Kredo Komunikasi

Maret 21, 2017

Kredo Komunikasi adalah suatu etika yang mendasar dalam berkomunikasi antarpribadi untuk berpikiran yang bertanggung jawab, untuk mengambil keputusan, dan pengembangan relasi dan komunitas baik dari berbagai konteks, kultur, saluran dan media hendaknya berkomunikasi secara etis.

Prinsip-prinsip Kredo Komunikasi antara lain (dalam Iriantara Y, 2014) yaitu:
  1. Menganjurkan kebenaran, akurasi, kejujuran, dan bernalar sebagai hal yang mendasar untuk integritas komunikasi
  2. Mendukung kebebasan berekspresi, keragaman perspektif dan toleransi terhadap perbedaan pendapat untuk mencapai pengambilan keputusan yang bertanggung jawab dan berdasarkan informasi yang merupakan hal fundamental untuk masyarakat madani
  3. Berusaha untuk memahami dan menghormati komunikator lain sebelum mengevaluasi dan merespons pesan yang mereka sampaikan
  4. Mengembangkan akses pada sumber-sumber daya dan peluang-peluang komunikasi sebagai hal yang diperlukan untuk mengembangkan potensi manusia dan memberikan sumbangan pada kesejahteraan keluarga, komunitas dan masyarakat
  5. Mengembangkan iklim komunikasi yang menunjukkan kepedulian dan saling pengertian yang menghormati kekhasan kebutuhan dan karakteristik individu-individu komunikator
  6. Mengutuk komunikasi yang menurunkan derajat individu dan kemanusiaan melalui distorsi, intimidasi, koersi dan kekerasan, serta melalui ekspresi yang menunjukkan tidak toleran dan kebencian
  7. Memiliki komitmen untuk mendorong ekspresi keyakinan pribadi dalam mengejar keadilan dan fairness
  8. Menganjurkan untuk berbagi informasi, opini dan perasaan saat menghadapi pilihan-pilihan yang penting dengan menghormati privasi dan konfidensialitas
  9. Menerima tanggung jawab atas konsekuensi-konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang dari komunikasi sendiri dan mengharapkan pihak lain pun memiliki tanggung jawab yang sama.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »