivisme, humanisme dan pengembangan individu 
D. behaviorisme, kognitivisme dan belajar sosial 

14. Teori pembelajaran di mana penekanannya pada proses belajar yang mengharuskan individu untuk dapat mengembangkan stimulus yang di dapat merupakan teori …

A. behaviorisme 
B. kognitivisme 
C. humanisme 
D. konstruktivisme 

15. Pendekatan andragogi di mana ada interaksi antara fasilitator dengan pebelajar merupakan elemen…

A. mempersiapkan pebelajar 
B. perencanaan 
C. suasana 
D. penetapan tujuan 

16. Model yang melihat kinerja sebagai sebuah sistem dari organisasi di sebut model…

A. kinerja individual 
B. kinerja multilevel 
C. pembelajaran tingkat individual 
D. pembelajaran tingkat organisasional 

17. Penjelasan mengenai apa yang terdapat dalam sebuah fenomena dan bagaimana hal tersebut berlangsung merupakan pengertian teori menurut…

A. Lynham (2006) dalam Swanson & Holton III (2001) 
B. Torraco (1997) dalam Swanson & Holton III (2001) 
C. Warfield (1995) 
D. Taliziduhu Ndraha ( 2002) 

18. Proses yang sistematis dalam menerapkan perubahan organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja merupakan pengertian operasional dari…

A. pelatihan dan pengembangan 
B. pengembangan SDM 
C. pengembangan organisasi 
D. perancang organisasi 

19. Berikut ini adalah perspektif teori sistem yang dipakai untuk membangun teori sistem pengembangan SDM secara spesifik, kecuali teori…

A. sistem umum 
B. psikologi 
C. kekacauan 
D. masa depan 

20. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal yang dimiliki organisasi yang harus dikembangkan. Pernyataan tersebut merupakan esensi dari teori…

A. modal manusia 
B. kelangkaan sumber daya 
C. sumber daya berkelanjutan 
D. mempertahankan sumber 

21. Menurut Robinson dalam Marjuki (1992), manfaat pelatihan bagi organisasi meliputi…

A. alat untuk memperbaiki penampilan/kemampuan individu atau kelompok dengan harapan memperbaiki performance organisasi
B. memperbaiki sikap terhadap pekerjaan, pimpinan atau karyawan 
C. memperbaiki standar keselamatan kerja 
D. Jawaban A, B, dan C semua benar 

22. Anggota tim yang berperan menerjemahkan ide-ide ke dalam realitas sehingga berfungsi sebagai implementator, yaitu…

A. ideator 
B. inventor 
C. technical gatekeeper 
D. market gatekeeper 

23. Salah satu metode pelatihan karyawan operasional di mana cara pengajarannya adalah dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari trainee sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu disebut…

A. tanya-jawab 
B. drill 
C. diskusi 
D. pemberian tugas belajar 

24. Salah satu prinsip dalam membuat performance target yang efektif adalah setiap pemimpin harus berperan seperti seorang ‘coach’, di mana dia harus memimpin karyawannya untuk menghadapi kompetitor dalam waktu yang sudah ditentukan, yaitu disebut…

A. spesific 
B. agreed 
C. realistic 
D. time-bound 

25. Kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer dan eksekutif organisasi, antara lain…

A. pandai berfantasi 
B. berpikir secara lokal dan bertindak secara global 
C. tidak menerima suasana chaos 
D. menggerakkan harapan dan keyakinan diri para staf 

26. Suatu aktivitas yang mendefinisikan bagaimana tugas, kewenangan, dan sistem diorganisasikan serta diintegrasikan dalam unit organisasi dan pekerjaan individu, disebut…

A. pengembangan organisasi 
B. desain jabatan/organisasi 
C. perencanaan SDM 
D. pelatihan dan pengembangan 

27. Konsep yang memberikan gambaran mengenai riset SDM dan sistem informasi adalah…

A. menentukan kebutuhan, strategi dan filosofi SDM yang utama dalam organisasi 
B. menjamin kesehatan hubungan antar dan intra unit kerja, dan membantu kelompok dalam organisasi memulai dan mengelola perubahan 
C. menjamin basis data dan informasi SDM dalam organisasi 
D. menjamin hubungan yang sehat antara karyawan dan manajemen dalam organisasi 

28. Salah satu persyaratan yang diperlukan untuk mendukung keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya, yaitu...

A. misi 
B. motivasi 
C. komunikasi 
D. kapabilitas 

29. Konsep yang memberikan rumusan mengenai kapabilitas yang harus dimiliki individu untuk melakukan suatu jabatan atau pekerjaan berdasar pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan kinerja yang dipersyaratkan, disebut…

A. kompetensi 
B. model kompetensi 
C. standar kompetensi 
D. pelatihan berbasis kompetensi 

30. Salah satu keterbatasan dari pelatihan berbasis kompetensi adalah…

A. lebih banyak waktu digunakan untuk bekerja sama dengan peserta secara individual atau kelompok kecil, bukan memberikan ceramah 
B. lebih banyak waktu digunakan untuk mengevaluasi kemampuan peserta dalam melakukan keterampilan kerja yang esensial 
C. peran pelatih adalah sebagai fasilitator belajar, bukan penyedia informasi 
D. program akan seefektif proses yang digunakan untuk mengidentifikasi kompetensi, namun jika kurang dalam mengidentifikasi keterampilan kerja yang esensial, maka hasil program akan kurang efektif 

31. Organisasi harus mampu untuk mengklarifikasi dan mendalami visi pribadi, memfokuskan energi, mengembangkan kesabaran, dan memandang realitas secara objektif merupakan salah satu the fifth dicipline,yaitu…

A. berpikir sistem 
B. pola mental 
C. penguasaan pribadi 
D. visi bersama 

32. Tentukan mana yang bukan menjadi pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar….

A. menggunakan hasil belajar untuk mencapai kinerja yang lebih baik 
B. adaptif terhadap lingkungan internal 
C. mengembangkan kemampuan untuk belajar secara individual dan kolektif 
D. meningkatkan kapabilitas untuk berubah secara berkelanjutan 

33. Empat tipe pembelajaran yang dikembangkan dalam organisasi belajar dapat diaplikasikan kepada tiga tingkat peserta belajar, yaitu…

A. individu – organisasi – kelompok 
B. kelompok – organisasi – individu 
C. individu – kelompok – organisasi 
D. organisasi – individu – kelompok 

34. Peningkatan intelektual dan kapabilitas produksi yang diperoleh dari komitmen organisasi dan kesempatan untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan merupakan salah satu tingkatan belajar atau level of learning, yaitu…

A. individual learning 
B. group or team learning 
C. learning organization 
D. organizational learning 

35. Pendekatan yang tidak digunakan dalam membangun organisasi belajar yaitu pendekatan…

A. pendekatan sistem 
B. pendekatan sistematik 
C. pendekatan proses 
D. pengembangan organisasi 

36. Semua pekerjaan atau jabatan yang ditangani atau di pegang selama kehidupan kerja seseorang merupakan definisi karier menurut…

A. Haneman et al. (1983) 
B. Handoko (2000) 
C. Simamora (2001) 
D. Soetjipto, dkk. (2002) 

37. Elemen utama perencanaan karier yaitu perencanaan karier…

A. individual 
B. organisasional 
C. internal 
D. Jawaban A dan B, benar 

38. Akuntan dan bankir merupakan contoh dari jenis orientasi pribadi, yaitu orientasi…

A. konvensional 
B. investigatif 
C. perusahaan 
D. realistik 

39. Sebuah proses yang dilakukan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas serta memberi inspirasi kepada klien untuk memaksimalkan potensi personal dan profesionalnya merupakan esensi dari…

A. counseling 
B. training 
C. coaching 
D. controlling 

40. Jenis konseling di mana peran konselor cenderung dominan atau berfokus pada kelancaran tugas dan fungsi organisasi, yaitu…

A. nondirecting conseling 
B. directive conseling 
C. cooperative counseling 
D. noncooperative counseling 

41. Salah satu manfaat dari evaluasi pengembangan SDM dan pembelajaran yaitu…

A. mempersiapkan pegawai agar mampu mencapai standar kualitas kerja 
B. menyegarkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki 
C. menyiapkan pegawai menghadapi pekerjaan baru 
D. pimpinan lebih mampu memprediksi potensi karyawan 

42. Berikut ini adalah tindakan yang dilakukan para profesional SDM untuk mengatasi hambatan pada evaluasi pengembangan SDM, kecuali…

A. membuat target proporsi pelatihan dan anggaran SDM pada proses evaluasi 
B. melakukan metode Total Quality Management (TQM ) dalam pengembangan SDM 
C. mendidik para eksekutif untuk evaluasi yang tepat 
D. meminimalisir pengambilan risiko untuk mencapai tujuan evaluasi 

43. Evaluasi yang berfokus pada pengoperasian pengembangan SDM dengan penekanan pada bagaimana dan mengapa pekerjaan tidak dapat berlangsung, yaitu evaluasi…

A. usaha 
B. proses 
C. efisiensi 
D. pelaksanaan 

44. Salah satu level evaluasi menurut Kirkpatrick, D.L. adalah level…

A. proses 
B. konten 
C. dampak 
D. hasil 

45. Model benchmarking yang paling sederhana menurut Deming terdiri atas 4 tahap yaitu ...

A. POAC 
B. PDCA 
C. CIPP 
D. ARCH 


Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia EKMA4366


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »