Loading...
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217

September 19, 2018 Add Comment
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Drama PBIN421 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN421. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. salah, karena teater adalah tempat pertunjukan bukan tempat kegiatan mengolah peran
B. benar, bahwa teater adalah tempat pertunjukan
C. salah, karena teater adalah tempat pertunjukan bukan peralatan pertunjukkan
D. salah, karena teater adalah tempat pertunjukan bukan pertunjukkan dan bukan tontonan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. benar, karena manfaat mempelajari drama salah satunya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa lisan, sedang yang dicari yang bukan, jadi yang bukan adalah A
B. salah, menambah pengetahuan budaya merupakan salah satu manfaat mempelajari drama, sedangkan yang ditanya yang bukan manfaat
C. salah, karena mengembangkan daya kreasi siswa termasuk manfaat mempelajari drama
D. salah, karena mempermudah pembentukan watak termasuk manfaat mempelajari drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. salah, karena langkah 1  3 adalah langkah strategi analisis bukan strategi strata
B. salah, karena Langkah 2 sampai 4 merupakan langkah strategi analisis bukan langkah strategi strata
C. salah, karena strategi analisis dan strategi strata sama-sama melakukan langkah 1 dan 2
D. benar, ciri utama langkah strategi strata melakukan langkah keempat rekreasi yang terdapat pada langkah ke 4

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. salah, karena membaca naskah drama merupakan cara pembelajaran drama bagi siswa, sedangkan yang ditanya yang bukan pembelajaran drama bagi siswa SLTP/SLTA
B. salah, karena berlatih membawakan peran termasuk cara melakukan pembelajaran drama bagi siswa sedangkan yang ditanya yang bukan
C. benar, membiarkan siswa menampilkan adegan drama sesuai kemauannya sangat tidak dibenarkan dalam pembelajaran drama bagi siswa SLTP/SLTA
D. salah, karena melafalkan kata-kata sambil berlatih gerakan adalah cara melakukan pembelajaran drama yang dipersyaratkan sedangkan yang diminta adalah yang bukan termasuk dari melakukan pembelajaran drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. benar, sebuah pertunjukan yang ditujukan menyambut kelahiran seorang bayi disebut dalang jemblung
B. salah, Cepung adalah seni membaca kitab lontar yang diiringi musik bukan upacara kelahiran bayi
C. salah, Sinrili adalah pertunjukan cerita tutur yang diiringi rebab
D. salah, Kaba adalah cerita yang dituturkan oleh tukang kaba

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. salah, Randaiadalah teater rakyat dari Minangkabau bukan dari Betawi
B. salah, Cepung berasal dari Lombok yaitu seni membaca kitab lontar yang diiringi musik
C. salah, Bapandung adalah teater rakyat dari Kalimantan Selatan
D. benar, Lenong Blantek adalah teater rakyat dari Betawidengan pemakaian bahasa yang sangat kental

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. salah, karena pembaguan sastra menjadi a) kebangkitan dan b) pembangunan, dan masa 1950-1063 adalah Periode sastra tersebut menurut Boen Sri Oemaryati
B. benar, Periode sastra tersebut menurut Jakob Sumardjo
C. salah, karena Periode sastra Balai pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 50 dan Angkatan 70an merupakan periodesasi sastra secara umum
D. salah, karena Periode sastra Nusantara Kuno, Nusantara Hindu, Nusantara Islam merupakan periodisasi sastra Nusantara

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. salah, karena Pujangga Baru ciri kemajuannya bersifat simbolik
B. salah, karena Drama Mutakhir berciri naskah setengah jadi
C. salah, karena Drama Sesudah Kemerdekaan hanya diperkuat oleh dua kubu yaitu lekra dan religius
D. benar, drama-drama Zaman Jepang berisi patriotisme dan cinta tanah air sehingga menyuarakan bangkitnya bangsa-bangsa Asia, perjuangan kemerdekaan Indonesia

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. benar, komedi kritikan dengan gaya humordan film Naga Bonar termasuk komedi
B. salah, karena farse termasuk yang cenderung fulgar dan konyol
C. salah, karena opera menggabungkan musik dan drama
D. salah, karena tragedi adalah drama yang mengisahkan kemuraman dan kesedihan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. salah, karena drama tragedi bersifat tragis
B. salah, komedi bersifat humor tetapi bukan ejekan terhadap kondisi manusia
C. salah, karena melodrama adalah  gabungan antara musik dan drama dan jalan ceritanya bervariasi tidak selalu komik
D. benar, farce adalah jenis drama yang bersifat komik, penuh ejekan terhadap kondisi seseorang

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. benar, karena ucapan tokoh memandang rendah dan jelek semua orang yang ada di desa.
B. salah, karena semua ucapan pelaku tidak ada pernyataan yang menunjukkan watak pengasih.
C. salah, karena watak humoris dinyatakan dengan ucapan-ucapan yang mengandung tawa.
D. salah, karena dari kutipan dialog menunjukkan kesombongan, bukan keseriusan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. salah, cuplikan karya di atas tidak ada hubungangannya dengan biografi pengarang
B. salah, karena sisi pemikiran biasanya berhubungan dengan ilmu filsafat dan cabang-cabangnya. Kutipan di atas tidak mencerminkan pemikiran yang dalam terutama pada baris ke 3
C. benar, kutipan di atas mencerminkan kebiasaan hidup dan budaya kita sehari-hari yang seringkali bicara tanpa dipikirkan terlebih dahulu
D. salah, karena dari dialog tersebut tidak menunjukkan pendidikan tetapi pembicaraan yang tanpa dipikir

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. salah, karena mencari kata-kata yang bernuansa sastra hanya terdapat pada puisi
B. benar, menemukan diksi yang karakternya mempertentangkan antagoniis dan protogonis merupakan tujuan analisis unsur bahasa
C. salah, karena menemukan ciri drama dilihat dari sis sifatnya, seperti tragedi, komedi, melodrama dan force
D. salah, yang benar menemukan diksi yang karakternya mempertentangkan antagoniis dan protogonis

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. salah, karena kata bernuansa satra tidak selalu melambangkan karakter yang diucapkan
B. benar, fokus bahasa di dalam drama untuk mewujudkan ketepatan karakter antagonis dan protagonis
C. salah, keindahan karya drama dibangun oleh unsur intrinsik dan ekstrinsik drama
D. salah, karena fokus bahasa di dalam dialog drama untuk mewujudkan ketepatan karakter antagonis dan protagonis, bukan merekam drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. benar, karena tema adalah gagasan pokok yang penyampaiannya didukung oleh jalinan antar unsur drama
B. salah, karena gagasan pokok drama adalah premis bukan tema
C. salah, karena kerangka dasar drama adalah premis bukan tema, karena tema perlu dilihat hubungan antar unsur drama pada saat dipertunjukkan
D. salah, bagian-bagian drama tidak dapat dijadikan tema karena tema harus diwujudkan oleh jalinan antar unsur drama seperti unsur interinsik, ekstrinsik, dan unsur bahasa, ketiganya saling mendukung

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. benar, karena amanat bersifat objektif, sedangkan tema bersifat subjektif.
B. salah, karena teks bacaan dan makna teks merupakan wujud sebuah drama yang dibangun oleh tema dan amanat
C. salah, amanat merupakan penafsiran pembaca/penonton drama, sedangkan tema merupakan gagasan penulis drama, bukan gagasan pemain drama
D. salah, karena amanat bukan penafsiran penulis drama tetapi penafsiran pembaca atau penonton demikian juga tema merupakan gagasan penulis drama bukan gagasan penonton

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. salah, karena Ibrahim bukan hanya teguh pendirian tetapi keyakinan kepada Tuhan sangat kuat
B. salah, Ibrahim tidak egois tetapi taat pada perintah Tuhan.
C. salah, karena pesan yang ingin disampaikan pembaca bahwa menghadapi iblis harus teguh pendirian karena iblis akan melaporkan tipu daya diantaranya kelicikan
D. benar, lbrahim sangat tegas jika menyangkut perintah Tuhan seperti pada kutipan baris ke 3 dan ke 4

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. salah, karena menilai perilaku orang lain bukan termasuk cara mengenal diri
B. salah, karena meniru perilaku orang bukan termasuk cara mengenal diri sendiri
C. salah, karena mengamati semua yang ada di luar dirinya bukan cara mengenal diri sendiri
D. benar, tahapan ekspresi mengenal diri sendiri dilakukan dengan cara mencatat semua yang dirasakan diri setiap hari secara lengkap

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. salah, karena kesadaran Indra ditujukan untuk melatih panca indra dan tidak berhubungan dengan ekspresi memperbaiki penghayatan
B. benar, karena murni saat casting sudah menghayati tokoh yang diperankan, berarti ekspresinya sudah baik
C. salah, untuk menghayati peran pemain perlu melakukan berbagai latihan termasuk latihan pernapasan, tetapi pernapasan baik saja belum menjamin penghayatan menjadi baik
D. salah, karena improvisasi adalah mencipta, menyajikan sesuatu tanpa persiapan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. salah, karena ekspresi adalah penghayatan yang baik
B. benar, peristiwa tiba-tiba seperti adegan cerita tersebut sangat kuat improvisasinya
C. salah, karena gerakan tidak berhubungan dengan pernapasan
D. salah, karena laku adalah cara pemain melatih anggota tubuh untuk membantu kelenturan ekspresi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. salah, pemunculan bukan untuk ucapan tetapi untuk tampilan
B. benar, pengucapan dengan tekanan keras dilakukan dengan menggunakan teknik memberi tekanan pada dinamik
C. salah, nada adalah tinggi rendahnya suara ketika seseorang berucap
D. salah, tempo adalah cepat atau lambatnya ucapan seseorang

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. salah, pementasan adalah hasil akhir dari proses drama bukan tahap mengubah skenario
B. salah, opsi B adalah langkah sebelum pernapasan
C. salah, opsi C merupakan proses sebelum pementasan
D. benar, bahwa pementasan drama adalah hasil perwujudan dari naskah yang dimainkan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. salah, karena tim artistik tidak bertugas memilih naskah, pemain, dan melatih para pemain
B. salah, pemain hanya bertugas memerankan tokoh
C. salah, pengurus produksi hanya bertangung jawab terhadap bagian administrasi dan perlengkapan
D. benar, yang mengurus semua komponen pementasan drama adalah tugas sutradara

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. salah, opsi A tidak hanya dilakukan di sekolah tetapi bisa juga di rumah
B. salah, opsi B merupakan tujuan semua kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bukan hanya kegiatan drama
C. benar, tujuan teater sekolah untuk melatih pengalaman dan tanggung jawab kepada siswa
D. salah, ketidaksukaan pada kegiatan lain tidak mesti masuk kegiatan teater sekolah

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. salah, opsi A merupakan aturan umum pengetikan tulisan
B. salah, opsi B tidak selalu dapat di dramatisasikan
C. salah, naskah  yang terpilih tidak selalu merupakan pengalaman penulis
D. benar, karena naskah yang baik secara sastra adalah naskah yang, isinya baik dan mendidik.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. benar, Pada awalnya pantomim adalah acara selingan untuk menimbulkan gelak tawa penonton
B. salah, opsi B bisa juga dilakukan oleh binaragawan, dramawan, penari, dan lain-lain
C. salah, opsi C tidak berhubungan dengan sejarah pantomin yang ditujukan untuk selingan yang menghibur
D. salah, opsi D berhubungan dengan pengertian pantomin bukan berhubungan dengan sejarah pantomin

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. benar, manfaat pantomim agar gerakan tubuh dan tangan semakin luwes dan ekspresif
B. salah, menjiwai karakter tidak harus melalui pantomin
C. salah, opsi C dilakukan melalui berlatih laku dan ekspresi
D. salah, opsi D bukan tujuan pantomin

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. benar, improvisasi adalah kemampuan bermain pantomim
B. salah, opsi B kebalikan dari opsi A
C. salah, opsi C kebalikan dari opsi B
D. salah, opsi D kebalikan dari opsi A

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. salah, improvisasi adalah gerakan tiba-tiba
B. benar, Guru melatih kemampuan indra pengecap para siswa disamping indra-indra lainnnya
C. salah, sikap tubuh berhubungan dengan kelenturan tubuh bukan berhubungan dengan ekspresi
D. salah, emosi merupakan muara dari semua latihan yang diwujudkan dalam ekspresi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. salah, drama panggung  sangat besar  resikonya terutama ekspresi  dan hapalan  dialog
B. benar, Resiko pada drama reading tidak sebesar drama panggung
C. salah, karena drama panggung lebih beresiko jika kurang hapalan dan kurang latihan
D. salah, pada drama reading yang dibutuhkan hanya ekspresi yang disesuaikan dengan suara

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. salah, yang menilai semua orang punya hak menulis
B. salah, yang menyiapkan  konsumsi  boleh sembarang orang
C. salah, tahap pementasan biasanya ditentukan oleh produser bukan sutradara
D. benar, bahwa peran sutradara adalah menggarap naskah, melatih pemain, dan mengarahkan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. salah, membedakan dialog tiap karakter pemain bukan hanya untuk pemain drama reading saja
B. salah, karena kiatnya menyebutkan nama tokoh yang diajak bicara bukan yang diperankan
C. salah, kiatnya menyebutkan nama tokoh yang diajak bicara
D. benar, agar drama reading memiliki kualitas, setiap pemain harus memiliki vokal yang baik dan mampu menghayati isi naskah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. salah, perselisihan hanya terjadi antara pemeran antagonis dan protagonis
B. benar, tanpa konflik sebuah drama tidak pernah ada
C. salah, emosi pelakon akan terwujud sesuai dengan perannya
D. salah, peristiwa yang dialami pemain bukan bagian dari konflik di dalam drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. benar, bahwa motif bersumber pada kegiatan manusia, situasi fisik dan sosial, interaksi sosial, dan pola watak.
B. salah, karena aspek-aspek yang terdapat pada opsi B hanya merupakan bagian kecil dari sumber motif
C. salah, opsi C hanya merupakan bagian kecil dari sumber motif
D. salah, motif bersumber pada opsi A, sedangkan opsi B, C, dan D hanyalah penjelasan dari salah satu bagiannya

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. salah, dari kutipan opsi A tidak jelas menggambarkan keharusan memilih
B. salah, bukan gambaran  kedekatan tapi penyataan kekesalan
C. salah, penyataan gadis  sudah jelas  menggambarkan kriteria pria  pilihannya
D. benar, Nilai yang terkandung adalah dalam dialog tersebut adalah wanita tidak pernah suka pada pria lemah

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. salah, tidak semua  titipan cerita  memperburuk cerita yang disajikan
B. benar, Penyampaian nilai secara tidak langsung membuat cerita berjalan secara wajar karena lebih terpadu dan utuh
C. salah, karena menerka sendiri tidak selalu memuaskan penonton
D. salah, drama yang tidak baik ditandai muatan nilai yang terlalu langsung sehingga terkesan kasar

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. salah, Pada tahap penjelajahan guru menugasi siswa untuk membaca dan memahami teks drama bukan langsung ditugasi memerankan
B. benar, Tahap penjelajahan guru menugasi siswa untuk membaca dan memahami teks drama
C. salah, opsi C merupakan tahap penafsiran
D. salah, opsi D merupakan tahap rekreasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. salah,  membaca naskah drama adalah tahap penghayatan
B. benar, tahap interpretasi adalah tahap mencari informasi tentang kesan dan muatan karya tersebut melalui analisis terhadap unsur-unsur pembangun karya drama.
C. salah, pengubahan ke dalam bentuk lain adalah tahap rekreasi
D. salah, memerankan adalah aplikasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. benar, nilai yang baik jika pemain mampu menanggapi dialog lawan mainnya secara wajar dan tepat
B. salah, tidak mudah merespon lawan meskipun mendengarkan secara serius
C. salah, opsi C tidak menunjukkan daya tangkap pemain sudah baik
D. salah, dengan berusaha menghapal dialog sendiri berarti daya tanggap seorang pemain belum baik

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. benar, opsi A komponen yang harus ada pada format penilaian drama
B. salah, opsi B hanya bagian kecil yang dinilai dari keseluruhan penilaian
C. salah, opsi C bukan komponen format yang seharusnya digunakan untuk menilai pemain drama
D. salah, opsi D adalah komponen untuk penilaian puisi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. salah, nilai Rubi  yang baik hanya pada kualitas ujaran saja
B. salah, Nilai Vena hanya baik dalam kerja sama, tempo permainan, dan kualitas ujaran
C. salah, nilai Arini memenuhi standar  bermain drama
D. benar, dari nilai rata-rata yang dihasilkan dapat disimpulkan Arini sudah mampu bermain drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. salah, karena tema dan alur merupakan dua hal yang berbeda
B. salah, karena metafisika justru mengarah ke hal yang tidak realistis
C. benar, karena drama nonkonvensional berciri pada hal-hal yang tidak nyata atau bersifat metafisika
D. salah, karena hal ini bertentangan dengan sifat metafisika

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. benar, guna menulis ringkasan untuk mengembangkan daya kreasi, konsentrasi, dan pemahaman pemain
B. salah, pemain harus membaca naskah aslinya untuk memancing penghayatan
C. salah, naskah asli harus dibaca untuk membuat ringkasan
D. salah, dengan membaca ringkasan berarti pemain tidak mungkin dapat menghayati, karena hanya dengan membaca naskah utuh naskah dapat diterjemahkan menjadi peran

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. salah, gagasan harus tetap mengikuti kalimat penulis asli naskah
B. salah, peringkas tidak boleh menafsir/mengubah dari makna aslinya
C. benar, salah satu cara adalah mengubah dari sudut pandang dari orang pertama menjadi orang ketiga
D. salah, penulis ringkasan tidak boleh mengubah hasil ringkasan dengan situasi yang dihadapi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. salah, terjemahan harfiah adalah terjemahan kata demi kata
B. salah, alih bahasa adalah terjemahan satu bahasa ke bahasa lain sesuai isi
C. benar, menyadur artinya yang diambil hanya ide-ide pokoknya dan dikembangkan sesuai kreasi si penerjemah
D. salah, karena penerjemah dinamistetap mempertahankan makna kata teks secara keseluruhan


Sumber: latihan mandiri Universitas Terbuka

Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217

Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217

September 18, 2018 Add Comment
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Jika drama suatu perbuatan atau pertunjukkan untuk ditonton, maka teater merupakan :

A. kegiatan mengolah peran
B. suatu tempat pertunjukan
C. peralatan untuk mendukung pertunjukan
D. kegiatan pertunjukkanatau tontonan

2. Berikut ini adalah manfaat yang diperoleh dalam mempelajari drama, kecuali....

A. menguasai berbagai keterampilan
B. menambah pengetahuan budaya
C. mengembangkan daya kreasi siswa
D. mempermudah pembentukan watak

3. Perhatikan langkah-langkah Pembelajaran berikut:

1. Siswa membaca teks drama 20
2. Siswa berdiskusi menemukan unsur-unsur drama secara intrinsik dan ekstrinsik
3. Siswa melaporkan hasil diskusi
4. Siswa menyadur teks drama menjadi cerita pendek

Gambaran penerapan strategi strata terdapat pada:

A. langkah 1- 3
B. Langkah 2- 4
C. Langkah 1  2
D. Langkah ke-4 saja

4. Pembelajaran drama bagi siswa SLTP/SLTA dilakukan dengan tiga cara selain cara berikut....

A. membaca naskah drama
B. berlatih membawakan peran
C. membiarkan siswa menampilkan sesuai kemauannya
D. melafalkan kata-kata sambil melatih gerakan

5. Sebuah keluarga yang menyambut kelahiran seorang bayi mengadakan upacara yang melibatkan dalang bertutur diiringi suara gamelan dari mulut para pemain lainnya. Pertunjukan tersebut bernama....

A. Dalang Jemblung
B. Cepung
C. Sinrili
D. Kaba

6. Sebuah teater rakyat menyajikan kejadian kehidupan sehari diiringi gamelan dan nyanyian serta dituturkan dengan bahasa Betawi yang kental. Teater rakyat seperti itu dinamai....

A. Randai
B. Cepung
C. Bapandung
D. Lenong Blantek

7. Periodisasi drama menurut Jakob Sumardjo adalah periode....

A. Kebangkitan, Pembangunan, 1950  1063
B. Drama Melayu Rendah, Drama Pujangga Baru, Drama Zaman Jepang, Drama sesudah Kemerdekaan, dan Drama Mutakhir
C. Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 50, Angkatan 70
D. Sastra Nusantara Kuno, Sastra Nusantara Hindu, Sastra Nusantara Islam

8. Pada masa itu drama menyuarakan bangkitnya bangsa-bangsa Asia, perjuangan kemerdekaan Indonesia, peran kaum terpelajar dalam membina persatuan bangsa. Hal-hal merupakan ciri drama pada periode ...

A. Pujangga Baru
B. Mutakhir
C. Sesudah Kemerdekaan
D. Zaman Jepang

9. Film Naga Bonar Jadi Dua merupakan sindiran terhadap prilaku anak bangsa yang salah dalam menghargai pahlawannya sehingga sangat memprihatinkan tetapi dikemas dengan penuh kelucuan (humor). Film tersebut adalah contoh Film/drama....

A. komedi
B. farse
C. opera
D. tragedi

10. Drama yang bersifat komik dan penuh ejekan terhadap kondisi manusia disebut...

A. tragedi
B. komedi
C. melodrama
D. farce

11. Orang asing: Enak di kota besar. Jalan-jalan terang benderang dan sibuk. Darahmu akan mengalir lebih cepat. Sayang sekali kau tak akan tahu. Tak sadarkah kau hanya akan jadi kasar dan tua di sini. Tiap hari akan makin kaku dan bodoh, kerja, kerja, kerja, kemudian kau akan seperti ibumu yang akhirnya kerdil dan jelek kemudian mati. Nah apa katamu bila mendadak datang seorang satria dan berjanji akan membawa kau ke kota besar dan memperlihatkan segala sesuatu kepadamu...membelikan pakaian dan perhiasan...dan memberikan padamu segala yang terbaik, seperti seorang putri...

Watak orang asing pada kutipan di atas adalah....

A. sombong
B. Pengasih
C. Humoris
D. serius

12. Bapak: seperti kamu sendiri tahu Tarkeni anak kita ternyata pelacur dan aku jadi malu.
......
Ibu : Yang penting kita telah berusaha keras menginsyafkan dia dan Tuhan tahu itu.
Bapak: Tapi ini soal kehormatan keluarga dan sama sekali bukan soal Tuhan? Ha? Aku bilang apa tadi?

Kutipan dialog di atas mencerminkan unsur ekstrinsik sisi....

A. biografi pengarang
B. pemikiran
C. Sosial dan budaya masyarakat
D. pendidikan

13. Untuk mengetahui pikiran pengarang pada tokoh yang diperankannya diperlukan analisis unsur bahasa dengantujuan....

A. mencari kata-kata yang bernuansa sastra
B. menemukan diksi yang karakternya mempertentangkan antagoniis dan protogonis
C. menemukan ciri drama
D. merekam dialog pada sebuah drama

14. Suatu dialog dalam drama dapat lebih padat dari puisi atau lebih luas dari prosa karena fokus bahasa di dalam dialog (drama) adalah....

A. untuk mencari kata-kata yang bernuansa sastra
B. untuk mewujudkan ketepatan karakter antagonis dan protogonis
C. untuk memperindah suatu karya drama
D. merekam dialog pada sebuah drama

15. Antara tema dan premis sering dianggap sama, sesungguhnya premis adalah landasan pokok drama yang digunakan penulis naskah sebagai acuan, sedangkan tema adalah....

A. gagasan pokok yang penyampaiannya didukung oleh jalinan antar unsur drama
B. gagasan pokok yang harus diwujudkan secara utuh di dalam drama
C. kerangka dasar drama yang memudahkan sutradara dalam memproduksi drama
D. bagian-bagian drama yang antara satu dengan lainnya tidak saling berhubungan

16. Perbedaan tema dengan amanat adalah....

A. amanat bersifat objektif, sedangkan tema bersifat subjektif
B. amanat berhubungan dengan teks bacaan, sedang tema berhubungan dengan makna
C. amanat merupakan penafsiran penulis drama sedangkan tema merupakan gagasan pembaca
D. amanat merupakan penafsiran penulis drama, sedangkan tema merupakan gagasan pembaca drama

17. Ibrahim : (tenang) Iblis, kau akan meniggalkan rumah
Iblis laki-laki : Jangan sombong, Ibrahim. Kita masih akan bertemu besok. (melangkah ke pintu)
Ibrahim : Iblis! Kau pasti sudah tahu besok pasti kusembelih Ismail.
Iblis laki-laki : (menggigil dengan kemarahan karena gagal usahanya lalu keluar).

A. lbrahim sangat teguh pendiriannya
B. lbrahim seorang egois
C. lblis bersifat pemarah
D. lbrahim sangat tegas jika menyangkut perintah Tuhan

18. Salah satu tahapan ekspresi dalam bermain peran adalah mengenal diri sendiri yang dilakukan dengan cara berikut....

A. menilai perilaku orang lain untuk mengetahui karakter orang tersebut
B. mempelajari tingkah laku seseorang agar dapat menirukan perilaku orang tersebut
C. mengamati semua yang ada di luar dirinya sendiri
D. merusaha mengenali perasaan- perasaan yang dialami dan mencatatnya setiap hari

19. Murni mengikuti casting di studio film. Dia diminta memerankan tokoh perawat yang cerewet, kasar, dan culas. Saat ia memerankan tokoh perawat seperti ciri-ciri di atas, Sang sutradara berujar,Wah, bagus! Bagus! Kamu bagus sekali! Dari gambaran di atas Murni telah menerapkan latihanbermain peran tahap....

A. Kesadaran indra
B. Ekspresi
C. Pernapasan
D. improvisasi

20. Wajah Ira pucat ketika melihat Ardi tiba-tiba menodongkan pistol ke arahnya. Seketika kelas menjadi mencekam. Beberapa detik kemudian Ardi tertawa diiringi makian hampir semua teman sekelasnya. Adegan yang diperankan Ardi di luar scenario merupakan adalah contoh....

A. ekspresi
B. Improvisasi
C. Pernafasan
D. laku

21. Mereka sudah gila!
Kata gila diucapkan dengan keras mendapat tekanan. Dalam drama teknik pengucapan seperti ini disebut teknik memberi penekanan pada.

A. pemunculan
B. dinamik
C. nada
D. tempo

22. Naskah drama ditulis untuk dipentaskan karena pada dasarnya pementasan drama adalah:

A. tahapan mengubah drama menjadi skenario film
B. proses berlatih meragakan semua naskah yang ada pada teks
C. proses berlatih meragakan adegan sesuai arahan sutradara
D. hasil perwujudan dari naskah yang dimainkan

23. Di sekolah Pak Sunu Sibuk mempersiapkan pementasan drama dalam rangka HUT sekolah. Ia memilih kostum, mengatur pembuatan dekor, memilih naskah, pemain, dan melatih para pemain. Kesibukan Pak Sunu erat hubungannya dengan tugasnya sebagai.

A. tim artistik
B. pemain
C. pengurus produksi
D. sutradara

24. Pada pemain drama seyogianya dipilih berdasarkan minat dan bakatnya.Tetapi tidak demikian pada teater sekolah, pemilihan pemain didasarkan pada tujuan.

A. membantu siswa mencari solusi atas masalah yag dihadapi
B. melatih siswa melakukan kegiatan yang diminati
C. melatih tanggung jawab dan memberi pengalaman kepada siswa memerankan tokoh
D. mengisi kekosongan bagi siswa yang tidak suka pada kegiatan olah raga

25. Cerita/naskah yang dipilih untuk dramatisasi adalah naskah yang baik secara sastra .

A. naskahnya diketik rapi di atas kertas HVS
B. ditulis oleh seniman sastra terkemuka
C. berisi pengalaman penulis/sastrawan
D. isinya menarik/baik dan mendidik

26. Menurut sejarahnya pantominm merupakan ....

A. acara selingan untuk menimbulkan gelak tawa penonton
B. peragaan adegan di atas pentas pertunjukan
C. demonstrasi perilaku manusia untuk sarana pendidikan
D. permainan teater yang bermuatan teka-teki untuk penonton

27. Untuk mendukung akting, seorang pemain drama juga sebaiknya berlatih pantomin agar....

A. gerakan tubuh dan tangan semakin luwes dan ekspresif
B. dapat menjiwai karakter yang diperankan
C. terhindar dari kekakuan saat di atas panggung
D. terhindar dari cedera akibat gerakan

28. Pernyataan yang benar tentang perbedaan pantomim dengan improvisasi adalah...

A. improvisasi adalah bagian dari kemampuan bermain pantomim
B. pantomim memerlukan improvisasi
C. pantomim didasari latihan-latihan berimprovisasi
D. improvisasi didasari latihan-latihan pantomim

29. Untuk melatih ekspresi wajah, seorang guru menyuruh sekelompok siswa mencicipi rasa jamu, asam, dan garam, dan cabai. Kelompok yang lain mengamati wajah dan ekspresi para pencicip untuk kemudian diperagakan di kelas. Aspek yang dilatihkan guru pada kegiatan tersebut adalah....

A. improvisasi
B. kemampuan indra
C. sikap tubuh
D. emosi

30. Sebagai pemula, calon aktor sebaiknya berlatih melalui drma Reading, karena resiko yang dihadapi....

A. lebih besar dibandingkan dengan drama panggung
B. sangat kecil dibandingkan dengan drama panggung
C. sama dengan drama panggung
D. tidak berbeda dengan drama panggung

31. Peran menjadi sutradara dalam pementasan drama reading adalah....

A. yang menilai kualitas drama reading
B. yang menyiapkan konsumsi para pemain
C. menentukan tarif pementasan
D. melatih pemain dan mengarahkan para kru

32. Kiat para pemain dalam mempertahankan kualitas drama reading adalah....

A. pandai membedakan dialog tiap karakter yang dimainkan
B. menyebutkan nama tokoh yang diperankan
C. menyebutkan nama tohoh yang diajak bicara tiap kali berdialog
D. memusatkan perhatian pada kualitas vokal dan penghayatan pada isi naskah

33. Awal permasalahan seorang penulis lakon adalah konflik-konfilk kemanusiaan. Pernyataan tersebut mengisyaratkan bahwa sesungguhnya konflik adalah....

A. perselisihan antarpemain di dalam drama
B. dasar terwujudnya sebuah drama
C. gejolak emosi yang terdapat dalam diri penulis lakon
D. peristiwa yang pernah dialami setiap pemain

34. Action adalah kerangka drama yang dilandasi oleh motif yang bersumber pada.

A. kegiatan manusia, situasi fisik dan sosial, interaksi sosial, dan pola watak
B. keinginan, kejujuran, dan harapan para pemain
C. keinginan, kejujuran, dan harapan penulis naskah
D. latar belakang yang menyebabkan pelaku bertindak

35. Ayah : (sambil makan) Kau selalu bicara tentang laki-laki. Itu ada seseorang buat kau. Kenapa kau diam saja.
Gadis : (membawa lauk pauk). Laki-laki lemah, tangannya kaya perempuan, laki-laki jelek begitu.
Ayah : Kau takut. Kau memang selalu takut.
Gadis : Dia bukan laki-laki. Dia banci, kecil begitu; lemah dan cerewat, seperti Bapak.

Nilai yang terkandung dalam kutipan drama di atas adalah.

A. Orang tua harus memilihkan jodoh anak gadisnya
B. Hubungan yang sangat dekat antara ayah dan anak
C. Gambaran seorang gadis yang kasar
D. Wanita tidak pernah suka pada pria lemah

36. Jika Anda ingin menulis naskah drama, sampaikanlah nilai secara tidak langsung karena penyampaian nilai secara tidak langsung dapat...

A. membuat cerita menjadi buruk dengan banyaknya muatan titipan
B. membuat cerita berjalan secara wajar karena lebih terpadu dan utuh
C. membuat penonton lebih puas karena menerka nerka sendiri
D. membuat drama ditinggalkan penonton karena membingungkan

37. Situasi yang mendukung pembelajaran apresiasi drama dengan strategi strata tahap penjelajahan adalah....
     
A. Siswa ditugasi memerankan tokoh-tokoh yang ada dalam naskah
B. Siswa disuruh membaca naskah drama yang telah ditetntukan
C. Siswa diminta mendiskusikan unsur-unsur pembangun drama tersebut
D. Siswa diminta mengubah drama menjadi bentuk puisi

38. Contoh pembelajaran yang menerapkan strategi strata tahap interpretasi adalah siswa diminta...

A. membaca naskah drama sampai tuntas
B. menjawab pertanyaan tentang unsur intrinsik drama
C. mengubah drama tersebut menjadi bentuk cerpen
D. diminta memerankan beberapa adegan drama yang mereka baca

39. Seorang penilai akan memberi nilai yang baik terhadap unsure daya tanggap seorang pemain , jika ia....

A. mampu menanggapi dialog lawan mainnya secara wajar dan tepat
B. dengan serius mendengarkan dialog lawan mainnya
C. berhenti bermain ketika lawan mainnya berbicara
D. berusaha menghafal dialognya sendiri

40. Jika Anda menilai seorang pemain drama komponen-komponen yang menjadi perhatian Anda adalah....

A. Kualitas ujaran, teknik member isi/intonasi, kesesuaian gerak/mimic dengan dialog, sikap badan, penampilan, kerja sama antarpemain, tempo permainan
B. Kekuatan suara, kelenturan gerak, ekspresi, kelancaran ucapan, komunikatif, dan sesuai dengan gaya peran yang diperankannya
C. Keseriusan latihan, ketepatan waktu penampilan dengan perencanaan, frekuensi latihan, dan kelenturan gerak
D. Kehalusan gerakan, kelancaran ucapan, kejelasan pelafalan, dan kekuatan suara.

41. Lihat tabel deret berikut:

Nama;  Kualitas ujaran;  teknik mem -beri isi/ intonasi;  kesesuaian gerak/ mimik dengan dialog;  Sikap badan;  penampilan;  kerja sama antarpemain;  tempo permainan;  jumlah;
Rubi;  80;  55;  50;  50;  50;  65;  50;  400;
Vena;  80;  50;  60;  65;  65;  80;  80;  480;
Arini;  75;  85;  80;  70;  75;  75;  70;  530;

Berdasarkan table di atas dapat disimpulkan bahwa....

A. Rubi perlu latihan pelafalan secara intens
B. Vena harus meningkatkan pelafalan dan gerakan
C. Penampilan Arini kurang baik
D. Arini sudah mampu bermain drama

42. Salah satu cirri drama nonkonvensional terletak pada tema yang bersifat metafisika, yaitu ...

A. alurnya yang wajar
B. perwatakan dan latar ceritanya realistis
C. berhubungan dengan hal-hal yang tidak nyata
D. meniru kenyataan empirik

43. Seorang calon pemain sebaiknya membuat ringkasan dari naskah yang akan diperankan karena hal itu sangat berguna untuk...

A. mengembangkan daya kreasi, konsentrasi, dan pemahaman pemain
B. memudahkan pemain sehingga pemain tidak perlu membaca naskah aslinya
C. memudahkan karena dengan membaca ringkasan lebih baik dari pada membaca naskah aslinya
D. memudahkan pemain dalam menghayati peran jika membaca ringkasan

44. Menulis ringkasan sebaiknya mengikuti patokan berikut: membaca naskah asli teks drama, menangkap gagasan utama naskah yang dibaca, dan membuat reproduksi. Yang dimaksud membuat reproduksi adalah...

A. Menyusun gagasan menggunakan kalimat si penulis ringkasan
B. Mengubah gagasan asli dengan gagasan hasil tafsiran pembuat ringkasan
C. Mengubah dari sudut pandang orang pertama menjadi orang ketiga tanpa mengubah maksud semula
D. Penulis ringkasan boleh mengubah hasil ringkasan dengan situasi yang dihadapi

45. Drama Romeo and Juliet karya Shakes piare yang mengisahkan cinta remaja telah dibuat versi Indonesianya oleh Sophan Sopian dalam film Romi dan Yuli. Terjemahan seperti itu termasuk terjemahan....

A. Harfiah
B. Alih bahasa
C. Saduran
D. Penerjemah dinamis


Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217 Universitas Terbuka


Sumber: latihan mandiri Universitas Terbuka


Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211

Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211

September 16, 2018 Add Comment
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Salah. Isi cerkan aliran absurd menggambarkan kehidupan menusia modern dengan segala prolematikanya yang serba membingungkan, sulit dipahami, dan simpang siur. 
B. Salah. Perhatikan rambu A. 
C. Salah. Perhatikan rambu A. 
D. Benar. Rambu A telah menjelaskan karakter aliran absurd dalam karya sastra. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah. Isi sari cerkan tersebut terdapat pada novel Salah Asuhan. 
B. Benar. Layar terkembang yang terbit pada era duapuluhan tersebut bercerita tentang emansipasi wanita yang harus segera ditumbuhkan. 
C. Salah. Kawin paksa tergambar dalam novel Siti Nurbaya 
D. Salah. Cerita tersebut terinspirasi pada tenggelamnya sebuah kapal sehingga novel diberi judul Tenggelamnya Kapal Vanderwijk 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Salah. Novel, novelet, dan cerpen adalah karya sastra berbentuk prosa. 
B. Salah. Opsi tersebut menjelaskan tentang novel. 
C. Benar. Novelet adalah bentuk kecil dari novel. 
D. Salah. Opsi tersebut menjelaskan tentang cerpen. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Salah. Dari segi istilah, kata cerpen (pendek atau sempit) mengandung makna lawan dari luas. 
B. Salah. Istilah dalam pada cerpen adalah intensity. 
C. Benar. Cerpen memiliki sifat pada yang disebut dengan istilah compression. 
D. Salah. sifat kompleks atau complexity terdapat pada novel. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah. Sebagai cerita tentang kehidupan manusia yang disajikan secara representatif, novel tidak dapat dibuat menyempit. 
B. Benar. Novel adalah karya sastra yang disajikan secara luas dalam suatu alur cerita. 
C. Salah. Setiap karya sastra harus disajikan secara menarik, namun makna expands adalah meluas bukan menarik. 
D. Salah. Sifat padat (compression) dimiliki oleh cerpen tidak oleh novel. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Salah. Bersifat fiktif, banyak anak yang dapat dijadikan tokoh cerita. 
B. Salah. Bersifat fiktif, kampung nelayan terdapat di banyak wilayah. 
C. Benar. Sumatera Barat terdapat dalam wilayah negara Indonesia. 
D. Salah. Bersifat fiktif, tidak diketahui kebenarannya dan tidak dapat disebut fakta cerita. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah. Yang sedang mendaki gunung adalah Susi, namun belum tentu itu sebuah profesi. 
B. Salah. Yang berprofesi sebagai tukang pos adalah ayah Untariah. 
C. Salah. Dalam kutipan cerkan tersebut tidak ada yang berprofesi sebagai mahasiswa. 
D. Benar. Tari atau untariah adalah seorang penjual mendoan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah. Dalam kutipan cerpen tersebut disebutkan kota Purwokerto yang terletak di daerah Jawa Tengah. 
B. Benar. Nama kota yang disebutkan dalam kutipan cerpen tersebut adalah Purwokerto, salah satu kota di Jawa Tengah. 
C. Salah. Perhatikan rambu A dan B. 
D. Salah. Perhatikan rambu A dan B. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Benar. Aspek koginitif digunakan pembaca cerkan ketika pembaca berusaha memahami unsur-unsur interinsik dan ekstrinsik cerkan. 
B. Salah. Dalam menghayati unsur-unsur keindahan cerkan pembaca menggunakan aspek emotif. 
C. Salah. Ketika pembaca memberikan penilaian terhadap cerkan yang dibaca pembaca menggunakan aspek evauatif. 
D. Salah. Hal ini dilakukan diluar kegiatan atau setelah selesai kegiatan membaca cerkan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Salah. Hal tersebut merupakan kegiatan analisis cerkan. 
B. Salah. Hal tersebut merupakan kegiatan menilai/mengevaluasi cerkan. 
C. Benar. Interpretasi berarti menafsirkan cerkan untuk menangkap isi dan maksud yang terkandung dalam cerkan. 
D. Salah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk dapat memahami cerkan/bagian yang sulit dipahami (keterampilan membaca). 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah. Melalui metode diskursif pengarang menggambarkan tokoh cerita dengan cara menjelaskan sifat-sifat tokoh. 
B. Benar. Melalui metode dramatis pengarang menggabarkan karakter tokoh dengan cara membiarkan tokoh untuk berbuat dan bercerita sendiri. 
C. Salah. Metode ini merupakan campuran antara diskursif dan dramatis. 
D. Salah. Integratif merupakan salah satu metode pembelaaran, bukan metode penggambaran tokoh cerita. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Salah. Jenis makanan belum tentu merujuk pada latar sebuah cerita. 
B. Salah. Perkemahan ,ilik Perhutani tidak hanya berada di satu tempat. 
C. Salah. Keindahan alam hanya merupakan pendukung suasana di suatu tempat. 
D. Benar. Nama tempat dan benda-benda alam (gunung, danau, hutan) menjadi penanda tempat terjadi suatu peristiwa dalam cerita. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Salah. Latar seperti itu disebut latar netral. 
B. Benar. Latar spiritual adalah latar yang bernuasa agamis, dapat diketahui baik dari penggambaran tempat maupun kisahan yang berkaitan dengan tokoh. 
C. Salah. Tidak ada penggambaran latar yang disamarkan/tersamar, yang disamarkan/tidak langsung adalah amanat cerita. 
D. Salah. Sifat-sifat para tokoh merupakan karakter tokoh, tidak langsung berkaitan dengan latar. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Salah. Sudut pandang akuan sertaan adalah pengarang berperan sebagai tokoh aku (tokoh utama) dalam cerita tersebut. 
B. Salah. Sudut pandang akuan tak sertaan adalah seorang tokoh (bukan tokoh utama) menceritakan sesuatu dalam cerita tersebut. 
C. Benar. Sudut pandang diaan maha tahu adalah seluruh peristiwa dalam cerkan tersebut diceritakan oleh pengarang (pengarang berada di luar cerita namun ia tahu 
segalanya). 
D. Salah. Sudut pandang diaan terbatas adalah pengarang menggunakan orang ketiga untuk bercerita secara terbatas. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Benar. Kepakaan emosi pembaca merupakan alat yang memudahkan pembaca menikmati dan memahami unsur-unsur keindahan. 
B. Salah. Pembaca dapat memahami masalah kehidupan/kemanusiaan jika ia memiliki pengetahuan atau pengalaman tentang kedua hal tersebut. 
C. Salah. Untuk memahami aspek-aspek kebahasaan diperlukan pengetahuan tentang bahasa dan gaya bahasa. 
D. Salah. Untuk dapat menangkap makna atau amanat yang terkandung dalam cerkan, pembaca harus memiliki pengetahuan tentang 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah. Bukan opsi pengecualian, resensi dapat juga disebut bedah (buku). 
B. Salah. Bukan opsi pengecualian, resensi dapat juga disebut timbangan (buku). 
C. Salah. Bukan opsi pengecualian, resensi dapat juga disebut ulasan (buku). 
D. Benar. Ringkasan hanya berisi bagian-bagian penting dan menarik, tidak disertai ulasan atau penilaian terhadap (buku). 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah. Kualitas kertas tidak termasuk dalam unsur perwajahan 
B. Benar. Kemenarikan pencetakan (kebersihan, penggunaan warna sampul, dan tata letak) merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam perwajahan. 
C. Salah. Buku-buku yang diterbitkan pada penerbitan umum (bukan institusi) tidak menggunakan logo. 
D. Salah. Identitas merupakan bagian/komponen sebuah buku di luar perwajahan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah. Teori sastra merupakan sebuah pengetahuan tentang sastra secara umum. 
B. Salah. Sejarah sastra juga berisi pengetahuan tentang periode dan aliran-aliran sastra pada suatu masa. 
C. Benar. Untuk dapat menghayati sebuah karya sastra pembaca harus mampu memahami isi dan penuturan cerkan yang dibaca. 
D. Salah. Tidak ada kaitan antara mengenal pengarang dengan mengahyati karya si pengarang. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Benar. Untuk mengembangkan kualitas pelafalan atau suara, seorang pembaca cerkan harus berlatih vokal dengan memperhatikan bentuk mulut yang benar. 
B. Salah. Kepekaan telinga mutlak harus dimiliki oleh pendengar, bukan pembaca. 
C. Salah. Pernapasan membantu kualitas suara, tetapi bukan sumber keluarnya suara (suara bertumpu pada pita suara) dan mulut. 
D. Salah. Melenturkan bagian-bagian wajah diperlukan untuk berekspresi, bukan mengembangkan kualitas suara. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Salah. Gaya dan bahasa belum tentu berkaitan dengan cerkan (mungkin sebagai peyiar). 
B. Benar. Suara dan mimik menjadi unsur penting untuk memperoleh ekspresi yang baik dalam membacakan cerkan. 
C. Salah. Pengajar belum tentu mampu membecakan cerkan. 
D. Salah. Orang yang pandai berbicara tidak identik dengan pembaca cerkan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Salah. Opsi ini dapat dimasukkan pada sifat orang yang supel/pandai bergaul, tetapi bukan berarti kreatif. 
B. Salah. Sikap ini dimiliki oleh orang yang ramah dan senang membantu orang lain, belum tentu kreatif. 
C. Benar. Keterbukaan berarti senang pada perubahan untuk menjadi lebih baik merupakan salah satu ciri orang kreatif. 
D. Salah. Orang seperti ini biasanya tidak punya pendirian, selalu menerima apa kata orang, tidak tahu apa alasannya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Salah. Motivasi penciptaan karya kreatif bukan nilai jual/uang. 
B. Salah. Orang bisa tertarik dengan sesuatu yang indah dari luar, belum tentu isinya. 
C. Salah. Orang kratif akan memilih bahan secara sederhana namun dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai bagi kehidupan. 
D. Benar. Karya kreatif dapat dimanfaatkan bagi kehidupan sosial, kegamaan/moral, dan ketenangan/kedamaian jiwa. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Benar. Tahap preparasi adalah tahap persiapan yaitu mengumpulkan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan. 
B. Salah. Kegiatan tersebut dilakukan pada tahap inkubasi. 
C. Salah. Kegiatan tersebut merupakan tahap iluminasi. 
D. Salah. Kegiatan dilakukan pada tahap verifikasi. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Benar. Cerita pendek pada hakikatnya sebuah pengalaman tentang kehidupan yang dituangkan dalam bentuk cerita. 
B. Salah. Cerkan adalah sebuah karya yang disusun secara serius, bukan sekadar untuk mengisi waktu luang. 
C. Salah. Cerpen bukan ringkasan sebuah cerita, melainkan sebuah cerita yang disusun dengen teknik penceritaan yang berbeda dengan karya lain 
D. Salah. Untuk kepentingan menidurkan seorang anak biasanya digunakan cerita dalam bentuk dongeng. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Salah. Untuk memahami kalimat tersebut dilibatkan indra pendengaran. 
B. Salah. Kata berbunyi sangat jelas melibatkan indra pendengaran 
C. Salah. Kalimat tersebut membawa pembaca pada khayalan. 
D. Benar. Pada kalimat tersebut pembaca seakan-akan melihat banyak orang tidak mempedulikan bunyi telepon tersebut. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Benar. Bagian tersebut menggambarkan bagian pembuka sebuah cerpen. 
B. Salah.
C. Salah. Konflik dalam cerpen terletak pada bagian isi. 
D. Salah. Bagian tersebut tidak menggambarkan akhir sebuah cerpen. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Salah. Tema lingkungan lebih banyak digunakan pada cerita anak. 
B. Benar. Remaja pada umumnya lebih banyak bercerita tentang percintaan. 
C. Salah. Tema pendidikan lebih didominasi oleh orang dewasa. 
D. Salah. Masalah-masalah kehidupan juga lebih banyak diungkapkan oleh orang dewasa. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Salah. Tidak ada ciri yang menggambarkan cerita anak 
B. Benar. Kalimat kedua pada dialog tersebut menunjukkan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat yang sering diujarkan oleh paar remaja 
C. Salah. Kalimat-kalimat dalam dialog tersebut tidak menggambarkan kisah orang dewasa 
D. Salah. Tidak ada istilah cerpen orang tua atau jenis karya sastra orang tua, ia sudah diwakili dengan istilah dewasa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Salah. Nyonya Nyoman belum melakukan pelacakan, baru bertanta-tanya 
B. Salah. Aldo adalah orang yang ditanya oleh nyonya Nyoman bukan orang yang melakukan pelacakan. 
C. Salah. Tina juga hanya orang yang ditanyai tentang keberadaan suami nyonya Nyoman. 
D. Benar. Detektif Indra adalah orang yang dimintai tolong oleh nyonya Nyoman untuk melacak keberadaan suaminya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Benar. Peristiwa misterius menempatkan pembaca oada ketidaktahuan seperti tiba-tiba histeris, tiba-tiba muncul mayat orang tak dikenal 
B. Salah. hal tersebut bukan sesuatu yang misterius bagi pembaca manapun 
C. Salah. hal ini merupakan sesuatu yang biasa, bukan sesuatu yang misterius 
D. Salah. Tidak ada berkaitan dengan peristiwa misterius 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Benar. Ringkasan berisi intisari buku tersebut. Pembuat ringkasan tidak boleh mengubah isi buku. Demikian pula gaya bahasa yang digunakan penulis asli. 
B. Salah. Seorang pembuat ringkasan tidak diwajibkan memiliki ide atau gagasan. 
C. Salah. Seorang pembuat ringkasan juga tidak harus mengenal para penulis buku 
D. Salah. Menghargai sebuah buku memamg penting, tetapi hal itu tidak menjadi syaratbagi seorang pembuat ringkasan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah. Menulis buku tidak sama dengan menulis ringkasan. 
B. Benar. Tujuan utama membuat ringkasan adalah member pemahaman dan penikmatan pembaca terhadap suatu karya tulis. 
C. Salah. Menulis ringkasan bertujuan agar pembaca memahami rangkasan 
D. Salah. Perasaan penulis tidak harus dipahami oleh penulis ringkasan atau siapapun. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Benar. Membacakan, menggunakan buku cerita, pada menceritakan kembali pencerita sudah menguasai dan menghayati cerita tanpa bergantung pada teks. 
B. Salah. Membacakan cerita dan menceritakan kembali keduanya harus bersuara. 
C. Salah. Membacakan cerita dan menceritakan kembali keduanya sangat memerlukan intonasi. 
D. Salah. Baik membacakan ceritamaupun menceritakan kembali ditujukan untuk orang lain (pendengar) bukan untuk diri sendiri. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah. Cerita yang baik untuk diceritakan kembali tidak bergantung pada gambar. 
B. Salah. Dalam bercerita, pencerita yang baik memiliki gaya bahasa sendiri (tidak bergantung pada gaya bahasa penulis). 
C. Salah. Bercerita di depan khalayak (anak-anak) yang terpenting adalah isi cerita dan cara bertuturnya, bukan pengarangnya. 
D. Benar. Dipandang dari tingkat kesulitan, cerita yang akan diceritakan kepada anak harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Salah. Pencerita yang baik harus mampu keluar dari karakternya sendiri ketika sedang bercerita terutama sedang melakonkan tokoh. 
B. Salah. Jika ingin berimprovisasi sebaiknya tidak berkaitan dengan tokoh, karena kemungkinan besar akan mengubah karakter tokoh. 
C. Benar. Ketika melakonkan tokoh cerita, hal yang harus dilakukan pencerita adalah mengekspresikan tingkah laku tokoh. 
D. Salah. Mengubah karakter tokoh merupakan satu perbuatan yang harus dihindari karena dapat mengubah isi cerita. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Salah. Tidak tergambar sifat sombong Susi dalam cerita tersebut. 
B. Benar. Perhatikan kalimat: Setelah menahan perasaan kuat-kuat, akhirnya saya memecah kesunyian dengan mulai bercerita tentang diri saya. 
C. Salah. Tidak tergambar sifat pelit Susi dalam cerita tersebut. 
D. Salah. Dalam kutipan cerpen tersebut tidak ada cerita tentang keloyaran Susi. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Benar. Kegiatan apresiasi atau mengapresiasi karya sastra adalah kegiatan membaca karya sastra, memahami isinya, dan mampu menemukan unsur-unsur yang terdapat di 
dalamnya. 
B. Salah. Hal tersebut merupakan satu dari sekian banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan apresiasi karya sastra. 
C. Salah. Mengapresiasi hanya merupakan langkah awal untuk belajar mencipta karya sastra. 
D. Salah. Hal ini juga merupakan satu dari sekian banyak manfaat dari kegiatan mengapresiasi karya sastra. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
Jawaban B
1 dan 3 benar, karena interaksi yang dilakukan oleh manusia dengan sesamanya, dengan Tuhannya, lingkungannya, atau dengan dirinya sendiri 
opsi 2 salah, karena tidak ada seorang manusia normal yang berinteraksi dengan benda mati (buku). 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
Jawaban D
Seluruh opsi 1, 2, dan 3 benar, karena merupakan aspek-aspek nilai kehidupan yang terkndung dalam cerkan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
Jawaban D
Opsi 1, 2, dan 3 benar karena seluruh unsur tersebut harus ada pada informasi awal sebuah resensi 




Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211

Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211

September 16, 2018 Add Comment
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 40 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Cerita Rekaan PBIN4211 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Karya-karya cerkan beraliran absurd berisi gambaran  . 

A. sikap manusia yang serakah  
B. sikap manusia yang individualistis  
C. kehidupan manusia masa lampau  
D. kehidupan modern yang membingungkan  

2. Inti dari isi novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah  . 

A. orang muda Indonesia yang mendapat pendidikan barat  
B. emansipasi wanita  
C. kawin paksa  
D. kisah cinta pada sebuah kapal  

3. Secara garis besar, jenis cerkan dikelompokkan ke dalam tiga jenis, novel, novelet, short story. Yang dimaksud dengan novelet adalah sebuah karya sastra ... . 

A. berbentuk puisi yang memuat cerita tentang kehidupan manusia  
B. tentang kehidupan manusia berbentuk prosa yang disajikan secara representatif dalam suatu alur  
C. tentang kehidupan manusia berbentuk prosa yang disajikan secara sederhana dibandingkan novel  
D. yang berisi penggalan cerita yang utuh seakan-akan memberi kesan tunggal kepada pembaca  

4. Salah satu ciri cerpen adalah bersifat compression. Artinya adalah  . 

A. luas  
B. dalam  
C. padat  
D. kompleks  

5. Makna expands sebagai ciri sebuah novel adalah  . 
       
A. menyempit  
B. meluas  
C. menarik  
D. memadat  

6. Ketika kecil ia seorang anak yang baik. Ia tinggal berdua saja dengan ibunya di sebuah kampung nelayan di daerah Sumatera Barat. Nasibnya memang baik, ia diambil oleh seorang saudagar kaya dan diakui sebagai anak angkat. Kini ia telah dewasa, perawakannya tegap, gagah, dan menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Unsur yang tergolong fakta pada kutipan cerkan di atas adalah  . 
       
A. ia seorang anak  
B. kampung nelayan  
C. Sumatera Barat  
D. saudagar kaya  

7. Pagi indah sekali di Baturaden. Matahari bersinar cerah menimpa pohon-pohon cemara yang kelihatan hijau berkilat. Puncak Gunung Slamet muncul di atas warna-warna hijau kebiruan alam di sekitarnya. Langit sangat bersih, biru cerah menjadi latar belakang yang menonjolkan kegagahan gunung itu. Mendoan, Ndoro, masih anget. katanya sambil mengangkat baskom dari kain gendongannya. Di balik daun pisang penutup baskom itu, kelihatan mendoan, tempe yang digoreng dengan tepung, lembut, dengan aroma yang gurih menimbulkan selera, khas Purwokerto. Saya langsung saja mulai menikmati tempe berwarna kehitaman itu sambil berdiam diri. Pada suatu saat, saya merasa perempuan itu memperhatikan saya. Saya menengok ke arahnya. Betul saja. Dia menatap saya. Susi ya? katanya sambil menunjuk ke arah saya dengan ibu jarinya. Saya kaget, dari mana dia tahu nama kecil saya? Siapa sih, dia? Rasanya saya tidak kenal siapapun di sini. Ayolah, Susi, seharusnya Anda tidak melupakan saya. sambungnya dengan suara lirih memelas, sambil menundukkan kepalanya. Saya amati wajahnya dalam-dalam. Saya berusaha mengingat-ingat. Pelan-pelan terasa bahwa saya pernah mengenalnya. Tapi, siapa? Anda lupa sama saya. Tari, Untariah. lanjutnya dengan wajah yang betul-betul menghancurkan perasaan. Saya tidak dapat berkata-kata. Rasanya seperti ingin menangis. Dia Untariah, teman sekelas saya di SD. Seingat saya dia sangat pintar. Dalam persaingan pelajaran dia selalu dapat mengalahkan saya. Banyak orang yang memuji otaknya yang cemerlang. Tapi, apa yang terjadi dengannya. Lama kami terdiam. Setelah menahan perasaan kuat-kuat, akhirnya saya memecah kesunyian dengan mulai bercerita tentang diri saya. Saya katakan bahwa saya sedang mendaki gunung. Kami serombongan sudah dua hari berkemah di situ, di bumi perkemahan milik Perhutani. Anda kelihatannya senang ya? katanya tiba-tiba memotong cerita saya. Ada kesempatan meneruskan sekolah, punya banyak teman, punya kesempatan untuk jalan-jalan menikmati hidup. Tapi, saya ... rasanya semua sudah hilang. Anda ingat, ayah saya tukang pos. lanjutnya. Untariah teman Susi ketika SD berprofesi sebagai ... . 
       
A. pendaki gunung  
B. tukang pos  
C. mahasiswa  
D. tukang mendoan  

8. Memperhatikan latar cerita (soal nomor 7), dapat kita ketahui bahwa pengarang mengenal geografi daerah ... . 

A. Jawa Barat  
B. Jawa Tengah  
C. Jawa Timur  
D. Transmigrasi  

9. Aspek kognitif digunakan pembaca cerkan ketika ... . 

A. memahami unsur-unsur interinsik dan ekstrinsik yang terkandung di dalam cerkan yang sedang dibaca  
B. menghayati unsur-unsur keindahan yang terkandung di dalam cerkan yang sedang dibaca  
C. memberi penilaian tentang baik dan buruk, indah dan tidak indah, sesuai dan tidak sesuai menurut kriteria yang yang dimiliki pembaca  
D. mengambil manfaat dari isi kandungan cerita untuk dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari  

10. Interpretasi dalam memahami cerkan bermakna  . 

A. menguraikan bagian-bagian cerkan berdasarkan norma-norma sebuah cerkan  
B. menentukan kadar keberhasilan atau mutu sebuah cerkan  
C. menafsirkan isi dan maksud cerkan berdasarkan pemaknaan sarana bahasa yang digunakan  
D. menangkap maksud yang terkandung dalam cerkan dengan membacanya secara keras  

11. Metode yang digunakan pengarang dalam melukiskan tokoh Susi (soal nomor 7) adalah metode ... . 

A. diskursif  
B. dramatis  
C. campuran  
D. integratif  

12. Unsur-unsur yang menunjukkan bahwa latar tempat yang terdapat pada cerita (soal nomor 7) adalah ... . 

A. mendoan khas Purwokerto  
B. perkemahan milik Perhutani  
C. keindahan alam  
D. Baturaden dan Gunung Slamet  

13. Latar dalam cerita terdari atas beberapa tipe. Latar yang bertipe spiritual adalah latar yang  . 

A. tidak memiliki kaitan fungsi dengan elemen cerita yang lain  
B. menggambarkan nuansa atau suasana religi atau keyakinan  
C. penggambarannya disamarkan atau tersirat  
D. berkaitan dengan sifat-sifat para tokoh cerita  

14. Percekcokan itu semakin lama semakin murup. Caci maki berhamburan tidak karuan. Akhirnya datanglah orang-orang kampung memisahkan mereka. Kalau tidak, mungkin waktu itu mereka sudah bergulat berguling-guling di tengah latar. Begitulah, sejak kejadian pada sore itu, putuslah hubungan antara keluarganya dnegan keluarga di sebelah itu. Jika kebetulan mereka berpapasan di tengah jalan, tiada lagi mereka saling menegur. 
Melihat sajian kutipan cerpen di atas, sudut pandang yang digunakan pengarang adalah .. . 

A. akuan sertaan  
B. akuan tak sertaan  
C. diaan maha tahu  
D. diaan terbatas  

15. Seorang pembaca cerkan harus memiliki kepekaan emosi agar mampu ... . 

A. menikmati dan memahami unsur-unsur keindahan yang terdapat dalam cerkan  
B. memahami masalah kehidupan dan kemanusiaan yang dituangkan dalam cerkan  
C. memahami aspek-aspek kebahasaan yang digunakan dalam cerkan  
D. menangkap makna atau amanat yang terkandung dalam cerkan  

16. Resensi buku dapat diartikan sebagai berikut, kecuali ... . 

A. bedah buku  
B. timbangan buku  
C. ulasan buku  
D. ringkasan buku  

17. Wajah sebuah buku merupakan salah satu unsur yang menjadi perhatian pembaca. Yang termasuk dalam perwajahan di sini adalah ... . 

A. kualitas kertas  
B. kemenarikan pencetakan  
C. penggunaan logo  
D. keberadaan identitas  

18. Untuk dapat menghayati cerkan yang dibaca, pembaca harus terlebih dulu ... . 

A. mempelajari berbagai teori sastra  
B. mengetahui perkembangan sejarah sastra  
C. memahami isi serta penuturan teks dalam cerkan  
D. mengenali pengarang cerkan yang dibaca  

19. Untuk mengembangkan kualitas pelafalan, pembaca karya sastra dapat melakukan kegiatan ... . 

A. melatih vokal dengan bentuk mulut yang baik  
B. berlatih untuk memperhalus kepekaan telinga  
C. melatih pernapasan agar dapat mengatur panjang pendek suara  
D. berlatih melenturkan bagian-bagian wajah  

20. Untuk dapat berekspresi dengan baik ketika membacakan cerkan, seorang pembaca harus memiliki ... . 

A. gaya dan bahasa yang baik  
B. suara dan mimik yang baik  
C. pengalaman mengajar  
D. kemampuan berbicara  

21. Sikap keterbukaan yang dimiliki oleh orang kreatif maksudnya adalah ... . 

A. senang bergaul kepada siapa saja dan dari golongan mana saja  
B. rumahnya selalu terbuka untuk menerima tamu kapan saja  
C. senang pada perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik  
D. selalu menerima pendapat atau ide yang disampaikan orang lain  

22. Sebuah karya dikatakan karya kreatif jika ... . 

A. bernilai atau berharga tinggi jika dijual  
B. banyak orang tertarik dengan karya tersebut  
C. menggunakan bahan yang berkualitas  
D. mampu mempertajam cita rasa sosial  

23. Penulisan kreatif dimulai dengan tahap preparasi, yaitu ... . 

A. tahap pengumpulan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan  
B. mengendapkan dan menyusun bahan sesuai dengan gagasan  
C. menuangkan seluruh gagasan secara lebih rinci dan lebih jelas  
D. meninjau secara lebih kritis sampai menjadi karya yang apik  

24. Cerita pendek pada hakikatnya adalah ... . 

A. sajian sebuah pengalaman hidup dalam bentuk cerita  
B. sebuah cerita yang dibuat untuk mengisi waktu luang  
C. kisah tentang kehidupan yang diringkas  
D. sebuah cerita yang bertujuan menidurkan seorang anak  

25. Kriiiing! Sudah lima jam telepon itu berbunyi terus menerus. Seperti mahluk bernyawa yang minta diperhatikan, ia bahkan sudah meloncat-loncat di atas meja itu. Orang-orang tetap tidak peduli. 

Bagian atau kalimat yang melibatkan indra penglihatan kutipan cerpen di atas adalah ... . 

A. Kriiiing!  
B. Sudah lima jam telepon itu berbunyi terus menerus.  
C. Seperti mahluk bernyawa yang minta diperhatikan.  
D. Orang-orang tetap tidak peduli.  

26. Cerita ini mulai sebulan yang lalu, waktu saya memperoleh sebuah kamar baru. Kamar itu baik. agak besar, cukup luas untuk tempat tidur dan rak-rak buku saya. Hawanya pun baik. Kalau hari siang amat panas dan kalau hari malam amat dingin. Sekiranya angin tak ada tercium bau tengik yang mesti saya atasi dengan bau obat nyamuk. 

Kutipan cerpen di atas merupakan bagian cerpen yangn berfungsi sebagai ... . 

A. pembuka  
B. isi Salah. Bagian isi cerpen menggambarkan sebuah peristiwa kehidupan yang kompleks.  
C. konflik  
D. penutup  

27. Dipandang dari sudut tema, ciri cerita remaja pada umumnya bertema  . 

A. lingkungan  
B. percintaan  
C. pendidikan  
D. kehidupan  

28. "Mama lupa". "Mama ini ... to young too die, too old to rock'n role ..." guman Luvi "Apa?" Mama mengeryitkan dahinya. "Hi hi hi ... enggak! Mama belum terlalu tua, tapi udah mulai pikun. 

Dialog dari kutipan cerpen di atas menunjukkan bahwa jenis cerpen tersebut adalah cerpen ... . 

A. anak-anak  
B. dewasa  
C. remaja  
D. orang tua  

29. Nyonya Nyoman telah berusaha mencari suami dengan bertanya pada ibu mertuanya, Aldo kemenakannya, sampai pada Tina pembantunya. Namun tidak juga ditemukan tanda-tanda yang menunjukkan tempat suaminya berada. Akhirnya ia meminta bantuan detiktif Indra untuk melacak keberadaan suaminya yang menghilang tanpa meninggalkan jejak sejak sepuluh hari yang lalu. 

Orang yang melakukan pelacakan pada cerita detektif di atas adalah ... . 

A. Nyonya Nyoman  
B. Aldo  
C. Tina  
D. Detektif Inda  

30. Teknik penciptaan misterius di dalam cerita detektif dapat ditandai dengan kemunculan hal-hal berikut... . 

A. adanya salah satu tokoh yang tiba-tiba histeris  
B. tokoh utama mendapat berita gembira  
C. pelacak memperoleh data yang sedang dicari  
D. terdapat tokoh protagonis dan antagonis  

31. Hal utama yang harus diperhatikan oleh seorang penulis ringkasan cerita adalah ... . 

A. mampu bertutur seperti penulis asli.  
B. memiliki banyak ide atau gagasan  
C. mengenal para penulis buku dan hasil karyanya  
D. menghargai karya/buku yang dibuatkan ringkasannya  

32. Yang menjadi tujuan utama membat ringkasan cerkan adalah ... . 

A. agar bisa menjadi pengarang seperti penulis  
B. menikmati dan memahami isi buku cerkan  
C. mengetahui gaya penulisan penulis  
D. memahami apa yang dirasakan penulis  

33. Perbedaan yang sangat jelas antara membacakan cerita dengan menceritakan kembali adalah ... . 

A. membacakan cerita menggunakan buku, menceritakan kembali tanpa buku  
B. membacakan cerita menggunakan suara, menceritakan kembali tanpa suara  
C. membacakan cerita menggunakan intonasi, menceritakan kembali tanpa intonasi  
D. membacakan cerita untuk kepntingan orang lain, menceritakan untuk kepentingan sendiri  

34. Berdasarkan tingkat kesulitan, cerita yang baik untuk diceritakan kembali adalah .... . 

A. didukung dengan gambar-gambar  
B. gaya bahasanya menarik  
C. pengaragnya terkenal  
D. sesuai dengan tingkat perkembangan pendengar  

35. Hal yang tepat dilakukan pencerita ketika memunculkan tokoh dalam cerita adalah ... . 

A. mempertahankan karakter pencerita  
B. melakukan improvisasi cerita  
C. mengekspresikan karakter tokoh  
D. mengubah karakter tokoh  

36. Memahami sikap Susi dalam kutipan cerpen pada soal nomor 8 dapat diketahui bahwa Susi memiliki karakter ... . 

A. sombong  
B. perasa  
C. pelit  
D. royal  

37. Membaca cerkan identik dengan kegiatan apresiasi. Dengan demikian apresiasi dapat diartikan sebagai kegiatan ... . 

A. membaca untuk memahami, mengahayati, dan menganalisis unsur-unsur yang terdapat dalam karya sastra  
B. mengetahui nilai-nilai kehidupan manusia melalui karya sastra  
C. mempelajari karya sastra untuk mengetahui cara-cara menuangkan atau mencipta karya sastra  
D. membaca untuk mengetahui berbagai karakter manusia melalui karya sastra  

38. Pada hakikatnya, cerita rekaan berisi gambaran kehidupan manusia yang berinteraksi dengan ... . 

1. Tuhannya  
2. buku yang dibacanya  
3. dirinya sendiri  

A. Pilihan No. 1 dan No. 2 Benar
B. Pilihan No. 1 dan No. 3 Benar
C. Pilihan No. 2 dan No. 3 Benar
D. Pilihan No. 1, No. 2 dan No. 3 Benar  

39. Cerkan merupakan gambaran kehidupan masa lalu dan saat ini dengan segala permasalahannya. Dengan demikian cerkan dapat mengandung nilai-nilai ... . 
  
1. kemanusiaan  
2. sejarah  
3. pranata sosial  

A. Pilihan No. 1 dan No. 2 Benar
B. Pilihan No. 1 dan No. 3 Benar
C. Pilihan No. 2 dan No. 3 Benar
D. Pilihan No. 1, No. 2 dan No. 3 Benar     

40. Pada informasi awal sebuah resensi tercantum unsur-unsur berikut ... . 
  
1. nama pengarang dan judul buku  
2. nama penerbit dan kota penerbit  
3. tahun terbit dan jumlah halaman  

A. Pilihan No. 1 dan No. 2 Benar
B. Pilihan No. 1 dan No. 3 Benar
C. Pilihan No. 2 dan No. 3 Benar
D. Pilihan No. 1, No. 2 dan No. 3 Benar    




Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka