Soal Latihan Mandiri Public Speaking SKOM4312

Juni 10, 2017

1. Mengatasi rasa takut ketika harus berbicara di hadapan sejumlah orang serta mampu lebih efektif menyampaikan ide kepada orang lain adalah peran penguasaan keterampilan public speaking dalam hal…..

A. mempengaruhi dunia sekitar
B. mengembangkan diri pribadi
C. meningkatkan karir
D. menjadikan kita orang terkenal

A. Salah. Mempengaruhi dunia sekitar dimanifestasikan dalam bentuk menularkan ide kepada orang lain agar menerima dan melaksanakan ide kita.
B. Benar. Dengan kemampuan menyampaikan ide kepada orang lain secara  lebih efektif akan memperbesar kemungkinan ide kita diterima dan diterapkan.
C. Salah. Peningkatan karir dimanifestasikan misalnya dalam bentuk kemampuan mempresentasikan rencana kerja di hadapan atasan.
D. Salah. Tujuan utama penguasaan keterampilan public speaking bukan agar kita menjadi orang terkenal.


2. Mempersiapkan diri dengan baik merupakan salah satu strategi yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan kepercayaan diri saat melakukan kegiatan public speaking. Salah satu cara mempersiapkan diri secara baik adalah dengan....

A. Meyakinkan diri kita bahwa kita pasti bisa melakukan kegiatan public speaking
B. Mengembangkan formula 5W+1H
C. Berlatih mengucapkan kata-kata yag sulit
D. Membayangkan diri kita berada di atas panggung

A. Salah. Meyakinkan diri kita bahwa kita pasti bisa melakukan  public speaking merupakan salah satu aspek berpikiran positif.
B. Benar. Formula 5W+1H bermanfaat untuk memersiapkan siapa audiens kita, apa yang kita sampaikan, kapan, di mana, mengapa kita harus menyampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya.
C. Salah. Berlatih mengucapkan kata-kata yag sulit merupakan sala satu aspek mempersiapkan diri dengan berlatih.
D. Salah. Membayangkan diri kita berada di atas panggung merupakan salah satu aspek menggunakan kekuatan visualisasi diri.


3. Salah satu cara yag bisa dilakukan dalam mengurangi kecemasan dalam melakukan kegiatan public speaking  adalah....

A. Mengonsumsi teh hangat sebelum tampil
B. Mengenakan pakaian baru
C. Melakukan kontak mata dengan audiens
D. Memaksimalkan alat bantu visual

A. Salah. Sebaiknya sebelum tampil, kita mengonsumsi air putih.
B. Salah. Pakaian baru berisiko untuk dikenakan saat berbicara di depan publik, karena kemungkinan bisa terjadi bahan kusut atau kurang pas di badan.
C. Benar. Melakukan kontak mata dengan audiens, bisa mengurangi rasa cemas, selain itu bisa menunjukkan rasa penghargaan kita kepada audiens.
D. Salah. Alat bantu visual hanya sebagai penunjang penampilan kita, kalau terlalu berlebihan justru akan mengganggu penyampaian pesan utama.


4. Aplikasi retorika sebagai cikal bakal public speaking di bidang politik pada zaman Yunani Kuno terlihat pada....

A. Pihak-pihak yang bertikai saling beradu argumentasi untuk mempengaruhi keputusan hakim dan juri untuk memenangkan mereka
B. Berbagai puisi indah yang dihasilkan oleh kaum sofis
C. Pengajaran secara profesional tentang cara beretorika
D. Rapat-rapat besar yang dihadiri oleh para warga polis yang berpengaruh

A. Salah. Pihak-pihak yang bertikai saling beradu argumentasi untuk mempengaruhi keputusan hakim dan juri untuk memenangkan mereka  merupakan aplikasi public speaking di bidang hukum.
B. Salah. Kaum sofis banyak mengajarkan kemampuan menjadi pemimpin yang terdiri dari nilai-nilai positif, manajemen citra, dan pengembangan diri.
C. Salah. Berbagai puisi indah yang dihasilkan oleh kaum sofis  merupakan cara yang dilakukan kaum sofis untuk  menarik audiens.
D. Benar. Rapat besar kerap diadakan di tempat-tempat terbuka yang hanya boleh dihadiri oleh warga kelas atas untuk bisa berargumentasi yang akan menghasilkan keputtusan yang bersifat politis.


5. Retorika akan memiliki daya untuk bisa menggerakkan publik bila mampu menggugah emosi publik. Menurut Aristoteles, hal tersebut merupakan salah satu pembuktian retorika yang dikenal dengan istilah....

A. Ethos
B. Pathos
C. Logos
D. Nomos

A. Salah. Ethos berkenaan dengan kredibilitas pembicara.
B. Benar. Pathos adalah kemampuan seorang pembicara dalam menggugah emosi pendengar.
C. Salah. Logos berkenaan dengan pembuktian logika.
D. Salah. Nomos sama sekali tidak bertalian dengan pembuktian retorika.


6. Tahapan dalam retorika di mana pembicara merancang isi argumen, mempertimbangkan pro-kontra dalam topik-topik yang ia bawakan, serta menyesuaikan argumen dengan situasi publik, merupakan salah satu hukum retorika yang disebut....

A. Inventio
B. Dispositio
C. Elucutio
D. Memoria

A. Benar. Tahap ini berhubungan erat dengan konsep logika (logos) dalam tiga pembuktian retorika, di mana pembicara menyusun berbagai argumen yang mendukung materi yang disampaikan.
B. Salah. Dispositio merupakan tahap penyusunan argumentasi yang terdiri atas introduksi, isi, dan simpulan.
C. Salah. Elucutio  menyangkut pemilihan bahasa yang dipakai, termasuk istilah yang dipakai serta kepantasan berbahasa.
D. Salah. Tahap Memoria adalah tahap di mana pembicara harus memiliki ingatan/pengetahuan tentang subyek atau materi yang disampaikan.


7. Aristoteles berpendapat bahwa publik adalah elemen terpenting dari public speaking, hal ini disebabkan karena publik yang menentukan ….

A. Pembicara dalam kegiatan public speaking
B. kesuksesan sebuah public speaking
C. isi/materi public speaking
D. tempat dan waktu kegiatan public speaking

A. Salah. Publik tidak selalu menentukan siapa pembicara sebuah kegiatan public speaking.
B. Benar. Publik akan menentukan apakah sebuah kegiatan ps sukses atau tidak, terutama jika pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh publik dan pembicara berhasil menggugah emosi publik.
C. Salah. Publik tidak menentukan materi publik speaking.
D. Salah. Publik belum tentu menentukan tempat dan waktu kegiatan publik speaking.


8. Keuntungan utama yang kita peroleh dengan kemampuan “mendengarkan” dalam kegiatan publik speaking  adalah kita dapat....

A. mengantisipasi keinginan publik
B. mempersiapkan materi dengan lebih detail
C. bersikap memberikan perhatian pada publik
D. mengetahui apa umpan balik yang diberikan publik

A. Salah. Kita tidak dapat mengantisipasi keinginan publik sebelum kegiatan ps dilakukan.
B. Salah. Mempersiapkan materi secara baik adalah bagian dari tahapan publik speaking.
C. Salah. Bersikap memberikan perhatian pada publik bukan temasuk kategori keuntungan ”mendengarkan”
D. Benar. Dengan mendengarkan, kita akan tahu apa sebenarnya reaksi publik terhadap pesan kita dan apa yang menjadi keinginan mereka.


9. Nilai kejujuran menjadi salah satu poin penting etika dalam publik speaking. Jika seorang pembicara ragu akan informasi yang ia miliki, maka yang sebainya ia lakukan adalah....

A. Tetap menyampaikan informasi tersebut agar publik menjadi puas
B. Memanipulasi informasi tersebut
C. Tidak menyampaikan informasi tersebut
D. Meminta publik memastikan kebenaran informasi tersebut

A. Salah. Informasi yang meragukan tidak boleh disampaikan kepada publik.
B. Salah. Memanipulasi informasi berarti pembicara melakukan kebohongan publik.
C. Benar. Sebaiknya informasi yang meragukan tidak disampaikan agar tidak menimbulkan kekisruhan.
D. Salah. Meminta publik memastikan kebenaran informasi tersebut justru akan menurunkan kredibilitas pembicara.


10. Tujuan pembicara harus mengetahui orang penting (VIP) yang akan hadir di acara tersebut adalah agar....

A. Ia bisa menyapa sang tamu VIP pada saat pembukaan pembicaraannya sebagai bentuk penghormatan
B. Ia mendapat posisi yang sama dengan tamu kehormatan tersebut
C. Ia dapat kredit lebih karena sudah berbicara di hadapan orang penting
D. Ia mendapat imbalan materi yang sesuai

A. Benar. Orang penting yang hadir pada suatu acara, harus menapat kehormatan disapa secara khusus pada saat seorang pembicara mengawali pembicaraannya.
B. Salah. Seorang pembicara yang baik tidak perlu merasa harus mendapatkan posisi yang sama dengan orang penting yang hadir di acara tersebut.
C. Salah. Kredibilitas pembicara tidak ditentukan oleh siapa orang-orang penting yang pernah menjadi audiensnya.
D. Salah. Imbalan materi seorang pembicara tidak dipengaruhi oleh orang penting yang menjadi audiensnya.


11. Mengawali sebuah kegiatan publik speaking, memerlukan cara yang cerdik, antara lain pembicara melakukan icebreaking dengan cara....

A. Menyajikan argumentasi yang akurat
B. Memuji diri sendiri
C. Mengevaluasi pakaian yang dikenakan audiens
D. Menyampaikan cerita lucu

A. Salah. Penyajian argumentasi terlalu berat untuk dijadikan sebagai icebreaking, yang tepat adalah menyampaikan sebaiknya hal-hal yang ringan.
B. Salah. Memuji diri sendiri akan memberi kesan arogan dan over-confidece pada diri pembicara.
C. Salah. Audiens tidak akan merasa nyaman bila dievaluasi. Hal ini justru akan menimbulkan rasa tidak enak pada diri audiens.
D. Benar. Memulai pembicaraan dengan menyampaikan cerita lucu akan mencairkan suasana dan menjembatani gap yang mungkin ada antara pembicara dan audiens.


12. Membaca atau menghafal naskah public speaking bukanlah cara yang dianjurkan bagi seorang pemula. Cara terbaik adalah dengan....

A. Mengomunikasikan pesan kita
B. Menjelaskan pesan kita
C. Menyampaikan pesan kita
D. Mengarahkan pesan kita

A. Benar. Dengan mengomunikasikan pesan kita, kita bisa secara natural menyampaikan pesan dan memperhatikan  yang diberikan audiens.
B. Salah. Menjelaskan terkesan menggurui dan sifatnya satu arah.
C. Salah. Sekedar menyampaikan juga terkesan hanya  bersifat 1 arah.
D. Salah. Mengarahkan terkesan pembicara menggurui audiens.


13. Bagi seorang pemula, pemilihan topik pembicaraan sebaiknya adalah....

A. Hal yang sedang menjadi pembicaraan hangat di masyarakat
B. Sesuai dengan saran yang diberikan oleh penyelenggara
C. Hal yang disukai atau dikuasai pembicara
D. Sesuai permintaan audiens

A. Salah. Hal yang menjadi pembicaraan hangat di masyarakat memang bagus untuk dijadikan topik pembicaraan. Namaun, jika seoramg pemula tidak menguasainya, sebaiknya tidak memilih topik ini, karena bisa menimbulkan maslah pada saat presentasi.
B. Salah. Belum tentu saran yang diberikan penyelenggara dikuasai oleh, sehingga akan bisa menimbulkan masalah pada saat presentasi.
C. Benar. Mengungkapkan sesuatu yang kita sukai dan atau kuasai, misalnya tentang hobi kita, tentang pengalaman kita, akan lebih mudah dan lebih natural disampaikan oleh seorang pemula.
D. Salah. Permintaan audiens bila tidak kita kuasasi justru bisa mempersulit kita.


14. Brainstorming adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk menggali topik pembicaraan dengan cara....

A. mengungkapkan pengalaman pribadi
B. melakukan pengelompokkan topik
C. melakukan pencarian topik melalui referensi
D. melakukan pencarian melaui internet

A. Salah. Ini merupakan metode pengalaman pribadi.
B. Benar. Meode brainstorming dilakukan dengan cara membuat pengelompokkan topik yang dibuat di dalam tabel-tabel.
C. Salah. Ini merupakan metode mencari referensi.
D. Salah. Ini merupakan metode menggali informasi melalui internet.


15. Menjadi diri sendiri adalah salah satu strategi yang bisa dilakukan seoramg pembicara untuk bisa membina hubungan baik dengan publik. Hal ini dilakukan dengan cara....

A. menyampaikan fakta kepada audiens
B. tampil apa adanya
C. semangat ketika menyampaikan topik presentasi
D. menyampaikan secara tulus apresiasi kita kepada audiens

A. Salah. Ini merupakan aspek kredibilitas pembicara di mata audiens.
B. Benar. Tampil apa adaya menunjukkan bahwa kita berani tampil sebagai diri  sendiri tanpa dibayangi-bayangi oleh sosok siapapun.
C. Salah. Ini merupakan aspek kita menyukai topik yang kita sampaikan.
D. Salah. Ini merupakan aspek kita menyukai topik audiens.


16. Untuk memudahkan pembicara dalam memilih topik dan sub-topik, termasuk contoh dan ilustrasi, maka analisis publik dilakukan dari aspek....

A. strata ekonomi
B. gender
C. usia
D. status sosial

A. Salah.
B. Salah.
C. Benar. Topik yang dipilih akan dipengaruhi oleh usia audiens, apakah kaum muda atau orang tua yang juga akan mempengaruhi gaya berbicara pembicara.
D. Salah.


17. Bila presentasi membutuhkan diskusi di antara publik, maka pengaturan ruang dibuat....

A. Theater style
B. Class room
C. U shape
D. Herring bone

A. Salah. Pengaturan tempat presentasi dengan Theater style tidak mampu mengakomodasi kebutuhan audiens yang harus saling berdiskusi
B. Salah. Pengaturan tempat presentasi dengan Class room tidak mampu mengakomodasi kebutuhan audiens yang harus saling berdiskusi.
C. Benar. Pengaturan tempat presentasi dengan U shape akan memudahkan audiens dalam melakukan diskusi sepanjang acara presentasi.
D. Salah. Pengaturan tempat presentasi dengan Herring bone tidak mampu mengakomodasi kebutuhan audiens yang harus saling berdiskusi.


18. Cara menarik minat publik dengan katagori subordinate adalah dengan....

A. Menyampaikan presentasi dengan gaya ringan
B. Menyampaikan presentasi dengan cara yang energik dan semangat
C. Menjelaskan informasi dan mengajak berdiskusi
D. Menyampaikan materi dengan sistematis, singkat, padat, dan jelas.

A. Salah. Ini cara yang dilakukan untuk audiens dengan kategori friendly.
B. Benar. Bagi audiens yang berkatagori subordinate, mereka perlu diberi instruksi dan dimotivasi agar bekerja lebih baik. Untuk itu, pembicara perlu berbicara dengan cara yang energik dan semangat.
C. Salah. Ini cara yang dilakukan untuk audiens dengan kategori intelllectual.
D. Salah.Ini cara yang dilakukan untuk audiens dengan kategori dominant.


19. Cara menjawab pertanyaan publik yang tidak mengerti atau kurang paham dengan materi presentasi kita adalah dengan....

A. mengulang kembali apa yang sudah kita sampaikan sebelumnya dengan cara bicara lebih perlahan dari sebelumnya
B. menjawab secara lengkap sesuai dengan apa yang ditanyakan oleh publik dan sebatas maksimal yang menurut kita boleh diketahui publik
C. Ucapkan terima kasih atas komentarnya dan jawablah secara wajar dan tidak perlu berlebihan
D. Bersikaplah tenang dan jawablah dengan benar dan tunjukkan antusias kita untuk menjawab

A. Benar. Cara ini dilakukan agar audiens lebih memahami materi yang sudah kita sampaikan sebelumnya.
B. Salah. Cara dilakukan untuk menjawab pertanyaan publik yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap.
C. Salah. Cara dilakukan untuk menjawab pertanyaan publik yang hanya ingin mencari perhatian di hadapan kita maupun publik lainnya
D. Salah. Cara dilakukan untuk menjawab pertanyaan publik yang ingin menguji kredibilitas kita.


20. Bila pertanyaan yang diajukan publik tidak sesuai dengan materi yang sedang disampaikan, maka yang sebaiknya dilakukan pembicara adalah….

A. Alihkan perhatian public dengan mengembalikan pada topic yang sedang dibicarakan.
B. Menjelaskan secara detail pertanyaan public meskipun itu di luar topic pembicaraan.
C. Jika pembicara tidak mengetahui jawabannya karena memang pertanyaan tidak relevan dengan materi yang sedang disampaikan, maka minta maaflah kepada publik karena kita tidak bisa menjawab pertanyaannya.
D. Meminta publik untuk bertanya kepada pembicara lain yang lebih berkompeten.

A. Salah. Hal ini akan memberi kesan pembicara tidak menghargai pertanyaan publik.
B. Salah. Memberi penjelasan materi di luar topik pembicaraan akan banyak membuang waktu dan fokus utama bisa tidak tercapai.
C. Benar. Jika pembicara memang tidak dapat menjawab pertanyaan publik, sebaiknya meminta maaf dan menjelaskan bahwa materi yang ditanyakan di luar topik pembicaraan.
D. Salah. Hal ini akan menjatuhkan kredibilitas pembicara.


21. Jika seorang pembicara akan menggunakan internet sebagai sumber data materi presentasi, maka yang harus dikritisi adalah....

A. Kredibiltas penulis
B. Subjektivitas informasi
C. Data yang paling sering diakses.
D. Data yang masih belum banyak diacu.

A. Benar. Kredibiltas penulis bisa dijadikan indikator validitas data yang kita gunakan sebagai sumber, misalnya artikel di jurnal yang telah melewati proses seleksi yang ketat.
B. Salah. Yang diperlukan adalah objektivitas informasi.
C. Salah. Data yang paling sering diakses belum tentu data yang valid.
D. Salah. Data yang masih belum banyak diacu belum tentu merupakan data yang bagus dan valid.


22. Tujuan memberikan contoh pada kegiatan public speaking adalah untuk....

A. Menunjukkan kredilitas pembicara
B. Memperjelas ide pembicara
C. Mempengaruhi publik
D. Memperlihatkan kualitas pembicara

A. Salah. Kredibilitas pembicara lebih dibuktikan dengan kemampuannya menyampaikan argumentasi yang valid.
B. Benar. Dengan pemberian contoh, publik bisa lebih memahami materi yang disampaikan pembicara.
C. Salah. Mempengaruhi publik dilakukan dengan penyajian argumentasi yang valid.
D. Salah. Seperti halnya kredibilitas, kualitas pembicara lebih ditentukan oleh kemampuannya menyajikan argumen/data yang valid. Akurat, dan relevan.


23. Dalam menggunakan data statistik untuk menunjang materi dalam kegiatan public speaking, pembicara harus memastikan bahwa data diperoleh secara random/acak yang bertujuan agar....

A. penelitian menjadi bagus
B. tidak ada kecemburuan di antara seluruh anggota populasi.
C. pembicara dapat berbicara mewakili populasi.
D. setiap anggota populasi memperoleh kesempatan yang sama untuk diteliti.


A. Salah. Bagus atau tidaknya sebuah penelitian ditentukan oleh banyak faktor, bukan faktor populasi semata.
B. Salah. Ini bukan alasan yang baik, karena belum tentu di antara anggota populasi saling mengenal.
C. Salah. Dalam hal ini pembicara bukan mewakili kepentingan populasi.
D. Benar. Jika setiap setiap anggota populasi memperoleh kesempatan yang sama untuk diteliti, maka data yang diperoleh semakin valid dan mewakili kondisi populasi.


24. Kesaksian seseorang bisa menjadi salah satu cara untuk menggambarkan suatu kondisi dan kita gunakan dalam kegiatan public speaking. Kesaksian dari pihak yang memiliki pengetahuan dan otoritas tertentu sehubungan dengan topik PS yang kita sampaikan diperoleh dari saksi....

A. biasa
B. umum
C. ahli
D. awam

A. Salah. Dalam hal ini, kesaksian dibagi dua kategori, yaitu saksi ahli dan saksi awam, tidak ada saksi biasa.
B. Salah. Dalam hal ini, kesaksian dibagi dua kategori, yaitu  dari saksi ahli dan dari saksi awam, tidak ada saksi umum.
C. Benar. Saksi ahli merupakan kesaksian dari pihak yang memiliki pengetahuan dan otoritas tertentu sehubungan dengan topik PS yang kita sampaikan diperoleh dari saksi ahli.
D. Salah. Kesaksian awam artinya kesaksian dari orang biasa yang memiliki kriteria serupa dengan kita, bukan orang terkemuka atau memiliki otoritas dalam topic tersebut.


25. John Townsend dalam bukunya The Business Presenter’s memberikan tip untuk mengorganisasikan presentasi dengan struktur BOMBER ‘B’ yang merupakan singkatan dari: “Bang! – Opening – Message – Bridge – Examples – Recap – Bang!”. “Bang!” yang pertama mengandung makna bahwa pembicara sebaiknya mengawali pembicaraan dengan pernyataan yang….

A. Dramatis atau provokatif
B. Menyejukkan
C. Humoris
D. Menenangkan

A. Benar. Pernyataan yang dramatis atau provokatif akan memusatkan perhatian dan ketertarikan audiens ke topik pembicaraan
B. Salah. Pernyataan yang menyejukkan belum tentu mampu membangkitkan ketertarikan audiens.
C. Salah. Pernyataan yang humoris belum tentu mampu membangkitkan ketertarikan audiens.
D. Salah. Pernyataan yang menenangkan belum tentu mampu membangkitkan ketertarikan audiens.


26. Saat akan memberikan salam pembuka, apa yang sebaiknya dilakukan oleh seorang pembicara?

A. Melakukan tes mikrofon
B. Meminta audiens untuk tenang
C. Memastikan kesiapan isi materi pembicaraan
D. Diam sejenak dan menyebar pandangan ke seluruh audiens

A. Salah. Tes mikrofon dilakukan sebelum acara dimulai
B. Salah. Pembicara tidak perlu secara verbal meminta audiens untuk diam
C. Salah. Materi pembicaraan dicek pada tahap persiapan
D. Benar. Dengan diam dan menyebar pandangan, pembicara seakan-akan memberitahukan kepada seluruh public bahwa acara akan dimulai dan meminta perhatian mereka


27. Jika pembicara diminta oleh pihak pengundang untuk menyampaikan presentasi dengan topik/judul yang telah ditetapkan, pembicara dapat mengatakan....

A. Saya rasa Anda semua sudah mengetahui topik yang akan saya bicarakan siang ini
B. Saya diminta untuk menyampaikan materi tentang ”Cara belajar yang efektif bagai mahasiswa pendidikan jarak jauh”
C. Saya akan menyampaikan materi sesuai dengan yang diminta oleh panitia
D. Mudah-mudahan materi yang akan saya sampaikan sesuai dengan yang ditetapkan panitia

A. Salah. Belum tentu semua audiens mengetahui topik pembicaraan, seandainya pun mereka sudah mengetahui, pembicara tetap perlu menyampaikan topik.
B. Benar. Ini adalah cara untuk menyampaikan topik/judul presentasi sesuai dengan permintaan panitia.
C. Salah. Ungkapan ini belum menyampaikan topik/judul presentasi.
D. Salah. Topik pembicaraan sebaiknya sesuai dengan permintaan panitia, bukan berharap sesuai.


28. Menyampaikan humor bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan ice breaking (mencairkan suasana agar tidak kaku) pada awal presentasi. Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat menyampaikan humor adalah....

A. Isi humor berkaitan dengan materi presentasi
B. Tidak mengandung unsur SARA
C. Harus mampu membuat audiens tertawa terpingkal-pingkal
D. Humor perlu disesuaikan dengan selera humor audiens.

A. Salah. Dalam menyampaikan humor, isi humor sebaiknya berkaitan dengan materi presentasi dan tidak mengandung unsur SARA.
B. Salah. Dalam menyampaikan humor, isi humor sebaiknya tidak mengandung unsur SARA.
C. Benar. Humor yang disampaikan tidak harus sampai membuat audiens tertawa terpingkal-pingkal.
D. Salah. Dalam menyampaikan humor, perlu disesuaikan dengan selera humor audiens.


29. Metode presentasi yang diorganisasikan mengikuti pola arah, misalnya dari bawah ke atas, dari kiri ke kanan, dari dalam ke luar, dari kanan ke kiri, atau arah lainnya, disebut dengan metode….

A. Kronologis
B. Spatial
C. Sebab – akibat
D. Masalah – solusi

A. Salah. Pada metode kronologis, presentasi mengikuti waktu atau cerita tentang rentetan kejadiannya.
B. Benar. Pada metode spatial, presentasi diorganisasikan mengikuti pola arah, misalnya dari bawah ke atas, dari kiri ke kanan, dari dalam ke luar, dari kanan ke kiri, atau arah lainnya.
C. Salah. Pada metode sebab – akibat, presentasi diorganisasikan dengan main point yang menunjukan sebab dan akibatnya.
D. Salah. Pada metode masalah - solusi, presentasi dibuat dalam dua main points yaitu yang pertama menggambarkan masalah yang ada dan serius, di bagian ke dua mempresentasikan bagaimana solusi atas masalah tersebut.


30. Tidak ada kata terlambat untuk merubah kebiasaan, lakukan sekarang atau kita menyesal dikemudian hari’. Ungkapan penutup presentasi di atas adalah penutup dengan strategi....

A. meringkas main points dan mengulangnya kembali
B. mempersuasi publik
C. menyampaikan harapan
D. memberi reward and punishment

A. Salah. Ungkapan tersebut bukan bentuk ringkasan poin-poin utama.
B. Salah. Ungkapan tersebut bukan bentuk persuasi publik.
C. Benar. Ungkapan tersebut merupakan bentuk penyampaian harapan dengan pernyataan positif.
D. Salah. Ungkapan tersebut bukan bentuk pemberian reward and punishment.


31. Alat bantu presentasi yang digunakan untuk mendemonstrasikan cara penggunaan, manfaat, dan bentuk suatu objek disebut dengan….

A. Table-top flip chart
B. Hand-outs
C. Kostum
D. Models (barang contoh)

A. Salah. Table-top flip chart  adalah papan berukuran folio dengan penjepit kertas di atasnya digunakan oleh pembicara untuk memberikan informasi tambahan.
B. Salah. Hand-outs adalah materi yang disampaikan oleh pembicara kepada publik. Dapat dicetak dalam bentuk lembaran kertas atau dijilid bila jumlahnya banyak.
C. Salah. Kostum adalah penampilan khusus yang dikenakan oleh pembicara.
D. Benar. Alat bantu presentasi yang digunakan untuk mendemonstrasikan cara penggunaan, manfaat, dan bentuk suatu objek.


32. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan slide presentasi adalah….

A. Gunakan tata bahasa yang baik, pilih kata-kata yang tepat dan dapat dimengerti publik
B. Maksimalkan penggunaan singkatan
C. Minimalkan penggunaan gambar
D. Menulis slide dengan kata-kata

A. Benar. Dalam slide gunakan tata bahasa yang baik, pilih kata-kata yang tepat dan dapat dimengerti publik
B. Salah. Penggunaan singkatan sebaiknya dihindari
C, Salah. Penggunaan gambar sesuai kebutuhan
D. Salah. Kata-kata tidak efektif dituangkan seluruhnya dalam slide


33. Salah satu poin yang harus diperhatikan saat melakukan presentasikan dengan alat bantu visual adalah “Berbicaralah dengan publik”. Hal ini berarti pembicara harus….

A. Melakukan kontak mata dengan seluruh audiens
B. Berbicara dengan sebagian audiens
C. Berkonsentrasi pada audiens yang masuk katagori VIP
D. Berkonsentrasi pada materi di alat bantu

A. Benar. Pembicara harus tetap menjaga pandangan dan melakukan kontak mata dengan seluruh audiens meskipun presentasi menggunakan alat bantu visual.
B. Salah. Berbicara dengan sebagian audiens akan membuat audiens lain merasa tidak dihargai.
C. Salah. Berkonsentrasi hanya dengan audiens yang masuk katagori VIP akan membuat audiens lain merasa tidak dihargai.
D. Salah. Berkonsentrasi pada materi di alat bantu berarti tidak berbicara dengan audiens.


34. Manakah di antara ungkapan verbal berikut ini yang sesuai dengan rambu-rambu penggunaan bahasa verbal dalam public speaking?

A. Sebelum memulai presentasi, saya mohon maaf kalau saya nanti membuat kesalahan-kesalahan.
B. Selamat pagi Ibu dan Bapak, senang sekali saya, Putri Laksmi dapat memperkenalkan perusahaan kami, PT. Komputindo, yang akan menjadi partner perusahaan Ibu dan Bapak dalam melakukan perawatan fasilitas computer di sini.
C. Perusahaan kita akan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan Ibu dan Bapak semaksimal mungkin.
D. Baik Ibu dan Bapak, akan aku perkenalkan teman-temanku yang pagi ini hadir untuk memberikan penjelasan tentang produk perusahaan kita.

A. Salah. Meminta maaf untuk kesalahan yang belum dilakukan hanya menunjukkan rasa tidak percaya diri pembicara.
B. Benar. Kalimat pembukaan disampaikan secara meyakinkan menunjukkan rasa percaya diri pembicara.
C. Salah. Kata ganti “kita” tidak tepat digunakan, yang tepat adalah “kami”.
D. Salah. Kata ganti “aku” tidak tepat digunakan pada forum resmi, yang tepat adalah kata “saya”.


35. Kontak mata yang benar yang harus dilakukan seorang pembicara adalah….

A. Memandang bagian dahi atau bagian atas mata audiens.
B. Memandang audiens yang dikenal untuk mengurangi rasa grogi.
C. Menjaga pandangan pada orang-orang penting yang hadir.
D. Memandang tepat mata audiens.

A. Salah. Memandang hanya bagian dahi audiens akan membuat audiens merasa bahwa kita tidak sungguh-sungguh berbicara dengan mereka.
B. Salah. Hanya memandang audiens yang dikenal akan membuat audiens lain merasa tidak dihargai.
C. Salah. Menjaga pandangan hanya pada orang-orang penting yang hadir akan membuat audiens lain merasa tidak dihargai.
D. Benar. Pembicara harus mampu melakukan kontak mata dengan audiens. Jika grogi, kemampuian ini harus terus dilatih.


36. Penampilan adalah faktor penting yang harus diperhatikan ketika akan melakukan kegiatan public speaking. Jika seseorang akan melakukan presentasi pagi atau siang hari, busana yang sebaiknya dihindari adalah yang….

A. Berwarna gelap
B. Beraksesoris maksimal
C. Tidak mengkilat
D. Selalu formal

A. Salah. Busana berwarna gelap lebih tepat dikenakan malam hari
B. Salah. Aksesoris sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan
C. Benar. Warna mengkilat tidak tepat dikenakan pada pagi atau siang hari.
D. Salah. Formal atau tidaknya pakaian disesuaikan dengan acara.


37. Adakalanya  public speaking disampaikan dengan membaca naskah. Naskah public speaking harus dibuat dengan menggunakan simbol-simbol khusus untuk membacanya. Untuk membaca dengan nada suara/pitch meninggi diberi simbol….

A. panah melengkung
B. garis miring
C. garis tegak dua sejajar
D. titik-titik

A. Benar. Simbol panah melengkung adalah simbol nada suara meninggi
B. Salah. Simbol garis miring adalah symbol jeda/pause
C. Salah. Simbol garis tegak dua sejajar adalah symbol titik
D. Salah. Simbol titik-titk adalah symbol berbicara lebih lambat


38. Untuk membentuk suara yang baik, seorang pembicara harus memperhatikan irama suaranya yang disebut dengan istilah….

A. pitch
B. artikulasi
C. intonasi
D. volume

A. Salah. Ketinggian nada suara.
B. Salah. Artikulasi adalah kejelasan pengucapan kata
C. Benar. Intonasi adalah irama suara
D. Salah. Volume adalah kekerasan suara.


39. Dalam menyampaikan public speaking yang bertujuan untuk memberikan informasi, di bawah ini adalah hal-hal yang perlu dihindari pembicara, kecuali….

A. Memberi materi yang bersifat abstrak
B. Menyampaikan cerita yang mendramatisasi materi
C. Menggunakan bahasa teknis
D. Menyampaikan materi secara sederhana

A. Salah. Materi yang bersifat abstrak bisa dimispersepsikan oleh audiens.
B. Salah. Cerita yang didramatisasi akan mengalihkan konsentrasi audiens.
C. Salah. Penggunaan bahasa teknis akan mempersulit audiens menangkap informasi yang disampaikan.
D. Benar. Materi harus disampaikan secara sederhana agar mudah dipahami audiens.


40. Pembicaraan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk, salah satunya adalah menginformasikan hal yang berhubungan dengan sesuatu yang berbentuk maupun tidak berbentuk, yang disebut dengan klasifikasi….

A. Proses
B. Peristiwa
C. Konsep
D. Objek

A. Salah. Klasifikasi proses menginformasikan tentang serangkaian tindakan untuk menghasilkan sesuatu.
B. Salah. Klasifikasi peristiwa menginformasikan berbagai peristiwa, mulai dari peristiwa yang bersifat internasional, nasional sampai peristiwa lokal di lingkungan internal.
C. Salah. Klasifikasi konsep menginformasikan tentang pengetahuan, ide, prinsip, kepercayaan, dan sejenisnya.
D. Benar. Menginformasikan hal yang berhubungan dengan sesuatu yang berbentuk maupun tidak berbentuk, seperti: manusia, tempat, binatang, sesuatu yang bergerak, disebut klasifikasi objek.


41. Bagaimana publik menilai kecakapan pembicara, pengalamannya dan pengetahuannya terhadap subjek adalah Faktor yang mempengaruhi kredibilitas seorang pembicara di mata publik dari aspek….

A. Kompetensi
B. Karakter
C. Itikad
D. Penampilan

A Benar. kecakapan pembicara, pengalamannya dan pengetahuannya terhadap subjek adalah factor kompetensi yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens.
B Salah. faktor karakter yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens terkait dengan meliputi ketulusan pembicara dan keperdulian pembicara terhadap publik untuk bisa menerima informasi secara baik dan benar
C Salah. Itikad bukan faktor uatama yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens
D Salah. Penampilan bukan factor uatama yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens


42. Bukti bisa digunakan sebagai bahan pendukung argumentasi kita dalam public speaking. Bukti yang sebaiknya diberikan kepada audiens adalah bukti yang….

A. popular
B. fenomenal
C. spesifik
D. umum

A. Salah. Bukti yang popular belum tentu bukti yang baik untuk diajukan.
B. Salah. Bukti yang fenomenal belum tentu baik untuk disampaikan.
C. Benar. Bukti-bukti yang spesifik lebih mempersuasi daripada bukti yang bersifat umum.
D. Salah. Bukti-bukti umum kurang bisa mempersuasi audiens.


43. “Apakah Anda mau di usia 40 tahun nanti jantung Anda digerogoti kanker yang berasal dari rokok yang Anda hisap puluhan tahun?” Contoh kalimat di atas adalah strategi mempersuasi publik dengan menggunakan emosi, tepatnya rasa….

A. takut
B. bangga
C. belas kasihan
D. marah

A. Benar. Audiens dipancing rasa takutnya dengan pernyataan akan bahaya rokok agar mereka menjauhi rokok.
B. Salah. Contoh kalimat tersebut tidak memancing rasa bangga audiens.
C. Salah. Contoh kalimat tersebut tidak memancing rasa belas kasihan audiens.
D. Salah. Contoh kalimat tersebut tidak memancing rasa marah audiens.


44. Jika kita diminta untuk memperkenalkan seorang pembicara kepada publik, maka hal-hal yang sebaiknya kita informasikan terutama pada acara formal adalah….

A. Nama lengkap dengan gelar
B. Status pernikahan
C. Usia
D. Nomor telepon selular

A. Benar. Pada acara formal, penyebutan gelar secara lengkap akan menambah kredibilitas pembicara.
B. Salah. Status pernikahan bersifat pribadi, tidak perlu diinformasikan kepada audiens.
C. Salah. Usia bersifat pribadi, tidak perlu diinformasikan kepada audiens.
D. Salah. Nomor telepon selular bersifat pribadi, tidak perlu diinformasikan kepada audiens.


45. Hal-hal yang bisa disampaikan pembicara pada penutup pidato adalah….

A. meringkas poin utama yang sudah disampaikan
B. menambah pernyataan yang bisa memperkuat isi
C. menyampaikan kata-kata yang membuat publik mengingat dan terkesan dengan presentasi kita
D. meminta maaf karena presentasi kita tidak sempurna

A. Salah. Meringkas poin utama yang sudah diberikan bisa disampaikan pembicara pada penutup presentasi.
B. Salah. Menambah pernyataan yang bisa memperkuat isi bisa disampaikan pembicara pada penutup presentasi.
C. Salah. Menyampaikan kata-kata yang membuat publik mengingat dan terkesan dengan presentasi kita bisa disampaikan pembicara pada penutup presentasi.
D. Benar. Meminta maaf karena presentasi kita tidak sempurna bisa menurunkan kredibilitas pembicara.





Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »