Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Manajemen Rantai Pasokan EKMA4371 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.
1. Integrasi aktivitas-aktivitas yang mengubah bahan baku menjadi barang dalam proses dan barang jadi serta mengantarkannya kepada pelanggan dengan cara yang efisien, merupakan esensi dari manajemen....
A. operasi
B. rantai pasok
C. proyek
D. stratejik
2. Proses yang menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemauan supply perusahaan untuk menentukan apa yang akan di beli dan kapan, merupakan proses bisnis inti manajemen rantai pasok yaitu...
A. customer relationship management (CRM)
B. customer service management (CSM)
C. demand management
D. customer demand fulfillment
3. Diketahui PT. Risha memiliki nilai persediaan Rp. 40.000.000,00 tahun lalu, dan penjualan produk adalah Rp. 160.000.000,00. Jika perusahaan memiliki 52 minggu kerja per tahun, berapa minggu pasokan dalam persediaan?
A. 13 minggu
B. 12 minggu
C. 11 minggu
D. 10 minggu
4. Diketahui PT. Risha memiliki nilai persediaan Rp. 40.000.000,00 tahun lalu, dan penjualan produk adalah Rp. 160.000.000,00. Jika perusahaan memiliki 52 minggu kerja per tahun, bagaimana perputaran persediaannya?
A. 3 perputaran/tahun
B. 4 perputaran/tahun
C. 5 perputaran/tahun
D. 6 perputaran/tahun
5. Mata rantai supply chain terdiri atas...
A. supplier - distributor - retailer - customer
B. supplier - manufacturer - retailer - customer
C. supplier - distributor - manufacturer - retailer - customer
D. supplier - manufacturer - distributor - retailer - customer
6. Faktor waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa menerima dan merespon ketika ada produk baru merupakan faktor yang mempengaruhi distribusi yaitu…
A. response time
B. product variety
C. time to market
D. customer experience
7. Jenis pasar pada kuadran ketiga yaitu pasar di mana …
A. permintaan dan penawaran rendah serta tidak bisa diramalkan
B. persediaan rendah dan permintaan lebih tinggi
C. persediaan lebih tinggi dibandingkan permintaan
D. permintaan dan penawaran tinggi
8. Kumpulan dari manajemen sediaan dan manajemen distribusi fisik disebut manajemen…
A. rantai pasok
B. logistik
C. pesanan
D. proyek
9. Pajak, tarif, nilai tukar mata uang, dan faktor ekonomi yang bersifat eksternal merupakan contoh faktor yang mempengaruhi keputusan desain jaringan yaitu faktor...
A. stratejik
B. pesaing
C. makroekonomi
D. biaya logistik dan fasilitas
10. Pertimbangan untuk menentukan di mana barang di simpan dan bagaimana cara pengirimannya menggunakan..
A. desain jaringan rantai pasok
B. logistik
C. inventory
D. value density
11. Salah satu contoh dari faktor eksternal yang mempengaruhi permintaan yaitu...
A. harga dan promosi periklanan
B. perubahan selera konsumen
C. desain pengepakan
D. ekspansi
12. Pola yang tidak termasuk dalam tipe perilaku permintaan yaitu pola....
A. tren
B. siklus
C. siklus tren
D. musiman
13. Pola permintaan di mana ada pergerakan bebas dan muncul secara periodik dalam jangka pendek dan berulang merupakan esensi dari pola...
A. siklus
B. siklus tren
C. tren
D. musiman
14. Metode yang mengembangkan model cause-and-effect antara permintaan dan variabel lainnya disebut metode peramalan...
A. kausal
B. kualitatif
C. simulasi
D. time series
15. Rumus untuk menghitung persamaan pada metode exponential smoothing yaitu...
A. Dt = at+b
B. Dt = L+T
C. At = aDt+ (1+a)
D. At = aDt+ (1+a)At-1
16. Variabel utama dalam peramalan yang berkombinasi akan menentukan kondisi pasar, 3 diantaranya adalah...
A. penawaran, persediaan, dan karakteristik produk
B. permintaan, penawaran, dan karakteristik produk
C. permintaan, persediaan, dan lingkungan kompetitif
D. permintaan, penawaran, dan lingkungan kompetitif
17. Salah satu fungsi penting dari persediaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan adalah...
A. menentukan jumlah stok persediaan
B. menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
C. menentukan berapa banyak bahan baku yang harus di pesan
D. menyimpan bahan baku yang dihasilkan secara massal
18. Jenis persediaan untuk menjaga terjadinya fluktuasi permintaan yang tidak diperkirakan sebelumnya dan untuk mengatasi jika terjadi penyimpangan dalam prakiraan penjualan disebut...
A. anticipation stock
B. lot-size inventory
C. pipeline inventory
D. fluctuation stock
19. Kegagalan untuk membuat estimasi yang akurat terhadap permintaan konsumen dan pelanggan serta keterbatasan tukar informasi antar anggota dalam rantai pasok yang mengakibatkan membengkaknya tingkat persediaan di seluruh sistem, merupakan esensi dari...
A. buy back
B. bullwhip effect
C. buffer stock
D. stock out
20. Cara penghitungan persediaan secara fisik yang dilakukan berdasarkan continuous basis sehingga dapat menyediakan informasi pada saat level tertentu disebut...
A. continuous system
B. basic system
C. interval system
D. periodic system
21. Manajer toko secara mingguan memeriksa ketersediaan barang di rak merupakan salah satu contoh sistem penghitungan persediaan yaitu...
A. continuous system
B. basic system
C. interval system
D. periodic system
22. Biaya yang timbul ketika permintaan melebihi persediaan di tangan termasuk opportunity cost karena tidak melakukan penjualan disebut biaya...
A. penyimpanan
B. pemesanan
C. kekurangan
D. keusangan
23. Metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling ekonomis disebut...
A. EOQ
B. EPQ
C. reorder point
D. safety stock
24. Data berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan No. 24 dan 25. Diketahui permintaan rata-rata jarum suntik per tahun PT. Alfath adalah 3.000 unit, biaya pemesanan adalah sebesar Rp. 300.000,00 per pemesanan, dan biaya penyimpanan per unit per tahun adalah sebesar Rp. 10.000,00. Pembelian optimal untuk tiap kali pemesanan adalah...
A. 300 unit
B. 325 unit
C. 424 unit
D. 450 unit
25. Jumlah pemesanan dalam setahun adalah...
A. 4 kali pemesanan per tahun
B. 5 kali pemesanan per tahun
C. 6 kali pemesanan per tahun
D. 7 kali pemesanan per tahun
26. Rumus untuk menghitung persediaan yang di buat sendiri adalah...
A. Q0 = v2DS/H vP/P-u
B. Q0 = v2DS/H
C. Q0 = vP/P-u
D. Q0 = v2DS/H vP-u/P
27. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencapai strategi yang tepat terkait dengan kemampuan rantai pasok dalam memenuhi kepuasan pelanggan, kecuali....
A. pencapaian strategi yang tepat
B. memahami kemampuan rantai pasok
C. memenuhi tingkat pelayanan yang tinggi
D. memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok
28. Kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dan pendukung dalam perusahaan untuk mencapai strategi kompetitif perusahaan merupakan esensi dari...
A. supply chain
B. value chain
C. demand uncertainty
D. implied demand uncertainty
29. Tujuan utama dari efficient supply chain dalam strategi rantai pasok yaitu...
A. respon cepat terhadap permintaan
B. meminimalkan persediaan supaya biaya rendah
C. menurunkan harga produk
D. memasok permintaan pada biaya terendah
30. Hal-hal berikut dapat mengurangi dampak bullwhip effect dalam rantai pasok, kecuali...
A. mengurangi variabilitas
B. strategi partnership
C. pengurangan lead time
D. membangun produk yang inovatif
31. Kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin merupakan esensi dari...
A. kustomisasi
B. fleksibilitas volume
C. kompetisi berbasis waktu
D. lead time
32. Salah satu kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu....
A. desain dengan performa yang tinggi
B. kustomisasi
C. ketepatan pengiriman
D. kecepatan layanan
33. Berikut ini adalah tujuan dari manajemen logistik pipeline, kecuali...
A. waktu respon yang lebih cepat
B. biaya yang lebih rendah
C. peningkatan variabilitas produk
D. kualitas yang lebih tinggi
34. Komponen utama dari Order Cycle Time (OCT), 3 diantaranya adalah...
A. peramalan permintaan, perakitan pesanan, dan transportasi
B. transportasi, penerimaan pesanan, dan pengiriman
C. peramalan permintaan, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
D. penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
35. Pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan permintaan pelanggan terhadap ketersediaan produk disebut...
A. replenishment lot size
B. responsive supply chain
C. cycle service level
D. supply chain
36. Rumus untuk menghitung tingkat optimal Cycle Service Level (CSL) yaitu...
A. CSL* = 1-HQ/DCu
B. CSL* = 1+HQ/DCu
C. CSL* = 1-HQ/ HQ+DCu
D. CSL* = 1+HQ/HQ+DCu
37. Sekumpulan tindakan rantai pasok untuk mengurangi replenishment lead-time disebut...
A. penundaan
B. tailored sourcing
C. memperbaiki peramalan
D. tanggapan cepat
38. Cara-cara berikut merupakan pengaturan untuk tingkat optimal ketersediaan produk, kecuali...
A. mengatur tingkat ketersediaan produk
B. memperhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barang
C. memastikan tingkat ketersediaan barang
D. memperbaiki peramalan permintaan produk
39. Mengelola pengaturan produk yang digunakan dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan datang merupakan salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu...
A. demand management
B. customer service management
C. returns management
D. customer relationship management
40. Kelemahan dalam melihat gambaran besar dan bertindak hanya pada satu bagian dalam perusahaan merupakan salah satu hambatan dalam integrasi rantai pasok yaitu...
A. lack of trust
B. silo mentality
C. lack of knowledge
D. lack of supply chain visibility
41. Strategi pembeli untuk meningkatkan pesanan ketika terjadi kelebihan permintaan disebut...
A. rationing
B. bullwhip effect
C. order batching
D. shortage gaming
42. Hubungan berdasarkan kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok merupakan esensi dari...
A. power-based relationship
B. trust-based relationship
C. deterrence-based view
D. process-based view
43. Proses makro yang fokus pada interaksi aliran atas antara perusahaan dan pemasok disebut...
A. customer relationship mangement (CRM)
B. supplier relationship management (SRM)
C. internal supply chain management (ISCM)
D. transaction management foundation (TMF)
44. Perencanaan stratejik, permintaan dan penawaran merupakan proses makro dalam rantai pasok yaitu...
A. customer relationship management (CRM)
B. supplier relationship management (SRM)
C. internal supply chain management (ISCM)
D. transaction management foundation (TMF)
45. Salah satu proses makro dalam rantai pasok Customer Relationship Mangement (CRM) adalah...
A. penjualan
B. pelayanan
C. pembelian
D. desain kolaborasi
Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Manajemen Rantai Pasokan EKMA4371
Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon